137. IBADAH VS MAKSIAT


PERTANYAAN :

Win Ae Wes > ‎CAFFEBI DALWA

Aq ditanya,
Dia: pak,?? aku jane yo pingin iso sembayang lan mari soko mabuk & judi, tp angger sembahyang pisan terus maine malah ndadi ki piye pak??
Aku: yo rapopo,,, wayah sholat y sholat, wayah main judi yo maeno,
Dilalah dilakoni temenan, akhire dewek e sholat terus yo maen terus , kersane pengeran dewek e isen karepe dewe, alhamdulillah seki wes mari judi lan mabuk e,
Metode yg saya terapkan salah kah?? (Wayah sholat, sholat. Wayah main&mabuk yo mabuk o)

JAWAB :

Nafiel Muhammad

Munggo jawaban kulo, ngeten, wayah sholat yo sholato ... Mabuk tur judi yo kurangono... Lek iso yo lereno.... Sebab enten dawuh ngeten... Ittaqulloha mastatho'tum....

البيهقي

ngene loh macak keren

khomr pada masa awal Islam itu dihalalkan, lalu turun ayat di madinah yang intinya dalam khomr terdapat kerugian tp ada manfaat bagi manusia.

Lalu para sahabat diundang makan2 dan minum oleh Abdur Rahman bin Auf, lalu slh seorang dr shabat mengimami shalat maghib dan salah dlm membaca surat al-kafirun (a'budu ma ta' budun / aku menyembah tuhan yg kalian sembah). Setelah itu turunlah ayat larangan minum khomr saat akan sholat sehingga engkau mengetahui apa yg kau baca.

lalu 'utban bin malik membuat jamuan makan dan mengundang lelaki muslim, termasuk di dalamnya said bin abi waqash, ia memanggang kepala onta, lalu mereka makan dan minuk khomr. setelah mabuk merekapun mendendangkan syair, sebagian dr mereka mendendangkan syair yang membanggakan kaumnya, kaum anshar pun merasa tersindir, lalu seorang lk2 dr kalangan anshar mengambil rahang unta dan memukulkannya ke said. Lalu said mendatangi Rasul untuk mengadu lalu turunlah ayat innamal khomru rijsun. Dan akhirnya khomr dilarang dlm setiap keadaan.

pelarangan ini tadrij karena org jahiliyah suka minum khomr, jk dilarang sekaligus mk niscaya ia akan berkata "aku tak akan meninggalkan khomr selamanya".

تفسير آيات الاحكام

فكان المسلمون يشربونها في أول الإسلام وهي لهم حلال، ثم نزل بالمدينة قوله تعالى: {يسألونك عن الخمر والميسر قل فيهمآ إثم كبير ومنافع للناس}
فتركها قوم لقوله: {قل فيهمآ إثم كبير}
وشربها قوم لقوله: {ومنافع للناس}
ثم إن (عبد الرحمن بن عوف) صنع طعاما ودعا إليه ناسا من أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم فأطعمهم وسقاهم الخمر، وحضرت صلاة المغرب فقدموا أحدهم ليصلي بهم فقرأ (قل يا أيها الكافرون. أعبد ما تعبدون) بحذف (لا) فنزل قوله تعالى: {يا أيها الذين آمنوا لا تقربوا الصلاوة وأنتم سكارى حتى تعلموا ما تقولون}

[ النساء: 43]
فحرم الله السكر في أوقات الصلاة، فكان الرجل يشربها بعد صلاة العشاء فيصبح وقد زال سكره،
ثم إن (عتبان بن مالك) صنع طعاما ودعا إليه رجالا من المسلمين فيهم (سعد بن أبي وقاص) وكان قد شوى لهم رأس بعير، فأكلوا وشربوا الخمر حتى أخذت منهم، فافتخروا عند ذلك وتناشدوا الأشعار، فأنشد بعضهم قصيدة فيها فخر قومه وهجاء الأنصار، فأخذ رجل من الأنصار لحي بعير فضرب به رأس (سعد) فشجه، فانطلق سعد إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وشكا إليه الأنصاري فأنزل الله {إنما الخمر والميسر والأنصاب والأزلام رجس ... }
إلى قوله: {فهل أنتم منتهون}

[ المائدة: 90 - 91]

كما تقول السيدة عائشة رضي الله عنها «أول ما نزل من القرآن سورة من المفصل فيها ذكر الجنة والنار، حتى إذا ثاب الناس إلى الإسلام نزل الحلال والحرام، ولو نزل أول ما نزل: لا تشربوا الخمر لقالوا: لا ندع الخمرة أبدا»

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Kiswah - CKW ◁◁

0 Response to "137. IBADAH VS MAKSIAT"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP