248. IBU HAID MELAKUKAN GERAKAN SHOLAT UNTUK PEMBELAJARAN ANAK


PERTANYAAN : 

╰•⇨ Umi Dijah Alvi > ‎CAFFEBY KISWAH

assalamualaikum we er we be
dari
KAFA ASWAJA KE
KAfA BI KISWAH.
Ada seorang ibu sedang haid, ( psti tidak sholat) lalu sg ank yg masih kecil tidak mau sholat jamaah dngan ayah kalau ibux tidak ikut jamaah. Prtanyaanx, apakah boleh sg ibu pura" sholat demi litarbiyah pada sg ank? Apa tidak masuk dlm kategori litalaubil ibadah?
Skian assalamu'alaykum.

╰•⇨ Ahmada Subhana

Wa alaikumus salaam warohmatullohi wabarokaatuh, kalau cuma bergerak layaknya orang sholat dan tidak ada niat sholat saat ngucapin takbir maka diperbolehkan. Hukum melakukan peraktek sholat bagi orang yang berhadats (tidak mempunyai wudhu’) tidak apa-apa. sepanjang hal tesebut tidak diniatkan untuk sholat.

Karena apabila tidak diniatkan sholat maka orang tersebut tidak dikatakan sebagai orang yang sholat, sehingga Boleh melakukannya walaupun dalam keadaan Hadats. Sebagaimana dilakukan oleh Malaikat Jibril waktu memperaktekkan cara-cara sholat kepada baginda Nabi. Dan juga di dalam kitab fiqh dijelaskan bahwa “ ketika seseorang yang menanggung hadats (tidak mempunyai wudhu’) melakukan gerakan-gerakan sebagaimana orang yang sholat, namun ia tidak berniat untuk sholat maka sesungguhnya ia tidak terkena hukum dosa “ . Wallohu a'lam bis showab

Dasar Keterangan :

مرقاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح - (3 / 40)
ورواه النسائي أيضا وزاد أن النبي كان خلف جبريل والناس أي المسلمون حينئذ خلف رسول الله في كل الأوقات يعني أنه كان متقدما عليهم ليبلغهم أفعال جبريل فهم في الحقيقة مقتدون بجبريل لا بالنبي لكن في رواية ابن إسحاق فصلى به جبريل وصلى النبي بأصحابه وظاهره صحة الإقتداء بالمقتدى لأن الصحابة لم يشاهدوا جبريل وإلا لنقل ذلك والأظهر دفعه بأن إمامةجبريل لم تكن على حقيقته بل على النسبة المجازية من دلالته بالإيماء والإشارة إلى كيفية أداء الأركان وكميتها كما يقع لبعض المعلمين حيث لم يكونوا في الصلاة ويعلمون غيرهم بالإشارة القولية

نهاية الزين - (1 / 33)
والذي يحرم بالحدث المتوسط ثمانية أشياء الخمسة المتقدمة على الوجه المتقدم فيها نعم قد يجوز فعل صورة الصلاة مع هذا الحدث كما قد يقع للشخص في بعض الأحيان أنه ينام في مكان فيه نساء أو أولاد مرد ويحتلم ويخشى على نفسه من الوقوع في عرضه إذا اغتسل فهذا عذر مبيح للتيمم لأنه أشق من الخوف على أخذ المال لكن قبل التيمم يغسل ما يمكنه غسله من بدنه ويصلي ويعيد لأن هذا مثل التيمم للبرد هذا إذا سهل له فعل ذلك وإلا أتى بأفعال الصلاة بغير نية ولا حرمة عليه

Focus Keterangan Ke : 2

نعم قد يجوز فعل صورة الصلاة مع هذا الحدث كما قد يقع للشخص في بعض الأحيان هذا إذا سهل له فعل ذلك وإلا أتى بأفعال الصلاة بغير نية ولا حرمة عليه

LINK DISKUSI :
> http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/1085806844775456/
> http://www.facebook.com/notes/1087401664615974

╰•⇨ Nafiel Muhammad

saya blm menemukan ibarot yg pas.
ini ibarot pas, tapi saya ingin selain dari ibnu rojab:

╰•⇨ Mantan Terindah

أما حكاية أفعال الصلاة وهيَ ما سميته تمثيلاًأي لم تنو الصلاة
_
في فتح الباري لابن رجب
في توجيه قول مَالِك بْن الحُوَيْرِثِ:إِنِّي لَأُصَلِّي بِكُمْ وَمَا أُرِيدُ الصَّلاَةَـيقول ابن رجب:ولا يصح حمل كلامه عَلَى ظاهره، وأنه لَمْ ينو الصلاة بالكلية، بل كَانَيقوم ويقعد ويركع ويسجد، وَهُوَ لا يريد الصلاة،فإن هَذَا لا يجوز، وإنما يجوز مثل ذَلِكَ فِي الحج، يجوز أن يكون الَّذِي يقف بالناس ويدفع بهم غير محرم، ولا مريداً للحج بالكلية، لكنه يكره،.قَالَ أصحابنا وغيرهم من الفقهاء فِي الأحكام السلطانية: لأن الوقوف والدفع يجوز للمحرم وغيره، بخلاف القيام والركوع والسجود، فإنه لا يجوز إلا فِي الصلاة بشروطها.

╰•⇨ البيهقي

Menurutku boleh. Kalo alasannya tulaib bil ibadah sy kira tidak, seperti halnya orang yg melakukan gerakan wudu dg niat bebersih atau menyegarkan badan. Kalo dianggap takut fitnah sy kira tidak juga, apalagi ini dlm lingkup keluarga bukan di musholla umum. Apalagi maqasidnya li tarbiyah, sangat bagus. Dengan sendirinya si anak akan paham jika haid tsk boleh solat.
Ibarotnya mana?

ان العبارة في الكتاب تناهي لكن الوقائع لا تتناهي فمحال الكتابة في الكتاب يتضمن كل الواقعة.

Kalo mau dikaji gerakan sholatnya maka harus dipahami dulu gerakan apapun jika tdk diberi niat ibadah maka bukan ibadah. Karena hanya niat yg membedakan mana ibadah dan mana yg bukan. Lantas selanjutnya baru dikaji apa hukum inhinak mutlak tdk bertujuan mengagungkan? Apa hukumnya sujud mutlak tidak niat menyembah?

╰•⇨ Mantan Terindah

ini ibarot dari mirqot:

بأن إمامةجبريل لم تكن على حقيقته بل على النسبة المجازية من دلالته بالإيماء والإشارة إلى كيفية أداء الأركان وكميتها كما يقع لبعض المعلمين حيث لم يكونوا في الصلاة ويعلمون غيرهم بالإشارة القولية

lah yg dari khasyiyah albajuri berlawanan ya.... bahwa jibril memang betul2 jadi imam, sedangkan rosul saw sebagai penyambung antara jibril dan sohabat, karena sohabat tak dapat melihat jibril ..

masalah awal kali sholat dzuhur

فكان جبريل إماما للنبي والصحابة لكن كان النبي رابطة بينهم وبين جبريل لعدم رؤيتهم له

fokus jhon

ولا يضر في ذلك كونه صلى الله عليه وسلم افضل من جبريل قطعا لأنه يصح أن يأتم الفاضل بالمفضول خصوصا لضرورة تعلم الكيفية ولا يضر ايضا كون جبريل لا يتصف بالذكورة لأن شرط الامام عدم الانوثة.


justru ibarot mirqot ini bumerang
bahwa mua'llim itu pakai isyarat perkataan saja .
jika murid yg keliru gerak posisi atau bacaan, mua'llim bisa meneliti, membetulkan dan menegur .

وكميتها كما يقع لبعض المعلمين حيث لم يكونوا في الصلاة ويعلمون غيرهم بالإشارة القولية

╰•⇨ Nafiel Muhammad

Bolehkan wanita haid melakukan gerakan solat(tanpa niat solat)? Alasannya/ibarotnya?Jika hukum asalnya terjawab.

hukum asal gerakan sholat itu syariat, cara bermuwajahah kepada alloh swt.

jika tidak diniati sholat, tapi tetap menggunakan tata cara muwajahah kepada alloh swt, terlebih dlm keadaan habis jimak junub atau haid, atau habis kencing atau bab,
maka ini bisa masuk rana haram.

takbirotul ihrom, rukuk, sujud, tasyahud ini khusus untuk munajat sholat.
.
berbeda dg wudhu'
cuci muka ada dua kemungkinan, cuci tangan kuping kaki pun sama, misal kepanasan, keinjek telek, atau kupingnya udunen, dll.
.
seperti wuquf diarofah juga ada kemungkinan kemping, tour, study banding, mobil mogok,
maka boleh saja.

قَالَ أصحابنا وغيرهم من الفقهاء فِي الأحكام السلطانية: لأن الوقوف والدفع يجوز للمحرم وغيره، بخلاف القيام والركوع والسجود، فإنه لا يجوز إلا فِي الصلاة بشروطها.

فتح الباري شرح صحيح البخاري
للامام أحمد بن رجب بن الحسن، السَلامي، البغدادي، ثم الدمشقي، الحنبلي

╰•⇨ البيهقي

Njenengan memberi contohnya terkesan dipaksakan agar perbuatan si ibu masuk kategori tula'ib bil ibadah, memberikan penjelasan takbir tasyahud. Padahal kalo antum mau berpendapat netral antum bisa saja menyebutkan ibu tdk membaca takbir tasyahud dll hanya melakukan gerakan solat agar anak mau solat. Maka yg perlu dibahas hukumnya rukuk sujud mutlak (bukan tujuan ibadah) / melakukan gerakan solat gmn? Agar si ibu tidak kena haram dan tujuannya tarbiyah anak tercapai.
Kalo sedari awal sudah memilki keyakinan haram sy kira tdk perlu diskusi, karena hanya yg terjadi hanya pemaksaan keyakinan pd kawan diskusi.

Sy kira tidak beda dg wudu, kenapa? Karena keduanya ibadah dan tata caranya di sebutkan oleh nas qath'i.

ومما يحرم عليها اي الحائض الطهارة عن الحدث بقصد التعبد مع علمها بالحرمة لتلاعبها فان كان المقصود النظافة كاغسال الحج لم يمتنع.

Kalo cuma mencari celah, kalo berdiri rukuk itu tidak lain pasti gerakan solat. Sy kira tidak logis. Berdiri dan rukuk bisa jd senam. Pemain sepak bola bisa selebrasi sujud.

Ini pendapat sy dan antum tentu boleh berpendapat lain.

╰•⇨ Nafiel Muhammad

hihihiii...
mpun ngoten toh yai, saya tidak memaksakan untuk mengambil keyaqinan saya dlm pendapat,
saya suka gaya logis, tapi juga lebih suka gaya teks yg menurut saya lebih berhati2 dlm mengetuk palu.

laaah.... kulo bakul emperan kok ya dadi guru ngaji ....
yai jember iki pancen oyeeee...
قال السائل الصحراوي: جووووش

╰•⇨ البيهقي

Kulo tak makmum haram bib. Ikut orang alim biar slamet

Sarapan riyen bib sak derenge ngemper

KESIMPULAN : HAROM ( untuk lebih berhati°° )

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆

☆▷▷ Kalau Belum Jelas, Ada Yang Ditanyakan Atau Koreksi Kesalahan Langsung Menuju Tempat Ngopi & Cakruan Kami, Cukup Klik Disini ◁◁☆

0 Response to "248. IBU HAID MELAKUKAN GERAKAN SHOLAT UNTUK PEMBELAJARAN ANAK"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP