AKHIR & AWAL TAHUN KAJIAN 25 )




★ NGAJI ROMADHON ★

- KAJIAN : 25 ( KE-DUA PULUH LIMA)
- KITAB : ACHKAMU HABLI AL-WIDAD

╰●▷ AKHIR & AWAL TAHUN ◁●╮

◎ Guru kami Syeh Ma’ruf Irsyad ra. Dawoh :
Amma ba’d. para hadirin yang sedang beriktikaf semoga Allah merahmati kalian, meridai serta memberikan berkah pada kalian. Bertakwalah pada Allah dan ketahuilah bahwa bulan Dzul Hijjah akan meninggalkan kita, hendaklah kita mengakhirinya dengan amal salih; kebaikannya dan penutupannya. Ya Allah jadikanlah kami tergolong orang yang memperoleh husnul khatimah.

✔ Imam Ibn Hajar ra. berkata: bahwasanya diriwayatkan dari Sayyidah kita Safiyah ra. dari Nabi saw. bersabda: barangsiapa yang puasa di hari akhir bulan Dzul Hijjah dan awal bulan Muharram Allah menjadikannya kafarat lima puluh tahun, dan puasa sehari dari bulan Muharram dengan puasa tiga puluh hari”.

✔ Imam Ghazali rahimahullah dalam kitab Ihya’ berkata: barangsiapa yang puasa tiga hari dari bulan haram; kamis, jum’at, sabtu, Allah akan menetapkan baginya ibadah tujuh ratus tahun”.

✔ Maha guru Al-‘Arif billah Sayyiduna wa Maulana Ahmad Zaini Dahlan rahimahullah berkata dalam safinahnya: “bahwasanya sebagian ulama pada awal hari dari bulan Muharram ayat kursi tiga ratus enam puluh kali dengan disertai basmalah setiap satu kalinya. Sebab ayat kursi merupakan pelindung yang kokoh dari setan yang terkutuk pada tahun itu, dan masih banyak lagi faidahnya yang tidak tak terhitung. Syeh Muhammad Al-Dimyati merutinkan hal itu kemudian disambung dengan doa: “wahai dzat yang Maha membalikkan dan mengubah keadaan, ubahlah keadaanku pada sebaik-baiknya keadaan dengan daya upaya serta kekuatanmu wahay dzat yang Maha Mulya dan Luhur. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan keselamatan pada Sayyidina Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya. Karena ayat kursi dapat menjaga dari sesuatu yang tidak disenangi pada seluruh tahun. Al-Dairabi melakukan hal itu dari ‘Allamah Jamaluddin ibn Al-Jauzi dari Syeh ‘Umar bin Qudamah.

✔ Dan jangan engkau lupa doa akhir dan awal tahun, akhir tahun ini pada tahun ini jatuh pada hari Kamis wage, dan Jum’at kliwon setelahnya merupakan awal tahun 1431H.

✔ Imam Al-Ghazali berkata: aku berada di Makkah pada hari pertama dari tahun baru mengelilingi baitul haram, lalu terlintas dalam hatiku untuk melihat nabi Khidir as, kemudian Allah memberiku ilham berupa doa, belum aku selesai berdoa kemudian nampak pada ku nabi Khidir as. di tempat towaf. Kemudian aku tawaf bersamanya, mencopot sandalnya, setelah selesai kemudian aku duduk. Lalu nabi Khidir melihat padaku dan berkata: apa yang membuatmu meminta pada Allah agar aku dan kau dapat bertemu? Aku berkata: ya sayyidi, ini adalah tahun baru, aku ingin agar bisa mengikutimu dalam menyambutnya sebagai bagian dari ta’abbud dan tadarru’-mu. Lalu nabi Khidir menjawab: Ya. Sholatlah, bismillahirrahmanirrahim …. Ketika telah selesai berdoa dengan doa yang ma’tsur ini, yang mengupulkan kebaikan dan keberkahan.

✔ Sebagian hal yang sudah teruji: bahwasanya seseorang yang menulis basmalah pada awal bulan Muharram 113, maka orang yang membawanya serta keluarganya tidak memperoleh sesuatu yang tidak disenangi dalam umurnya.

✔ Sebagian dari keistimewaan: barangsiapa yang pada awal hari Muharram menulis surat Al-A’raf ayat 97-99 pada kertas dan membasuhnya dengan air lalu memercikkannya pada sudut-sudaut rumah, engkau aman dari semua itu dengan izin Allah.

✔ Allah azza wa jalla berfirman: wahai Muhamma, barangsiapa yang berzikir sejak awal tahun dengan hati yang bersih dari riya’ dan berkata: bismillahirrahmanirrahim, aku akan memberinya minum dari telaga ini. Rasulullah saw. berkata: aku melihat di dalamnya terdapat empat telaga: telaga dari air, telaga dari susu, telaga dari khamr, telaga dari madu. Tatkala aku berada di samping pohon aku melihat kubah terbuat dari mutiara putih, memiliki pintu terbuat dari emas merah, aku melihat empat telaga ini berjalan di bawah kubah. Rasul berkata: pembukanya adalah basmalah. Aku melihat tertulis di empat tiang kubah basmalah, telaga air keluar dari mim-nya lafad بسم, telaga susu keluar dari ha’-nya lafad الله, telaga khamr keluar dari mim-nya lafad الرحمن, telaga madu keluar dari mim-nya lafad الرحيم.

◁◁◁BERSAMBUNG▷▷▷

SEKIAN ▷▷▷ SENIN 19-06-2017

0 Response to "AKHIR & AWAL TAHUN KAJIAN 25 )"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP