249. ASWAJA: TIDAK ADA KEWAJIBAN APAPUN ATAS ALLOH


Oleh : ╰•⇨Abdul Qohhar >> Diskusi Santri 


لا يجب على الله تعالى شيء

A.      Pendapat yang haq menurut ulama Asya’iroh (ASWAJA) adalah: Tidak ada sesuatu apapun yang wajib atas Alloh, baik mengerjakan atau meninggalkan suatu pekerjaan., karena Alloh mengerjakan dengan kehendak-Nya sendiri.  Karenanya maka:

1.    Boleh bagi-Nya memberi pahala dan memberi  nikmat orang yang maksiat dalam selamanya, tetapi hal itu tidak terjadi.
2.    Boleh bagi Alloh menyiksa orang yang taat dalam selama walaupun malaikat atu rosul dengan tanpa cap buruk dalam hal tersebut, tetapi hal itu tidak terjadi.
3.    Alloh boleh menciptakan kebaikan seperti Islam dan menciptakan keburukan seperti kufur.

B.      Kaum Mu’tazilah berpendapat: Alloh wajib melakukan sesuatu yang baik dan sesuatu yang lebih baik (fi’lu s sholah wal ashlah) bagi makhluknya.

1)      Ini pendapat yang salah/batil  dan menyimpang dari Ahlus sunah wal jama’ah.
2)      Tanda bukbi kesesatan pendapat Mu’tazilah: Alloh memberi sakit pada anak-anak kecil, binatang dan orang-orang yang tua renta padahal mereka tidak mendapatkan manfaat dengan tertimpa beberapa penyakit itu. Adapun hikmahnya adalah Alloh memberikan pahala pada orang tua anak kecil, pemilik binatang dan keluarga orang tua renta yang sabar merawat mereka semua ketika sakit.

حاشية البجيرمي على الخطيب - (ج 1 / ص 189)
قَوْلُهُ : ( مِنْ فَضْلِهِ ) فِيهِ رَدٌّ عَلَى الْمُعْتَزِلَةِ حَيْثُ قَالُوا بِوُجُوبِ فِعْلِ الصَّلَاحِ وَالْأَصْلَحُ تَنَزُّهُ اللَّهِ عَنْ ذَلِكَ : وَقَوْلُهُمْ إنَّ الصَّلَاحَ وَاجِبٌ عَلَيْهِ زَوْرُ مَا عَلَيْهِ وَاجِبٌ .

قَالَ سم : وَالْحَقُّ عِنْدَ الْأَشَاعِرَةِ أَنَّهُ تَعَالَى لَا يَجِبُ عَلَيْهِ شَيْءٌ حَتَّى أَنَّ لَهُ تَعَالَى إثَابَةَ الْعَاصِي وَتَنْعِيمَهُ أَبَدًا ، لَكِنَّهُ لَا يَقَعُ وَلَهُ تَعْذِيبُ الْمُطِيعِ أَبَدًا وَلَوْ مَلَكًا أَوْ رَسُولًا بِلَا قُبْحٍ فِي ذَلِكَ ، وَلَكِنْ أَيْضًا لَا يَقَعُ فَسُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يَصِفُونَ ا هـ بِحُرُوفِهِ .

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆

☆▷▷ Kalau Belum Jelas, Ada Yang Ditanyakan Atau Koreksi Kesalahan Langsung Menuju Tempat Ngopi & Cakruan Kami, Cukup Klik Disini ◁◁☆

0 Response to "249. ASWAJA: TIDAK ADA KEWAJIBAN APAPUN ATAS ALLOH"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP