KENGERIAN HARI QIYAMAT ( KAJIAN 26 )



★ NGAJI ROMADHON ★

- KAJIAN : 26 ( KE-DUA PULUH ENAM )
- KITAB : ACHKAMU HABLI AL-WIDAD

╰●▷ KENGERIAN HARI QIYAMAT ◁●╮

◎▷ Guru kami ra. berkata:
Amma ba’d. para mukminin yang sedang beriktikaf rahimakumullah, bertakwalah pada Allah dan ketahuilah bahwa cabang iman yang kelima dan ke-enam adalah iman dengan hari kiamat dan hari kebangkitan dari kubur serta kengeriannya.

▷ Iman akan bertambah dengan meyakini apa yang dikandungnya berupa padang mahsyar, penimbangan amal, jembatan, neraka, dan surga. Dan iman pada alam barzah yang memisahkan antara alam dunia dan alam akhirat, pertanyaan munkar-nakir, azab kubur dan desakannya, ular yang botak serta bau busuknya.

▷ Tafakkur pada kengerian ini membuahkan rasa takut darinya, dan merasa senang, semangat untuk beribadah yang menjadi sebab keselamatannya.

✔ Sebagian dari fitnah kubur adalah gagap dalam menjawab pertanyaan malaikat, datangnya Iblis di sudut kubur memberi petunjuk pada dirinya.
Pertanyaan malaikat munkar-nakir itu haq, meskipun tubuh mayat
-terbakar atau
-dimakan hewan buas atau
-bahkan tercerai-berai
-Begitu juga mayit tidak dikubur,
-di salib,
-dibakar,
-tenggelam hingga menjadi abu dan
-bertaburan dalam angina yang berhembus.

Berbeda dengan
▷para nabi,
▷orang-orang salih,
▷orang-orang sidiq,
▷dan orang yang mati syahid dalam peperangan,
▷orang yang melazimkan membaca (tabarak/Al-Mulk), Al-Sajdah, Al-ikhlas setiap malam,
▷serta orang yang dikatakan padanya: “Ya Allah dengan haq Muhammad dan keluarga Muhammad jangan engkau siksa mayit ini”.
▷Juga orang yang mati karena sakit perut,
▷orang yang mati malam atau hari jum’at,
▷dan mati sebab wabah ta’un.

Azab kubur telah terdengar oleh mayoritas ulama yang memiliki mata batin seperti Ali bin Al-Madini guru imam Bukhari dan Ibn Hajar.

✔ Dan sebagian dari kengerian hari kiamat firman Allah: “Dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahannam” [Al-Fajr: 23]

✔ Sayyidina Sa’id Al-Khudri ra. berkata: ketika turun ayat tersebut wajah Rasulullah saw. langsung berubah. ‘Ali berkata: bagaimana ia diperlihatkan wahai Rasulullah? Rasul menjawab: ia diperlihatkan dengan diatur oleh tujuh puluh ribu tali kendali, setiap tali kendali dipegang oleh tujuh puluh ribu malaikat yang menyeretnya, ia memiliki bencana, memaksan dan menceraiberaikan, seandainya ia dibiarkan niscaya penduduk dunia akan terbakar semua. [HR. Muslim]

✔ Sebagian kengeriannya lagi sabda Rasulullah saw.: “dinyalakan api neraka jahannam seribu tahun sehingga memutih, kemudian diperintahkan (oleh Allah), kemudian api neraka jahannam dihidupkan seribu tahun sampai berwarna merah. Kemudian diperintahkan (oleh Allah), lalu api neraka jahannam dihidupkan sehingga berwarna hitam, ia yang disebut berwarna hitam legam.

✔ Sebagaian dari kengerian hari kiamat, hadis yang diceritakan oleh Sayyidina Abu Hurairah ra.: kami bersama Rasulullah saw. kemudian terdengar suara orang jatuh, Rasullah saw. bersabda: taukah kalian ini sauara apa? Kami berkata: Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui. Ini adalah suara batu yang dileparkan ke dalam neraka sejak 70 tahun lalu, ia sekarang baru turun ke dalam neraka hingga sampai di dasarnya. [HR. Muslim]

✔ Dan juga sabda Rasulullah: “pada hari kiamat kelak mata hari diturunkan pada makhluk sampai jaraknya dari mereka seukuran satu mil. Sulaim bin ‘Amir berkata: demi Allah aku tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan mil? Apakah mil ukuran atau jarak yang ada di bumi, atau alat yang digunakan untuk memakai celak pada mata.

✔ Sebagian dari kengerian kiamat adalah lamanya diam di padang mahsyar, yakni lima puluh tahun, keringat manusia yang berlebihan yang baunya lebih busuk dari bangkai.

✔ Sebagian dari mereka keringatnya sampai ke mata kaki, ada yang sampai lutut mereka, ada yang sampai pinggang, ada yang sampai leher, ada yang sampai telinga, dan ada yang sampai benar-benar tenggelam dengan keringatnya. Bagi orang yang taat diringankan sampai lebih cepat daripada salat.

✔ Sebagian kengeriannya lagi: hadis yang diceritakan oleh Nu’man bin Basyir ra.: aku mendengar Rasulullah berkata: “paling ringan siksa penghuni neraka pada hari kiamat itu adalah orang yang di bawah kedua telapak kakinya diletakkan dua bara api, dari kedua bara api itu otaknya mendidih, orang itu tidak meyakini ada seorang yang lebih berat siksanya daripada dirinya, padahal ia paling ringan siksanya dari mereka yang lainnya. [Muttafaq ‘Alaih]

✔ Sebagian kengeriannya lagi: “berjalan di atas jembatan, yakni jembatan yang terbentang di atas neraka jahannam. Awalnya adalah tempat berdiri sedang ujungnya adalah pintu surga, orang-orang yang awal maupun akhir akan melintasinya, sekalipun para nabi, dan orang yang masuk surga tanpa hisab.
▷▷ Allah berfirman: “Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan”. [Maryam: 71].

✔ Jembatan itu lebih lembut dari rambut, lebih tajam dari pedang, seperti silet sebagaimana disebutkan dalam hadis. Perjalanan mereka diatasnya selama tiga ribu tahun; seribu tahun menanjak, seribu tahun turunan, dan seribu tahun lurus, dikedua sisinya ada duri.
▷ Manusia berbeda-beda dalam melintasinya, sebagian seperti kedipan mata, sebagian seperti kilat yang menyambar, sebagian seperti angina ribut, sebagian seperti burung, kuda pacuan, kemudian seperti orang yang berjalan, merayap. Perbedaan itu dikarenakan perbedaan mereka berpaling dari perkara haram. Tidak memperoleh sedikitpun kengerian ini para nabi, wali, dan orang-orang salih. “Mereka tidak disusahkan oleh kedahsyatan yang besar (pada hari kiamat), dan mereka disambut oleh Para malaikat. (Malaikat berkata): "Inilah harimu yang telah dijanjikan kepadamu". [Al-Anbiya’: 103]

✔ Dan sebagian dari sebab diringankannya kengerian ini: memenuhi kebutuhan orang muslim dan melapangkan kesempitan mereka, mengenyangkan orang lapar, mengasihi Ibn Sabil, dan memperbanyak shalawat pada Rasulullah saw.

✔ Al-Baghawi berkata: sebagian ibadah yang memudahkan saat meninggal dan kengerian seelahnya: salat dua rakaat pada malam jum’at, setelah membaca fatihah membaca surat Al-Zalzalah 15 kali.

★ Salawat dan salam semoga tetap tercurahkan pada Sayyidina Muhammad, keluarga, serta sahabatnya. Segala puji milik Allah tuhan semesta Alam. ★

◁◁◁ TAMAT / KHATAM▷▷▷

SEKIAN ▷▷▷ SELASA 20-06-2017

Al-Chamdulillah dengan berakhirnya bab ini beraqir pula postingan untuk kitab ini, ( KHATAM MAS JHOOOON.. )

SEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA DAN SUMRAMBAH BAGI KELUARGA DAN BAGI SEDULUR MUSLIM SEMUANYA.

AMIIN..

0 Response to " KENGERIAN HARI QIYAMAT ( KAJIAN 26 )"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP