UDHIYAH & KURBAN KAJIAN 24 )




★ NGAJI ROMADHON ★

- KAJIAN : 24 ( KE-DUA PULUH EMPAT )
- KITAB : ACHKAMU HABLI AL-WIDAD

╰●▷ UDHIYAH & KURBAN ◁●╮

◎ Guru kami ra. berkata:
Amma ba’d. para hadirin yang sedang beriktikaf semoga Allah merahmati kalian, meridai serta memberikan berkah pada kalian. Bertakwalah pada Allah, dan manfaatkan kesempata umur yang tersisa untuk mencari rida dan kerelaan Allah. Dan carilah dengan dunia yang hina ini untuk mencari pahala Allah yang banyak dan kekal, dengan menaati perintah dan menjauhi larangan-Nya. Sebagian dari perintah Allah adalah menyembelih hewan ternak karena mendekatkan diri dan beribadah pada-Nya.

Dalam kurban terdapat nasehat, perintah, pelajaran, dan teladan yang bermanfaat, barangsiapa yang merungi dan mengamalkannya ia akan mendapati keringanan pada badannya, kedermawanan dalam mendermakan harta untuk berkurban, mendapat rida dan rahmat-Nya, yakni:

◈ 1. Kurban sudah ditemukan sejak nabi Adam sampai Rasulullah saw. hanya cara, karakteristiknya berbeda-beda sesuai dengan kehendak Allah pembuat syari’at.

◈ 2. Qurban pada masa nabi Adam as. di dasarkan pada pekerjaan dan penghasilan mereka, tidak wajib menyembelihnya. Sedangkan pada syari’at nabi Muhammad saw. wajib binatang ternak dan wajib pula disembelih.

◈ 3. Qurban diterima dari golongan orang yang bertakwa tanpa ada riya (pamer) dan sum’ah (supaya masyur)

◈ 4. Bahwasanya Qurban juga  mengandung birrul walidain (berbakti pada kedua orang tua)

◈ 5. Qurban juga mengandung ketaatan pada nabi Ibrahim dan ketundukannya pada Tuhan. Allah berfirman: “Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif (selalu berpegang pada kebenaran)”. [Al-Nahl: 120]

◈ 6. Balak itu datang bukan untuk membinasakan orang mukmin melainkan hanya untuk mengujinya.

◈ 7. Bahwasanya memberi pengaruh, memberi manfaat, mudarat, memberi kesembuhan dan kesehatan adalah Allah.

◈ 8. Amal nenek moyang akan bermanfaat bagi anak cucu

◈ 9. Ibn ‘Abbas berkata: “jika penyembelihan Ibrahim pada anaknya terlaksana secara sempurna niscaya pembunuhan manusia pada anaknya itu wajib, dengan petunjuk takbir hari raya.

◈ 10. Kedermawanan Ibrahim, kedermawanan Isma’il, sedangkan Allah lebih dermawan dari keduanya.

◈ 11. Melempar jumrah

◈ 12. Rahmat Allah atas umat Muhammad saw.

◁◁◁BERSAMBUNG▷▷▷

SEKIAN ▷▷▷ SENIN 19-06-2017

0 Response to "UDHIYAH & KURBAN KAJIAN 24 )"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP