157. TASABUH & BATASAN BATASANNYA


PERTANYAAN :

Zahida Qolbi Nadhifa > ‎CAFFEBI DALWA

Dikit dikit harom dikit dikit tasabuh, sebenarnya batasan tasabuh itu seperti apa ... ? Masak memakai celana saja dikatakan tasabuh
Trimakasih !

JAWAB :

Nayna Amalia

mohon koreksinya jk ad yg salah.

Tasyabbuh adalah Melakukan sesuatu yang bisa dianggap menyerupai kebiasaan atau adat dari golongan, etnis, jender, tertentu baik disengaja atau tidak. konsekwensi hukumnya haram bila ada unsur kesengajaan dan boleh atau makruh ketika tidak ada kesengajaan atau maksud tertentu untuk menyerupai.

ﺣﻮﺍﺷﻲ ﺍﻟﺸﺮﻭﺍﻧﻲ ﺍﻟﺠﺰﺀ ٣ ﺹ : ٢٦ ﺩﺍﺭ ﺍﻟﻔﻜﺮ
ﻭﻗﺪ ﺿﺒﻂ ﺍﺑﻦ ﺩﻗﻴﻖ ﺍﻟﻌﻴﺪ ﻣﺎ ﻳﺤﺮﻡ ﺍﻟﺘﺸﺒﻪ ﺑﻬﻦ ﻓﻴﻪ ﺑﺄﻧﻪ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻣﺨﺼﻮﺻﺎ ﺑﻬﻦ ﻓﻲ ﺟﻨﺴﻪ ﻭﻫﻴﺌﺘﻪ ﺃﻭ ﻏﺎﻟﺒﺎ ﻓﻲ ﺯﻳﻬﻦ ﻭﻛﺬﺍ ﻳﻘﺎﻝ ﻓﻲ ﻋﻜﺴﻪ ﻧﻬﺎﻳﺔ ﻗﺎﻝ ﻉ ﺵ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻌﻜﺲ ﻣﺎ ﻳﻘﻊ ﻟﻨﺴﺎﺀ ﺍﻟﻌﺮﺏ ﻣﻦ ﻟﺒﺲ ﺍﻟﺒﺸﻮﺕ ﻭﺣﻤﻞ ﺍﻟﺴﻜﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻬﻴﺌﺔ ﺍﻟﻤﺨﺘﺼﺔ ﺑﺎﻟﺮﺟﺎﻝ ﻓﻴﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻬﻦ ﺫﻟﻚ ﻭﻋﻠﻰ ﻫﺬﺍ ﻓﻠﻮ ﺍﺧﺘﺼﺖ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﺃﻭ ﻏﻠﺐ ﻓﻴﻬﻦ ﺯﻱ ﻣﺨﺼﻮﺹ ﻓﻲ ﺇﻗﻠﻴﻢ ﻭﻏﻠﺐ ﻓﻲ ﻏﻴﺮﻩ ﺗﺨﺼﻴﺺ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﺑﺬﻟﻚ ﺍﻟﺰﻱ ﻛﻤﺎ ﻗﻴﻞ ﺇﻥ ﻧﺴﺎﺀ ﻗﺮﻯ ﺍﻟﺸﺎﻡ ﻳﺘﺰﻳﻴﻦ ﺑﺰﻱ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﺘﻌﺎﻃﻮﻥ ﺍﻟﺤﺼﺎﺩ ﻭﺍﻟﺰﺭﺍﻋﺔ ﻭﻳﻔﻌﻠﻦ ﺫﻟﻚ ﻓﻬﻞ ﻳﺜﺒﺖ ﻓﻲ ﻛﻞ ﺇﻗﻠﻴﻢ ﻣﺎ ﺟﺮﺕ ﺑﻪ ﻋﺎﺩﺓ ﺃﻫﻠﻪ ﺃﻭ ﻳﻨﻈﺮ ﻷﻛﺜﺮ ﺍﻟﺒﻼﺩ ﻓﻴﻪ ﻧﻈﺮ ﻭﺍﻷﻗﺮﺏ ﺍﻷﻭﻝ ﺛﻢ ﺭﺃﻳﺖ ﻓﻲ ﺃﻥ ﺍﺑﻦ ﺣﺞ ﻧﻘﻼ ﻋﻦ ﺍﻹﺳﻨﻮﻱ ﻣﺎ ﻳﺼﺮﺡ ﺑﻪ ﻭﻋﻠﻴﻪ ﻓﻠﻴﺲ ﻣﺎ ﺟﺮﺕ ﺑﻪ ﻋﺎﺩﺓ ﻛﺜﻴﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﺑﻤﺼﺮ ﺍﻵﻥ ﻣﻦ ﻟﺒﺲ ﻗﻄﻌﺔ ﺷﺎﺵ ﻋﻠﻰ ﺭﺅﻭﺳﻬﻦ ﺣﺮﺍﻣﺎ ﻷﻧﻪ ﻟﻴﺲ ﺑﺘﻠﻚ ﺍﻟﻬﻴﺌﺔ ﻣﺨﺘﺼﺎ ﺑﺎﻟﺮﺟﺎﻝ ﻭﻻ ﻏﺎﻟﺐ ﻓﻴﻬﻢ ﻓﻠﻴﺘﻨﺒﻪ ﻟﻪ ﻓﺈﻧﻪ ﺩﻗﻴﻖ ﻭﺃﻣﺎ ﻣﺎ ﻳﻘﻊ ﻣﻦ ﺇﻟﺒﺎﺳﻬﻦ ﻟﻴﻠﺔ ﺟﻼﺋﻬﻦ ﻋﻤﺎﻣﺔ ﺭﺟﻞ ﻓﻴﻨﺒﻐﻲ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﺤﺮﻣﺔ ﻷﻥ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺰﻱ ﻣﺨﺼﻮﺹ ﺑﺎﻟﺮﺟﺎﻝ ﺍﻫـ

البيهقي

tak sumbang sitik ..

Ini sy nuqilkan dr kitabnya mbah Hasyim Asy'ari dalam menjawab hukum memakai jas, celana, dasi, topi, sepatu secara lengkap boleh apa tidak? secara itu menjadi pakaian orang kafir pada masa itu.

Dan ada 2 ibarot yang menarik dr ibarot yang beliau sampaikan:

Ibarot pertama mengatakan: dalam kitab Husnu al-Sir fi Bayani Ahkami Anwai min Tasyabbuh bil Ghair Sayyid Muhammad Aud al-Dimyathi menuqil pendapat mufti Hanafiyah hukum tasyabbuh berputar pada dilarang dan boleh.
Perkataan mushannif: boleh mengenakan pakaian orang kafir الخ. sebagian dr pakaian tersebut adalah yang dikenakan orang Turki bahkan juga merembet pada selainnya yang berupa turbus (sejenis pakaian besar yang bersambung dg penutup kepala), jaket yang di Mesir disebut dg istilah sutroh, celana dan sepatu bot seperti yang disampaikan oleh Sayyid Muhammad. Maka boleh mengenakannya dg syarat yang telah disebutkan yaitu "tidak bermaksud tasyabbuh" dg orang kafir.

وفي حسن السير في بيان احكام انواع من التشبه بالغير للسيد محمد عوض الدمياطي ناقلا عن الفتاوي المهدية لمفتي الحنفية المهدي رحمه الله تعالي في الحظر والاباحة: وقوله يجوز لبس ثيابهم (اي كفرة) الخ ومنها ما يلبس الان للتركي بل وصار لغيرهم ايضا من الطربوس والتكمة المعبر عنها في مصر بالسترة والبنطالون والحزمة كما افاده ايضا انتهي فيجوز لبس ذلك بالشرط المذكور وهو عدم قصد التشبه بهم انتهي.

Ibarot kedua ini disebutkan dalam kitsb Tarwihul Jinan bi Tasyrihil Hukmi Syurbi Dukhon milik Syaikh Abdul Hayyi al-Hindi dan makruh tasyabbuh dg orang kafir dalam perbuatan mereka yang sifatnya ikhtiyari yang khusus bagi mereka.

وفي ترويح الجنان بتشريح حكم الشرب الدخان للشيخ عبد الحي الهندي ويكره التشبه بالكفار في فعلهم الاختياري المخصوص بهم انتهي

Ziyadatu Ta'liqat ala Mandzumah Syaikh Abdullah bin Yasin al-Fasuruwani 44-47

kalo menurut sy tasyabbuh harus diklasifikasikan, tasyabbuh dalam hal apa dulu baru bisa ditentukan hukumnya.

jika tasyabbuh diarahkan soal wanita dan lk2 , maka pakaian yang khusus atau pada umumnya digunakan wanita maka haram digunakan oleh lk². Jika tidak ada penghususan.. maka boleh digunakan oleh lk² atau wanita.
Dalam hal ini niat tasyabbuh / tidak tetap haram.

Bughyah al Mustarsyidin hal. 604

ﺿﺎﺑﻂ ﺍﻟﺘﺸﺒﻪ ﺍﻟﻤﺤﺮﻡ ﻣﻦ ﺗﺸﺒﻪ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﺑﺎﻟﻨﺴﺎﺀ ﻭﻋﻜﺴﻪ ﻣﺎ ﺫﻛﺮﻭﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﺘﺢ ﻭﺍﻟﺘﺤﻔﺔ ﻭﺍﻹﻣﺪﺍﺩ ﻭﺷﻦ ﺍﻟﻐﺎﺭﺓ ، ﻭﺗﺒﻌﻪ ﺍﻟﺮﻣﻠﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﻬﺎﻳﺔ ﻫﻮ ﺃﻥ ﻳﺘﺰﻳﺎ ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ ﺑﻤﺎ ﻳﺨﺘﺺ ﺑﺎﻵﺧﺮ ، ﺃﻭ ﻳﻐﻠﺐ ﺍﺧﺘﺼﺎﺻﻪ ﺑﻪ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺍﻟﻤﺤﻞ ﺍﻟﺬﻱ ﻫﻤﺎ ﻓﻴﻪ

Latif Najibulloh

تشبه على وزن تفعل للتكلف

berarti ada upaya untuk menyerupai, bukan sekedar sama.
Hehehe

Fatawi kubro

(‍ﻭ‍ﺳ‍‍ﺌ‍‍ﻞ‍) - ‍ﺭ‍ﺣ‍‍ﻤ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﺗ‍‍ﻌ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻰ - ‍ﻭ‍ﺭ‍ﺿ‍‍ﻲ‍ ‍ﻋ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﻫ‍‍ﻞ‍ ‍ﻳ‍‍ﺤ‍‍ﻞ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻌ‍‍ﺐ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﺴ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺼ‍‍ﻐ‍‍ﺎ‍ﺭ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﻲ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺗ‍‍ﻨ‍‍ﻔ‍‍ﻊ‍ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺗ‍‍ﻘ‍‍ﺘ‍‍ﻞ‍ ‍ﺻ‍‍ﻴ‍‍ﺪ‍ﺍ ‍ﺑ‍‍ﻞ‍ ‍ﺃ‍ﻋ‍‍ﺪ‍ﺕ‍ ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻌ‍‍ﺐ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﻔ‍‍ﺎ‍ﺭ ‍ﻭ‍ﺃ‍ﻛ‍‍ﻞ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﺜ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻄ‍‍ﺒ‍‍ﻮ‍ﺥ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﻜ‍‍ﺮ ‍ﻭ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﺱ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺼ‍‍ﺒ‍‍ﻴ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺜ‍‍ﻴ‍‍ﺎ‍ﺏ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻠ‍‍ﻮ‍ﻧ‍‍ﺔ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺼ‍‍ﻔ‍‍ﺮ‍ﺓ ‍ﺗ‍‍ﺒ‍‍ﻌ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﺎ‍ﻋ‍‍ﺘ‍‍ﻨ‍‍ﺎﺀ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﻔ‍‍ﺮ‍ﺓ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﺬ‍ﻩ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺑ‍‍ﻌ‍‍ﺾ‍ ‍ﺃ‍ﻋ‍‍ﻴ‍‍ﺎ‍ﺩ‍ﻫ‍‍ﻢ‍ ‍ﻭ‍ﺇ‍ﻋ‍‍ﻄ‍‍ﺎﺀ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺛ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﺏ‍ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺼ‍‍ﺮ‍ﻭ‍ﻑ‍ ‍ﻟ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﺗ‍‍ﻌ‍‍ﻠ‍‍ﻖ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻛ‍‍ﻮ‍ﻥ‍ ‍ﺃ‍ﺣ‍‍ﺪ‍ﻫ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﺟ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﺍ ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﺂ‍ﺧ‍‍ﺮ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻗ‍‍ﺒ‍‍ﻴ‍‍ﻞ‍ ‍ﺗ‍‍ﻌ‍‍ﻈ‍‍ﻴ‍‍ﻢ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻭ‍ﺯ ‍ﻭ‍ﻧ‍‍ﺤ‍‍ﻮ‍ﻩ‍ ‍ﻓ‍‍ﺈ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﻔ‍‍ﺮ‍ﺓ ‍ﺻ‍‍ﻐ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻫ‍‍ﻢ‍ ‍ﻭ‍ﻛ‍‍ﺒ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻫ‍‍ﻢ‍ ‍ﻭ‍ﺿ‍‍ﻌ‍‍ﻴ‍‍ﻔ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﻭ‍ﺭ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻌ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﺣ‍‍ﺘ‍‍ﻰ ‍ﻣ‍‍ﻠ‍‍ﻮ‍ﻛ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻌ‍‍ﺘ‍‍ﻨ‍‍ﻮ‍ﻥ‍ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﺬ‍ﻩ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﺴ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺼ‍‍ﻐ‍‍ﺎ‍ﺭ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻌ‍‍ﺐ‍ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻭ‍ﺑ‍‍ﺄ‍ﻛ‍‍ﻞ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﺜ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻄ‍‍ﺒ‍‍ﻮ‍ﺥ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﻜ‍‍ﺮ ‍ﺍ‍ﻋ‍‍ﺘ‍‍ﻨ‍‍ﺎﺀ ‍ﻛ‍‍ﺜ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﺍ ‍ﻭ‍ﻛ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﺑ‍‍ﺈ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﺱ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺼ‍‍ﺒ‍‍ﻴ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺜ‍‍ﻴ‍‍ﺎ‍ﺏ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺼ‍‍ﻔ‍‍ﺮ‍ﺓ ‍ﻭ‍ﺇ‍ﻋ‍‍ﻄ‍‍ﺎﺀ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺛ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﺏ‍ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺼ‍‍ﺮ‍ﻭ‍ﻑ‍ ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻦ‍ ‍ﻳ‍‍ﺘ‍‍ﻌ‍‍ﻠ‍‍ﻖ‍ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﻴ‍‍ﺲ‍ ‍ﻟ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻴ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﻋ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﺩ‍ﺓ ‍ﺻ‍‍ﻨ‍‍ﻢ‍ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻩ‍ ‍ﻭ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﻤ‍‍ﺮ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺳ‍‍ﻌ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺬ‍ﺍ‍ﺑ‍‍ﺢ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺑ‍‍ﺮ‍ﺝ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺳ‍‍ﺪ ‍ﻭ‍ﺟ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻋ‍‍ﺔ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﻠ‍‍ﻤ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﺭ‍ﺃ‍ﻭ‍ﺍ ‍ﺃ‍ﻓ‍‍ﻌ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻔ‍‍ﻌ‍‍ﻠ‍‍ﻮ‍ﻥ‍ ‍ﻣ‍‍ﺜ‍‍ﻠ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﻓ‍‍ﻬ‍‍ﻞ‍ ‍ﻳ‍‍ﻜ‍‍ﻔ‍‍ﺮ, ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻳ‍‍ﺄ‍ﺛ‍‍ﻢ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﻠ‍‍ﻢ‍ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﻋ‍‍ﻤ‍‍ﻞ‍ ‍ﻣ‍‍ﺜ‍‍ﻞ‍ ‍ﻋ‍‍ﻤ‍‍ﻠ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺍ‍ﻋ‍‍ﺘ‍‍ﻘ‍‍ﺎ‍ﺩ ‍ﺗ‍‍ﻌ‍‍ﻈ‍‍ﻴ‍‍ﻢ‍ ‍ﻋ‍‍ﻴ‍‍ﺪ‍ﻫ‍‍ﻢ‍ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺍ‍ﻓ‍‍ﺘ‍‍ﺪ‍ﺍﺀ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻟ‍‍ﺎ?

(‍ﻓ‍‍ﺄ‍ﺟ‍‍ﺎ‍ﺏ‍) ‍ﻧ‍‍ﻔ‍‍ﻊ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﺗ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﻙ‍ ‍ﻭ‍ﺗ‍‍ﻌ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻰ ‍ﺑ‍‍ﻌ‍‍ﻠ‍‍ﻮ‍ﻣ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﻠ‍‍ﻤ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﺑ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻟ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻛ‍‍ﻔ‍‍ﺮ ‍ﺑ‍‍ﻔ‍‍ﻌ‍‍ﻞ‍ ‍ﺷ‍‍ﻲ‍ﺀ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﻓ‍‍ﻘ‍‍ﺪ ‍ﺻ‍‍ﺮ‍ﺡ‍ ‍ﺃ‍ﺻ‍‍ﺤ‍‍ﺎ‍ﺑ‍‍ﻨ‍‍ﺎ ‍ﺑ‍‍ﺄ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﻮ ‍ﺷ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺰ‍ﻧ‍‍ﺎ‍ﺭ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﻭ‍ﺳ‍‍ﻄ‍‍ﻪ‍, ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻭ‍ﺿ‍‍ﻊ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺭ‍ﺃ‍ﺳ‍‍ﻪ‍ ‍ﻗ‍‍ﻠ‍‍ﻨ‍‍ﺴ‍‍ﻮ‍ﺓ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺱ‍ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻜ‍‍ﻔ‍‍ﺮ ‍ﺑ‍‍ﻤ‍‍ﺠ‍‍ﺮ‍ﺩ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﺍ‍ﻩ‍.
‍ﻓ‍‍ﻌ‍‍ﺪ‍ﻡ‍ ‍ﻛ‍‍ﻔ‍‍ﺮ‍ﻩ‍ ‍ﺑ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺆ‍ﺍ‍ﻝ‍ ‍ﺃ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﻰ ﻭ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﻇ‍‍ﺎ‍ﻫ‍‍ﺮ
fokus-->
‍ﺑ‍‍ﻞ‍ ‍ﻓ‍‍ﻌ‍‍ﻞ‍ ‍ﺷ‍‍ﻴ‍‍ﺌ‍‍ﺎ ‍ﻣ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﺫ‍ﻛ‍‍ﺮ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺤ‍‍ﺮ‍ﻡ‍ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﻗ‍‍ﺼ‍‍ﺪ ‍ﺑ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﺸ‍‍ﺒ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﻔ‍‍ﺎ‍ﺭ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺣ‍‍ﻴ‍‍ﺚ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﻔ‍‍ﺮ ‍ﻭ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﻛ‍‍ﻔ‍‍ﺮ‍ﺍ ‍ﻗ‍‍ﻄ‍‍ﻌ‍‍ﺎ ‍ﻓ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺤ‍‍ﺎ‍ﺻ‍‍ﻞ‍ ‍ﺃ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻓ‍‍ﻌ‍‍ﻞ‍ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﺑ‍‍ﻘ‍‍ﺼ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﺸ‍‍ﺒ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺷ‍‍ﻌ‍‍ﺎ‍ﺭ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﻔ‍‍ﺮ ‍ﻛ‍‍ﻔ‍‍ﺮ ‍ﻗ‍‍ﻄ‍‍ﻌ‍‍ﺎ, ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺷ‍‍ﻌ‍‍ﺎ‍ﺭ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻌ‍‍ﺒ‍‍ﺪ ‍ﻣ‍‍ﻊ‍ ‍ﻗ‍‍ﻄ‍‍ﻊ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﻈ‍‍ﺮ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﻔ‍‍ﺮ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻜ‍‍ﻔ‍‍ﺮ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﻳ‍‍ﺄ‍ﺛ‍‍ﻢ‍ ‍ﻭ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﺼ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﺸ‍‍ﺒ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﺃ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﺎ ‍ﻭ‍ﺭ‍ﺃ‍ﺳ‍‍ﺎ ‍ﻓ‍‍ﻠ‍‍ﺎ ‍ﺷ‍‍ﻲ‍ﺀ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Kiswah - CKW ◁◁

0 Response to "157. TASABUH & BATASAN BATASANNYA"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP