TENTANG ZAKAT FITRAH

ZAKAT FITRAH


ZAKAT FITRAH
_________________
◐▷ Pengertian
Zakat fitrah adalah ukuran terentu dr suatu harta yang wajib dikeluarkan ketika telah terbenam matahari di akhir bulan Ramadhan, dengan syarat yang telah ditentukan. Hal ini berdasarkan hadis yang menyatakan bahwa wajib zakat fitrah bagi manusia berupa 1 sha' dari kurma atau 1 sha' dr gandum. Bagi setiap orang merdeka maupun hamba, laki-laki maupun perempuan.

☜ الفقه المنهجي علي مذهب امام الشافعي
والأصل في وجوبها: ما رواه البخاري (1433)؛ ومسلم (984) واللفظ له، عن ابن عمر رضي الله عنهما: أن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - فرض زكاة الفطر من رمضان على الناس صاعا من تمر أو صاعا من شعير، على كل حر أو عبد، ذكر أو أنثى من المسلمين.

◐▷ Syarat-syarat
Adapun syarat seseorang wajib melaksanakan zakat fitrah ada 3:
1. Islam
2. Terbenamnya matahari pada akhir bulan Ramadhan
3. Memiliki kelebihan harta untuk makanan pokoknya dan makanan pokok orang yang wajib ia nafkahi pada hari raya dan malamnya.
Selain itu, seseorang juga wajib mengeluarkan zakat orang-orang yang wajib ia nafkahi seperti bapak, kakek, anak, cucu dan istri. Seseorang wajib mengeluarkan zakatnya jika memang mereka semua wajib dinafkahi. Jika tidak wajib menafkahinya, karena mereka sanggup bekerja atau faktor lain, maka tidak wajib mengeluarkan zakat atasnya.
Dan apabila seseorang mau mengeluarkan zakat orang yang tidak wajib ia nafkahi maka harus mendapat ijin dari yang ingin dizakati.

☜ الفقه المنهجي علي مذهب امام الشافعي
شروط وجوبها:
تجب زكاة الفطر بثلاثة شروط:
الأول - الإسلام:
الثاني- غروب شمس آخر يوم من رمضان:
فمن مات بعد غروب ذلك اليوم، وجبت زكاة الفطر عنه، سواء
مات بعد أن تمكن من إخراجها، أم مات قبله، بخلاف من ولد بعده.
ومن مات قبل غروب شمسه لم تجب في حقه، بخلاف من ولد قبله.
الثالث- أن يوجد لديه فضل من المال، يزيد عن قوته وقوت عياله ف يوم العيد وليلته، وعن مسكن، وخادم إن كان بحاجة إليه:
الذين يجب على المكلف إخراج زكاة الفطر عنهم:
يجب على من توفرت لديه هذه الشرائط الثلاثة، أن يخرج زكاة الفطر عن نفسه، وعمن تلزمه نفقتهم، كأصوله وفروعه، وزوجته.

◐▷ Jenis dan Takaran
Zakat yang harus dikeluarkan adalah dari jenis makanan pokok di sebuah daerah, ukurannya adalah satu sha' atau seukuran 4 mud. Dr Ali Jumuah dalam kitab 'Makayail wal Mawazin Asy-Syar'iyah' menyebutkan: 1 sha' menurut ulama Hanafiyah adalah 3,25 kg. Sedangkan menurut jumhur ulama adalah 2,4 kg.
Dalam madzhab syafii tidak sah mengeluarkan zakat fitrah dengan uang (diuangkan), harus dengan makanan pokok. Namun menurut ulama Hanafiyah membolehkan mengeluarkan zakat fitrah dengan uang.
Dr. Mustofa al-Bigha dalam al-Fiqhul Manhaji mengatakan boleh mengikuti pendapat Hanafiyah dengan mengeluarkan harta karena itu lebih bermanfaat bagi orang fakir. Tentunya dg ukuran sha' nya Hanafiyah (3,25 kg).

☜ المكاييل والموازين شرعية ٣٧
الصاع لغة : مكيال لاهل المدينة يسع اربع امداد.
مقدار الصاع:
عند الحنفية: (٣،٢٥) كيلو جرام. وعند الجمهور: ٢،٠٤ كيلو جرام.
☜الفقه المنهجي علي مذهب امام الشافعي
زكاة الفطر هي صاع من غالب قوت البلد الذي يقيم فيه المكلف، بدليل حديث ابن عمر رضي الله عنهما السابق. وعند البخاري (1439) عن أبي سعيد الخدري - رضي الله عنه - قال: كنا نخرج في عهد رسول الله - صلى الله عليه وسلم - يوم الفطر صاعا من طعام، وكان طعامنا الشعير والزبيب والأقط والتمر.
ومذهب الإمام الشافعي أنه لا تجزئ القيمة، بل لا بد من إخراجها قوتا من غالب أقوات ذلك البلد. إلا أنه لا بأس باتباع مذهب الإمام أبي حنيفة رحمه الله تعالى في هذه المسألة في هذا العصر، وهو جواز دفع القيمة، ذلك لأن القيمة أنفع للفقير اليوم من الفقير نفسه، واقرب إلى تحقيق الغاية المرجوة.

◐▷ Waktu Mengeluarkan
Waktu wajib mengeluarkan zakat fitrah adalah semenjak terbenamnya matahari di akhir hari bulan Ramadhan. Adapun waktu yang boleh mengeluarkan zakat fitrah adalah pada seluruh hari di bulan Ramadhan dan hari pertama pada hari raya.
Sunnah menunaikan zakat fitrah pada pagi hari di hari raya sebelum berangkat untuk menunaikan shalat id, karena telah datang hadis Ibn Umar bahwa diperintahkan zakat fitrah ditunaikan sebelum manusia keluar untuk menunaikan shalat id.
Makruh mengakhirkan zakat sampai setelah shalat id sampai sebelumnya matahari, maka ia berdosa dan wajib meng-qada'nya.

☜ الفقه المنهجي علي مذهب امام الشافعي
أما وقت الوجوب، فقد قلنا إنه يبدأ بغروب شمس آخر أيام رمضان.
وأما الوقت الذي يجوز فيه إخراجها، فهو جميع شهر رمضان واليوم الأول من العيد.
يسن أداؤها صباح يوم العيد قبل الخروج إلى الصلاة. فقد جاء في حديث ابن عمر رضي الله عنهما، وفي رواية عند البخاري (1432): " وأمر بها أن تؤدي قبل خروج الناس إلى الصلاة ".
ويكره تأخيرها عن صلاة العيد إلى نهاية يوم العيد، فإن أخراها عنه أثم ولزمه القضاء.

◐▷ Cara Menunaikan
- Niat zakat fitrah:
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺍَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔﺴﻲ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
(saya berniat mengeluarkan zakat fitrah diriku fardu karena Allah).
Jika untuk anak diganti (ولدي) waladi / anakku (ولدي) jika untuk istri diganti (روجتي) zaujatii / istriku. Begitu seterusnya.
- Doa pemberi zakat
ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﺗَﻘَﺒَّﻞْ ﻣِﻨَّﺎ ﺇِﻧَّﻚَ ﺃَﻧْﺖَ ﺍﻟﺴَّﻤِﻴْﻊُ ﺍﻟْﻌَﻠِﻴْﻢ
ُ
Ya Rabb kami. terimalah dari kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha
Mendengar lagi Maha Mengetahui.
- Doa penerima zakat (baik pemungut zakat atau penerima zakat)
ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺃَﻋْﻄَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻟَﻚَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺃَﺑْﻘَﻴْﺖ
َ
Semoga Allah memberikan pahala kepadamu terhadap zakat yang telah engkau berikan, dan semoga Allah menjadikan zakat yang engkau berikan untuk mencusucikan dirimu, dan semoga Allah memberi berkah terhadap harta yang tersisa darimu.

☜ الاذكار للنووي
قال الشافعي والأصحاب رحمهم الله: الاختيار أن يقول: آخذ الزكاة لدافعها: آجرك (1) الله فيما أعطيت، وجعله لك طهورا، وبارك لك فيما أبقيت، وهذا الدعاء مستحب لقابض الزكاة، سواء كان الساعي أو الفقراء، وليس الدعاء بواجب على المشهور من مذهبنا ومذهب غيرنا.
يستحب لمن دفع زكاة، أو صدقة، أو نذرا، أو كفارة ونحو ذلك أن يقول: ربنا تقبل منا إنك أنت السميع العليم، قد أخبر الله سبحانه وتعالى بذلك عن إبراهيم وإسماعيل صلى الله عليهما وسلم، وعن امرأة عمران.
Wallahu A'lam.

0 Response to "TENTANG ZAKAT FITRAH"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP