201. HUKUM MENGUCAPKAN TAHNIAH PADA MALAM HARI RAYA



MALAM IDUL FITRI

◐▷ Dalam menyambut hari raya biasanya masyarakat kita mengucapkan tahniah (doa sebab kembalinya kebahagiaan) sepert taqabbalallahu minna wa minkum (semoga Allah menerima ibadahku dan ibadah kalian). Bagaimana hukumnya?.
Hukum hal ini diperselisihkan ulama':

- Al-Hafidz Al-Muqdisi mengatakan tahni'ah itu mubah.

- Ibn Hajar dalam kitab al-I'ab Az-Ziyadi, Asy-Syarqawi mengatakan tahni'ah itu itu hal yg disunnahkan dan waktu setelah terbenamnya matahari jika hr raya fitri.
Dalil yang digunakan Ibn Hajar dkk salah satunya adalah hadis dalam sahih bukhori dan muslim "Dari Ka'ab bin Malik dalam kisah taubatnya sebab lari dari perang tabuk, beliau setelah bergembira sebab diterima taubatnya dan pergi pada Rasulullah kemudian Talhah bin Ubaidillah menghampirinya dan bertahniah padanya "

←بغية
قال القمولي: لم أر لأحد من أصحابنا كلاما في التهنئة بالعيد والأعوام والأشهر كما يفعله الناس، لكن نقل الحافظ المنذري عن الحافظ المقدسي أنه أجاب عن ذلك بأن الناس لم يزالوا مختلفين فيه، والذي أراه أنه مباح لا سنة فيه ولا بدعة.
←تحفة الحبيب
وأجاب الشهاب ابن حجر بعد اطلاعه على ذلك بأنها مشروعة, واحتج له بأن البيهقي عقد لذلك بابا فقال: باب ما روي في قول الناس بعضهم لبعض في العيد: تقبل الله منا ومنك ثم قال: ويحتج لعموم التهنئة بما يحدث من نعمة أو يندفع من نقمة بمشروعية سجود الشكر والتعزية، وبما في الصحيحين عن «كعب بن مالك في قصة توبته لما تخلف عن غزوة تبوك أنه لما بشر بقبول توبته ومضى إلى النبي - صلى الله عليه وسلم - فقام إليه طلحة بن عبيد الله فهنأه
←بغية
[فائدة] قال في الايعاب و زي و ش ق التهنئة بالعيد سنة ووقتها للفطر غروب الشمس وفي الاضحي فجر عرفة كالتكبير اه.

◐▷ Sunnah menghidupkan malam hari raya dengan beribadah baik berupa dzikir, shalat dan lain sebagainya. Hal ini berdasarkan sebuah hadis yang berbunyi: "Barangsiapa yang menghidupkan malam hari raya (fitri dan adha) maka hatinya tidak akan mati manakala hati pada mati".
Ulama berbeda pendapat tentang ukuran waktu dapat dikatakan menghidup malam hari raya, menurut qaul adzhar bisa diperoleh jika memghidupkan sebagian besar malam. Namun menurut pendapat lain sudah bisa dikatakan menghidupkan dengan beribadah sesaat saja pada malam hari raya.

◐▷ Pada malam hari raya (idul fitri), sunnah juga kita melaksanakan takbir, waktunya adalah semenjak terbenamnya matahari sampai imam takbiratul ihram shalat id. Takbir sunnah dilaksanakan setelah shalat dan juga pada keadaan-keadaan lain, baik dalam keadaan berdiri duduk maupun berbaring. Baik di masjid, di jalan dan ditempat tidurnya.
Nb: Namun jika dilaksanakan di jalan, hendaknya tidak mengganggu pengguna jalan, karena jalan umum berhak dimanfaatkan siapapun sepanjang tidak membahayakan pengguna jalan lain.


←الأذكار للنووي
اعلم أنه يستحب إحياء ليلتي العيدين في ذكر الله تعالى، والصلاة، وغيرهما من الطاعات، للحديث الوارد في ذلك: 497 - " من أحيا ليلتي العيدين، لم يمت قلبه يوم تموت القلوب " وروي، " من قام
ليلتي العيدين لله محتسبا لم يمت قلبه يوم تموت القلوب " هكذا جاء في رواية الشافعي وابن ماجه، وهو حديث ضعيف رويناه من رواية أبي أمامة مرفوعا وموقوفا، وكلاهما ضعيف، لكن أحاديث الفضائل يتسامح فيها (2) كما قدمناه في أول الكتاب.
واختلف العلماء في القدر الذي يحصل به الإحياء، فالأظهر أنه لا يحصل إلا بمعظم الليل، وقيل: يحصل بساعة.
ويستحب التكبير ليلتي العيدين، ويستحب في عيد الفطر من غروب الشمس إلى أن يحرم الإمام بصلاة العيد، ويستحب ذلك خلف الصلوات وغيرها من الأحوال.
ويكثر منه عند ازدحام الناس، ويكبر ماشيا وجالسا ومضطجعا، وفي طريقه، وفي المسجد، وعلى فراشه.

◐▷ Lafadz takbir :
الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر
lafadz tersebut dibaca 3x terus menerus, dan diulang-ulang semaunya.
Tidak mengapa juga menggunakan sighat yang biasa dilakukan manusia:
الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Jika ingin ditambah dengan lafadz di bawah ini, juga baik.
الله أكبر كبيرا، والحمد لله كثيرا، وسبحان الله بكرة وأصيلا، لا إله إلا الله، ولا نعبد إلا إياه مخلصين له الدين ولو كره الكافرون، لا إله إلا الله وحده، صدق وعده، ونصر عبده، وهزم الأحزاب وحده، لا إله إلا الله والله أكبر
←الأذكار للنووي
قال أصحابنا: لفظ التكبير أن يقول: " الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر "، هكذا ثلاثا متواليات، ويكرر هذا على حسب إرادته.
قال الشافعي والأصحاب: فإن زاد فقال: " الله أكبر كبيرا، والحمد لله كثيرا، وسبحان الله بكرة وأصيلا، لا إله إلا الله، ولا نعبد إلا إياه مخلصين له الدين ولو كره الكافرون، لا إله إلا الله وحده، صدق وعده، ونصر عبده، وهزم الأحزاب وحده، لا إله إلا الله والله أكبر، كان حسنا ".
وقال جماعة من أصحابنا: لا بأس أن يقول ما اعتاده الناس، وهو: " الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد ".

◐▷ Dalam memaknak hari raya, tidak melulu harus dengan pakaian baru, berhias dg pakaian dan kendaraan, itu hanya kebiasaan. Hari raya baru dapat diperoleh setelah menyempurnakan ibadah.oleh karena itu adal ebuah perkataan menarik dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin;
"Hari raya tidaklah untuk seseorang yang menggunakan pakaian baru, tetapi orang yang ketaatannya bertambah, hari raya juga bukan untuk seseorang yang berhias dg pakaian dan kendaraan, tetapi untuk seseorang yang diampuni dosa-dosanya."

← بغية ٨٩
وليس العيد لمن لبس الجديد بل طاعته تزيد ولا لمن تجمل بالملبوس والركوب بل لمن غفرت له الذنوب.

0 Response to "201. HUKUM MENGUCAPKAN TAHNIAH PADA MALAM HARI RAYA"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP