NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (9)


★ NGAJI POSO ★
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔
KITAB : Mabadi Awwaliyyah karya al-Ustadz Abdul Hamid Hakim

BAGIAN KE-SEMBILAN (9)
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Assalamu'alaikum maa jhoon... selamat nunggu buka puasa nggih.. sambil nungguin bedug berkumandang sambi ngaji nggih mas jhoon... meneruskan yg kemarin.. ⇩⇩

Pembahasan yang ke sembilan tentang perbuatan pembawa syaraiat Rasulullah Muhammad saw.

Perbuatan nabi adakalahnya merupakan suatu ibadah qurbah (mendekatkan diri) dan taat pada Allah terkadang juga tidak. Perbuatan Rasul yang merupakan suatu ibadah qurbah dan ketaatan apabila terdapat dalil yang mengkhususkan perbuatan tersebut hanya untuk Rasul saja, maka diarahkan pada perbuatan yang khusus seperti menikah lebih dari empat wanita. Allah berfirman:

فانكحوا ما طاب لكم من النساء مثني وثلاث ورباع

Maka nikahilah wanita yang kallian senangi dua, tiga atau empat.
Dan ada hadis dr Ibn Umar ada seseorang yang masuk Islam sedangkan ia memiliki 10 wanita di masa Jahiliyyah, lalu para isterinya itu juga masuk Islam. Dan akhirnya Rasul memerintahkan memilih empat dari ke sepuluh istrinya. {HR. Ahmad, Ibn Majah At-Tirmidzi}.
Jika tidak ada dalil yang mengkhususkan bahwa perbuatan tersebut khusus untuk Rasul, maka perbuatan tersebut berlaku juga bagi umatnya. Allah berfirman:

لقد كان لكم في رسول الله أسوة حسنة.

Dan telah ada pada diri Rasulullah suri telandan yang baik bagi kalian.
Oleh karena itu ulama membuat kaidah:

الأصل في أفعال النبي صلعم الإقتداء

Asal dari perbuatan Rasul itu dapat diikuti. Hal ini berlaku sepanjang tidak terdapat dalil yang mengkhususkan perbuatan tersebut (untuk Rasul saja).

المبحث التاسع في فعل صاحب الشريعة صلى الله عليه وسلم فعل النبي صلعم لا يخلوا إما ان يكون القربة والطاعة او لا يكون, فإن كان علي وجه القربة والطاعة فإن دل الدليل علي الإختصاص به حمل علي الإختصاص كزيادة في النكاح علي اربع نسوة. قال تعالى: فانكحوا ما طاب لكم من النساء مثني وثلاث ورباع.
وعن ابن عمر قال: أسلم غيلان وتحته عشرة نسوة في الجاهلية فأسلمن معه فأمره صلعم ان يختار منهن أربعا. رواه احمد وابن ماجه والترمذي. وان لم يدل الدليل علي الإختصاص به لا يختص به بل تشاركه فيه أمته. قال تعالى: لقد كان لكم في رسول الله أسوة حسنة. ولذلك قالوا: {الأصل في أفعال النبي صلعم الإقتداء} إلا ما دل الدليل علي الإختصاصه به.

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

☆ SEKIAN & SEMOGA BERMANFAAT ☆

Saya tutup dengan kata°° bijak dari tukang tambal ban ⇩

Jika ingin menilai sesorang, cobalah kamu melihat pada sisi yang tidak terlihat, biasanya disitu tersimpan keindahan.

0 Response to "NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (9)"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP