KUNCI KESELAMATAN ( KUNCINE SLAMET )


KUNCINE SLAMET 

"Dalam surat al-A'shr Allah menggambarkan dunia dan seisinya."

◐▷Allah menggambarkan dunia dan seisinya seolah-olah diciptkan bagi manusia sebagai ladang berbisnis yang memungkinnya memperoleh `kerugian` maupun `keuntungan`. Tetapi Allah menegaskan bahwa pada dasarnya manusia itu mengalami kerugian kecuali mereka yang beriman dengan hatinya dan beramal shalih dengan anggota badannya.

◐▷Selain itu, untuk menjadi seseorang yang tidak merugi harus memenuhi kriteria `saling menasehati dengan kebenaran` yang berupa melaksanakan ketaatan dan menjauhi yang terlarang serta `saling menasehati untuk bersabar` dari segala musibah, takdir dan segala hal yang menyakiti dalam rangka amar ma'ruf dan nahi mungkar.

◐▷ Sesungguhnya, 4 kriteria yang ditentukan agar tidak menjadi orang yang merugi itu merupakan gambaran tentang hak Allah (Haqqullah) dan hak hamba (haqqul ibad) yang harus ditunaikan oleh setiap manusia. Dengan kata lain, seseorang akan mendapatkan keselamatan jika ia telah menyempurnakan dirinya dengan "Iman dan Amal shalih", dan menyempurnakan orang lain dengan "nasehat dan petunjuk."
Wallahu A'lam.

تفسير الماتوردي
وقوله - عز وجل -: (إن الإنسان لفي خسر (2) إن الدنيا وما فيها كأنها خلقت وأنشئت متجرا للخلق، والناس فيها تجار؛ كما ذكره في غير آي من القرآن، قال الله - تعالى -: (إن الله اشترى من المؤمنين أنفسهم وأموالهم بأن لهم الجنة)، وقال: (هل أدلكم على تجارة تنجيكم من عذاب أليم)، أي: إن الإنسان لفي خسار من تجارته ومبايعته (إلا الذين آمنوا وعملوا الصالحات. . .) الآية.
تفسير ابن كثير
فأقسم تعالى بذلك على أن الإنسان لفي خسر، أي: في خسارة وهلاك، {إلا الذين آمنوا وعملوا الصالحات}
فاستثنى من جنس الإنسان عن الخسران الذين آمنوا بقلوبهم، وعملوا الصالحات بجوارحهم، {وتواصوا بالحق}
وهو أداء الطاعات، وترك المحرمات، {وتواصوا بالصبر}
على المصائب والأقدار، وأذى من يؤذي ممن يأمرونه بالمعروف وينهونه عن المنكر.
صفوة التفاسير
حكم تعالى بالخسار على جميع الناس إلا من أتى بهذه الأشياء الأربعة وهي: الإيمان، والعمل الصالح، والتواصي بالحق، والتواصي بالصبر، فإن نجاة الإنسان لا تكون إلا إذا كمل الإنسان نفسه بالإيمان والعمل الصالح، وكمل غيره بالنصح والإرشاد، فيكون قد جمع بين حق الله، وحق العباد، وهذا هو السر في تخصيص هذه الأمور الأربعة.

SEMOGA BERMANFAAT

0 Response to "KUNCI KESELAMATAN ( KUNCINE SLAMET )"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP