136. HUKUM MENCARI IKAN DI LUAR BATAS NEGARA


PERTANYAAN :

Fatih > ‎CAFFEBI DALWA

Assalamualaikum
Secara sar'i
1.Bolehkah nelayan malaysia mencari ikan ke laut indonesia?
2.Benarkah tindakan pemerintah indonesia melarang nya?
3.Bolehkah nelayan dari sumatera mencari ikan ke laut yang ada di kalimantan?
4.Benarkah tindakan orang kalimantan melarang orang sumatera?

JAWAB :

البيهقي

nyumbang ..

Daerah yang tidak dianggap bagian dr teritorial dan diluar jangkauan kedaulatan suatu negara, maka boleh bagi tiap negara memanfaatkannya sepanjang tidak mengakibatkan doror pada orang lain. Salah satu daerah tersebut adalah *a'aly al-bihar*, Karena pada dasar lautan yang bersifat umum tidak dimiliki oleh siapapun.

yang dimaksud dr *a'aly al-bihar* adalah setiap bagian dr laut yang tidak termasuk di dalam laut teritorial atau perairan yang masuk ke dalam sebuah Negara.

Dan tidak ada larangan dalam syariat menjadikan laut teritorial mengikuti sebuah negara yang mana negara tersebut memiliki pinggir laut tsbt sampai batasan yang ditentukan.

misalnya laut menghubungkan negara A dan B. A berhak menjadikan laut yang berbatasan dg daratannya menjadi bagian dr negaranya dg batasan yang ditentukan. Begitu juga negara B.

الفقه الاسلامي

إن المناطق الحرة غير التابعة لدولة ما يمكن اعتبارها في الإسلام مشاعة لكل الدول على السواء؛ لأن الأصل في الأشياء الإباحة، ولأنها لا تخضع لحيازة أحد، فتنتفع بها كل الدول بشرط عدم الإضرار بالآخرين كتلويث مياه البحار والجو بالغبار الذري، لأن الضرر ممنوع شرعا لقوله عليه الصلاة والسلام: «لا ضرر ولا ضرار» (¬1). وتشتمل هذه المناطق ما يأتي:

أـ أعالي البحار (¬1): الأصل في الشريعة أن البحار العامة ليست ملكا لأحد (¬2) لعدم الحيازة لها، سئل بعض فقهاء الحنفية عن البحر الملح أمن دار الإسلام أو دار الحرب؟ فأجاب بأنه ليس من أحد القبيلين، لأنه لا قهر لأحد عليه (¬3).

المقصود بأعالي البحار في العرف الحاضر: كل أجزاء البحر التي لا تدخل في البحر الإقليمي أو في المياه الداخلية لدولة من الدول

التشريع الجنائي

والأصل في الشريعة أن البحار العامة ليست ملكا لأحد، وهذا يتفق مع القانون الدولي في عصرنا الحاضر، وليس في الشريعة ما يمنع من جعل البحار الإقليمية تابعة للدولة التي تملك الشاطئ إلى حد معين.

Kesimpulan sy:
1. Jika nelayan malaisia mencari ikan di daerah teritorial indonesia maka tidak boleh atau harus mendapat ijin.
2. Bisa dibenarkan karena Indonesia berhak menjadikan laut yang berbatasan dg wilayah darat menjadi bagian wilayahnya dg batasan yang ditentukan.

Wallahu A'lam..

kalo soal laut yang membatasi jawa-sumatera itu tunduk pada pemerintah negara/daerah (karena sdh ada hak otonom) karena 1 daulah. Jika tidak ada pelarangan maka sah sah saja menurut kulo. Wallahu A'lam..

الفقه الاسلامي

الجزء الواقع في إقليم الدولة من الأنهار الدولية: إذ أن هذا الجزء خاضع لسيادة الدولة الإسلامية، وتمارس سلطانها عليه، وإن كان لا مانع عن طريق الاتفاق أو التبادل ونحوهما من انتفاع الدول الأخرى بالملاحة فيه ونحوها، كما هو الشأن في نطاق الملكية الخاصة بتقرير حقوق ارتفاق عليها بسبب الجوار ونحوه.

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Kiswah - CKW ◁◁

0 Response to "136. HUKUM MENCARI IKAN DI LUAR BATAS NEGARA"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP