NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (10)


★ NGAJI POSO ★
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔
KITAB : Mabadi Awwaliyyah karya al-Ustadz Abdul Hamid Hakim

BAGIAN KE-SEPULUH (10)
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔
Pemabahasan yang ke sepuluh adalah ketetapan pembawa syariat (Rasulullah saw)

Ikrar atau ketetapan dari Nabi Muhammad saw itu merupakan bagian ucapan Rasulullah. Ikrar Rasulullah saw terdapat suatu perbuatan seseorang itu seperti perbuatan Rasul sendiri, karena Rasul itu maksum (terjaga) dari menetapkan seseorang atas suatu kemungkaran. Contohnya ikrar beliau pada Abu Bakar atas ucapannya memberikan hak salab orang yang terbunuh bagi pada pembunuhnya, dan ketetapan beliau pada Khalid bin Walid ra, atas memakan daging dabb. {HR. Bukhari-Muslim}.

Sesuatu yang dilakukan atau sesuatu yang diucapkan di selain majlisnya, dan Rasul mengetahui hal itu dan tidak mengingkarinya, maka hukum perbuatan tersebut dinisbatkan perbautan yang diucapkan dan dilaksanakan pada majlisnya, seperti Rasul mengetahui Abu Bakar bersumpah tidak memakan makanan pada waktu marah, ternyata Abu Bakar suatu saat memakan makanan, karena melihat ada makan itu akan berakibat baik. {HR. Muslim}.

Dari hadis di atas dapat diperoleh faedah bahwa boleh melanggar sumpah bahkan sunnah jika melihat ada kebaikan dalam melanggar sumpah tersebut.

المبحث العاشر في إقرار صاحب الشريعة
إقرار النبي صلعم علي قول من احد كقوله صلعم. إقرره صلعم علي الفعل من احد مفعله صلعم, لأنه معصوم من ان يقر احدا علي منكر. مثال ذلك اقراره صلعم ابا بكر علي قوله رض. عنه بإعطاء سلب القتيل لقاتله, و إقراره صلعم خالد بن الوليد رض. عنه علي أكل الضب. رواه الشيخان.
وما فعل أو ما قيل في غيره مجلسه وعلم به ولم ينكره فحكمه حكم ما فعل أو ما قيل في مجلسه, كعلمه صلعم حلف ابي بكر رض. انه لا يأكل الطعام في وقت غيظه ثم أكل لما رأي الأكل خيرا. رواه المسلم.
فيستفاد منه جواز الحنث بل ندبه بعد الحلف إذا كان خيرا.

Pembahasan yang ke sebelas tentang Ijma’.

Ijma’ secara bahasa adalah kesepakatan. Sedangkan secara istilah adalah kesepakatan umat Muhammad saw setelah wafatnya beliau dari masa ke masa, dari satu masalah ke masalah lain.

Ijma’ menurut jumhur ulama itu merupakan hujjah, hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi:

عن ابن عمر عن النبي صلعم انه قال: لا تجتمع أمتي علي الضلالة ويد الله علي الجماعة

Dari Ibn Umar dari Nabi saw bahwasanya beliau bersabda: Umat ku tidak akan berkumpul pada kesesatan, pertolongan Allah ada pada jamaah.
Ijma’ itu sah dengan ucapan atau perbuatan dari semua umat Muhammad, dan sah juga dengan perbuatan dan ucapan sebagian dari mereka, sedangkan ucapan dan perbuatan terseb telah tersebar dan sebagian umat itu diam, tidak menentang kesepakatan tersebut. Sebagian umat sepakat dan sebagian lain diam itu dinamakan ‘ijma sukuti’.

Umat Muhammad sepakat bahwa segala hal yang umum keluar dari kubul dan dubur itu membatalkan wudu’.
Dan ketahuilah bahwa Imam Asy-Syafii mengambil dalil dengan menetapkan qiyas dan hadis ahad tentang hal yang dilakukan oleh sebagian Sahabat tetapi tidak nampak pengingkaran dari Sahabat lain. Itulah Ijma’ Sukuti.

المبحث الحادى عشر في الإجماع
الإجماع لغة: إتفاق.
واصطلاحا: إتفاق أمة محمة صلعم بعد وفاته في عصر من الاعصار علي امر من الامور.
والإجماع حجة عند الجمهور, لما أخرجه الترمذي, عن ابن عمر عن النبي صلعم انه قال: لا تجتمع أمتي علي الضلالة ويد الله علي الجماعة.
والإجماع يصح بقولهم وفعلهم, ويصح ايضا بقول البعض وبفعل البعض وانتشار ذلك القول او الفعل وسكوت الباقين عليه, ويسمى ذلك بالإجماع السكوتي.
واجتمعوا علي نقض الوضوء بالخارج المعتاد من السبلين وهو البول والغائط.
واعلم ان الشافعي قد استدل علي إثبات القياس وخبر الواحد بأن الصحابة عمل به ولم يظهر من الباقين انكارو فكان ذلك إجماعا سكوتيا.

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔
☆ SEKIAN & SEMOGA BERMANFAAT ☆
Saya tutup dengan kata°° bijak dari tukang tambal ban ⇩

Setiap peoblema pasti ada akar solusinya, jika kamu tidak menemukan akarnya, kamu tebang aja batangnya.

0 Response to "NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (10)"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP