82. DOA BAIK UNTUK SAUDARA ATAU TEMAN FILLAAH SECARA GAIB


Abdul Qohar

قَالَ اللهُ تَعَالَى : وَالَّذِيْنَ جَاؤُوْا مِنْ بَعْدِهِمْيَقُوْلُوْنَ: رَبَّنَا
اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالإِيْمَانِوَلا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِّلَّذِيْنَ آَمَنُوا رَبَّنَاإِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَّحِيْمٌ [ الحشر : 10

Alloohu a’lam bi muroodih: “Orang-orang yang datang setelah sahabatmuhajirin dan anshor itu berdoa: Wahai Tuhan kami semoga Engkau mengampuni(dosa-dosa) kami dan beberapa saudara kami (dalam agama) yang telah mendahuluikami dengan iman dan semoga Engkau tidak menjadikan dalam beberapa hati kamidengki pada orang-orang yang beriman, wahai Tuhan kami sungguh Engkau itu DzatMaha Pengasih lagi Maha Penyayang” (QS. al-Hasyr ayat 10)

قَالَ تَعَالَى : فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْلِذَنْبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مُتَقَلَّبَكُمْوَمَثْوَاكُمْ [ محمد : 19 ]

Alloohu a’lam bi muroodih: “ Maka ketahuilah bahwasanya tidak adatuhan yang wajib disembah secara haq kecuali Alloh, dan mintalah ampunan untukdosamu, untuk kaum mukmin dan kaum mikminah. Dan Alloh mengetahui tempatperpindahanmu (beberapa amal, keadaan di dunia atau perpindahan dalam tulangrusuk ke rahim) dan tempat kembalimu (di akhirat, surga atau neraka)” (QS.Muhammad atau al-Qital ayat 19)

قَالَ تَعَالَى إِخْبَارًا عَنْ إِبْرَاهِيْمَ صَلَّى اللهُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ :رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلاَةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ(40) رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ [ إبراهيم : 41 ]

Alloohu a’lam bi muroodih: “Wahai Tuhan kami semoga Engkau menjadikan akuorang yang mendirikan sholat dan dari keturunanku, wahai Tuhanku semoga Engkaumenerima doaku (ibadahku). (40) Wahai Tuhan kami semoga Engkau mengampuni aku,dua orang tuaku dan kaum mukminin di hari pelaksanaan hisab (perhitungan amalorang-orang mukallaf)” (QS. Ibrohim ayat 41)

قَالَ تَعَالَى : إِخْبَارًا عَنْ نُوْحٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ: رَبِّاغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَوَالْمُؤْمِنَاتِ وَلا تَزِدِ الظَّالِمِيْنَ إِلاَّ تَبَارًا [ نوح : 28 [

Alloohu a’lam bi muroodih: “Wahai Tuhanku semoga Engkau mengampuni aku, duaorang tuaku, orang yang masuk rumahku (atau masjidku, perahuku atau agamaku)seraya beriman, kaum mukmin serta kaum mukminah dan semoga Engkau tidakmenambah pada orang-rang zholim (kaum kafir) kecuali kehancuran” (QS. Nuh ayat28)

رَوَيْنَا فِي صَحِيْحِ مُسْلِمٍ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُسَمِعَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلمٍ يَدْعُوْ لِأَخِيْهِبِظَهْرِ الغَيْبِ إِلاَّ قَالَ المَلَكُ : وَلَكَ بِمِثْلٍ.

“Tidaklah seorang hamba yang muslim yang mendoakan baikuntuk saudaranya secara gaib (dari majlis) kecuali malaikat (yang dipasrahiuntuknya) berkata: Dan untukmu sesama doamu itu (aku berdoa pada Alloh semogamenjadikan untukmu sesamanya doa yang kamu panjatkan untuk saudaramu)”

وَفِي رِوَايَةٍ أُخْرَى فِي صَحِيْحِ مُسْلِمٍ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ أَنَّرَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُوْلُ: دَعْوَةُ المَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيْهِبِظَهْرِ الغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ ، عِنْدَ رَأسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَالِأَخِيْهِ بِخَيْرٍ قَالَ المَلَكُ المُوَكَّلُ بِهِ : آَمِينَ ، وَلَكَ بِمِثْلٍ.

“Doa seorang muslim untuk saudaranya secara gaib (darimajlis) itu terkabulkan, di samping kepalanya terdapat malaikat yang dipasrahi,tatkala ia bedoa untuk saudaranya dengan kebaikan maka malaikat yang dipasrahidengannya berkata: amiin..... (semoga Engkau mengabulkan doa kami) dan untukmusesama doamu itu”

رَوَيْنَافِي كِتَابَيْ أَبِيْ دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيْ عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ تَعَالَىعَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : أَسْرَعُ الدُّعَاءِ إِجَابَةً دَعْوَةُغَائِبٍ لِغَائِبٍ. ضَعَّفَهُ التِّرْمِذِيُّ.( الأذكار للنووي )

“Paling cepat doa segi pengkabulannya adalah doa orang yang gaib (orang yang tidak hadir di suatumajlis) untuk orang yang gaib” (Imam an-Nawawi, al-Adzkar)

أَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّوَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا, وَلِجَمِيْعِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ,وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ, الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ.

“Ya Alloh semoga Engkau mengampuni aku sertadua orang tuaku dan semoga Engkau mengasihi keduanya sebagaimana keduanyamerawatku ketika masih kecil, semua kaum mukmin, kaum mukminah, kaum muslim dankaum muslimah, yang masih hidup dari mereka dan yang sudah mati”

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ لِيْ وَلِوَالِدَيَّوَلِأَصْحَابِ الْحُقُوْقِ عَلَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَوَالْمُسْلِمَاتِ, الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ.

“Aku memohon ampunan pada Alloh Yang MahaAgung untukku, dua orang tuaku, beberapa orang yang memiliki beberapa hak atasdiriku, kaum mukmin, kaum mukminah, kaum muslim dan muslimah, beberapa yangmasih hidup dari mereka atau yang sudah mati”

Tujuh orang yang tidak ditolak doanya oleh Alloh:
1. Doa orang yang terdlolimi untuk orang yang mendlolimi.
2. Doa orang tua untuk anaknya.
3. Doa orang yang puasa.
4. Doa orang sakit.
5. Doa untuk saudara secara gaib (dari majlis).
6. Doa Nabi untuk umat.
7. Doa orang haji. (Referensi Kitab Al-Bujairami)

لِلشَّيْخِ حَسَنِ الْبَدْرِيِّ منبحر البسيط:
وَسَبْعَةٌ لَا يَرُدُّ اللَّهُ دَعْوَتَهُمْ......... مَظْلُوْمٌوَالِدٌ ذُوْ صَوْمٍ وَذُوْ مَرَضِ
وَدَعْوَةٌ لِأَخٍ بِالْغَيْبِ ثُمَّ نَبِيٌّ......... لِأُمَّةٍثُمَّ ذُوْ حَـجٍّ بِذَاكَ قُـضِيَ. (حاشية البجيرمي على الخطيب)

وَاَللَّهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Kiswah - CKW ◁◁

0 Response to "82. DOA BAIK UNTUK SAUDARA ATAU TEMAN FILLAAH SECARA GAIB"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP