24. HUKUM MENULIS AL-QURAN DENGAN LATIN ( SELAIN ARAB)


PERTANYAAN :

Jack Shona Al Chilmi > ‎CAFFEBI DALWA

pas banget ada titipa pas ada contohnya, pripun hukumnya menulis alquran dengan huruf latin seperti dibawah ini ⇩
tak ampil disik ya mbah ‪‎jabal‬ thoha

JAWAB :

■▷ Kang Hafaz Al-Asadi

Nyumbang Dikit


اعانة الطالبين/خ الاول/ص ٦٧-٦٨

ويحرم كتابته بالعجمية ورايت فى فتاوى العلامة ابن حجر انه سئل هل يحرم كتابة القران الكريم بالعجمية كقراءته فاجاب رحمه الله بقوله قضية ما فى المجموع عن الاصحا ب التحريم .

Dan diharamkan menulis Al-Qur’an dengan ajami(huruf selain hijaiyah). Saya pernah menemukan dalam kitab fatawi Ibnu Hajar, bahwa ia pernah ditanyakan tentang menulis Al-Qur’an dengan ajamiyah. Apakah hal tersebut termasuk hal yang di haramkan ? Beliau menjawab, bahwa Imam Nawawi dalam Majmuknya menyimpulkan tentang keharamannya sesuai pendapat As-habussyafi’iyah.

[ I’anatut Thalibin/juz 1/hal 67-68 ].

▷▷ YANG MEMBOLEHKAN


فى البجيرمي على الخطيب 1/329 مانصه : ويجوز كتابة القرآن بغير العربية بخلاف قراءته بغير العربية فيمتنع الى أن قال وفائدة كتابته بغير العربية مع حرمة القراءة بها أنه قد يحسنها من يقرأه بالعربية ويحرم مسه وحمله. وفى الجمل على المنهج 1/76 مانصه : وتجوز كتابته لاقراءته بغير العربية وللمكتوب حكم المصحف فى الحمل والمس.

Dalam kitab al bujairimi karangan al khotib jilid 1 hal 329 : dan boleh menulis al qur'an dengan huruf selain arab ,lain halnya dengan membaca al qur'an dengan bahasa selain arab maka dilarang.......dan faidah: menulis dengan bahasa selain arab dengan menjaga kehormatan al qur'an adalah sama baiknya dgn membaca al qur'an dengan bahasa arab maka haram juga menyentuh dan membawanya[tanpa wudhu]

Dan dalam kitab jamal alal manhaj juz I hal 76 : dan boleh menulis al qur'an dngan bahasa selain arab, tapi tidak boleh dalam hal membacanya dan untuk kitab yang ditulis itu sama hukumnya dengan mushhaf dalam hal menyentuhnya dan membawanya[haram menyentuh dan mambawanya tanpa wudhu
____________

■▷ Abdul Wahib

hasil copas Imam syihab ar romli di tanya apakah haram menulis mushaf al qur'an yang mulia dengan bahasa hindiy atau selainya maka beliau menjawab:sesungguhnya hal itu tidak di haramkan karena hal itu menunjukan terhadap lafad yang di tulis dan di situ tidak ada sesuatu yang berubah,berbeda dengan terjemahselain bahsa arab yang di dalamnya ada sesuaatu yang berubah.dan pada ibarot al itqon milik imam suyuthi apakah di haramkan menulis al qur'an dengan bahsa selain bahasa arab imam zarkasyi menjawab:aku tidak melihat/menemukan pendapat satupun dari ulama dan pendapatnya imam zarkasyi memuat hukum di perbolehkan karena hal itu untuk membabusi orang yang membacanya.dan qoul yang aqrob yaitu di larang.namun yang mu'tamad adalah pendapat yang pertama.ibarot qulyubi boleh menulis al qur'an selain bahasa arab namun tidak membacanya, dan sesuatu yang ditulis dihukumi mushaf dalam hal membawanya dan menyentuhnya.

( ﻓَﺎﺋِﺪَﺓٌ ) ﺳُﺌِﻞَ ﺍﻟﺸِّﻬَﺎﺏُ ﺍﻟﺮَّﻣْﻠِﻲُّ ﻫَﻞْ ﺗَﺤْﺮُﻡُ ﻛِﺘَﺎﺑَﺔُ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﺍﻟْﻌَﺰِﻳﺰِ ﺑِﺎﻟْﻘَﻠَﻢِ ﺍﻟْﻬِﻨْﺪِﻱِّ , ﺃَﻭْ ﻏَﻴْﺮِﻩِ ﻓَﺄَﺟَﺎﺏَ ﺑِﺄَﻧَّﻪُ ﻟَﺎ ﻳَﺤْﺮُﻡُ ﻟِﺄَﻧَّﻬَﺎ ﺩَﺍﻟَّﺔٌ ﻋَﻠَﻰ ﻟَﻔْﻈِﻪِ ﺍﻟْﻌَﺰِﻳﺰِ ﻭَﻟَﻴْﺲَ ﻓِﻴﻬَﺎ ﺗَﻐْﻴِﻴﺮٌ ﻟَﻪُ ﺑِﺨِﻠَﺎﻑِ ﺗَﺮْﺟَﻤَﺘِﻪِ ﺑِﻐَﻴْﺮِ ﺍﻟْﻌَﺮَﺑِﻴَّﺔِ ﻟِﺄَﻥَّ ﻓِﻴﻬَﺎ ﺗَﻐْﻴِﻴﺮًﺍ . ﻭَﻋِﺒَﺎﺭَﺓُ ﺍﻟْﺈِﺗْﻘَﺎﻥِ ﻟِﻠﺴُّﻴُﻮﻃِﻲِّ ﻫَﻞْ ﻳَﺤْﺮُﻡُ ﻛِﺘَﺎﺑَﺘُﻪُ ﺑِﻘَﻠَﻢٍ ﻏَﻴْﺮِ ﺍﻟْﻌَﺮَﺑِﻲِّ ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﺰَّﺭْﻛَﺸِﻲُّ ﻟَﻢْ ﺃَﺭَ ﻓِﻴﻪِ ﻛَﻠَﺎﻣًﺎ ﻟِﺄَﺣَﺪٍ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﻌُﻠَﻤَﺎﺀِ ﻭَﻳَﺤْﺘَﻤِﻞُ ﺍﻟْﺠَﻮَﺍﺯَ ; ﻟِﺄَﻧَّﻪُ ﻗَﺪْ ﻳُﺤْﺴِﻨُﻪُ ﻣَﻦْ ﻳَﻘْﺮَﺅُﻩُ , ﻭَﺍﻟْﺄَﻗْﺮَﺏُ ﺍﻟْﻤَﻨْﻊُ ﺍﻧْﺘَﻬَﺖْ , ﻭَﺍﻟْﻤُﻌْﺘَﻤَﺪُ ﺍﻟْﺄَﻭَّﻝُ ﺍ ﻫـ ﺑِﺮْﻣَﺎﻭِﻱٌّ . ﻭَﻋِﺒَﺎﺭَﺓُ ﻕ ﻝ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤَﺤَﻠِّﻲِّ ﻭَﺗَﺠُﻮﺯُ ﻛِﺘَﺎﺑَﺘُﻪُ ﻟَﺎ ﻗِﺮَﺍﺀَﺗُﻪُ ﺑِﻐَﻴْﺮِ ﺍﻟْﻌَﺮَﺑِﻴَّﺔِ ﻭَﻟِﻠْﻤَﻜْﺘُﻮﺏِ ﺣُﻜْﻢُ ﺍﻟْﻤُﺼْﺤَﻒِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﻤْﻞِ , ﻭَﺍﻟْﻤَﺲِّ ﺍﻧْﺘَﻬَﺖْ .

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Dalwa ◁◁

0 Response to "24. HUKUM MENULIS AL-QURAN DENGAN LATIN ( SELAIN ARAB)"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP