333. MEMEGANG KELAMIN YANG TERPOTONG APAKAH MEMBATALKAN WUDHU ?
PERTANYAAN :
╰•⇨ Thowaf Moch > CAFFEBY KISWAH
Bismillah..
Rodo vulgar sitik tpi insya Alloh manfaat
Anggap sja namanya Paijo. Dia berkebangsaan Turkey (yg rawan konflik itu loh). Suatu hari ketika Paijo hendak ke mesjid untuk melaksanakan sholat isya, tentunya sebelum masuk mesjid Ia berwudhu' terlebih dahulu. Setelah berwudhu' dia bergegas menuju mesjid, lah kok tak disangka benda aneh jatuh dari atas. Paijo - pun penasaran dan mengambilnya. Setelah dicek dg seksama dan hati - hati ternyata itu potongan kelamin (mungkin punya korban pengeboman di negeri sebelah)
Bathalkah wudhu' akhy Paijo?
JAWAB :
╰•⇨ Jack Shona Al Chilmi
kl itu masih disebut kelamin maka yo batal tp nek wes tercacah°° an tidak bisa disebut kelamin maka tidak batal... kl bentuk endase tadi masih ketok utuh alias tau itu kelamin yo batal... wong neng dukur iku paijo muni kelamin ngono lo... betarti yo iku jenenge kelamin... dadi batal...
وشمل إطلاقه الذكر المبان لصدق الاسم وأما فرج المرأة المبان فحكمه كذلك إن بقي الاسم وإلا فلا يؤخذ من ذلك أن الذكر لو قطع ودق حتى خرج عن كونه يسمى ذكرا أنه لا ينقض وهو كذلك
KOMPLITNYA :
Kalau sekira alat kelamin korban mutilasi tersebut masih layak disebut sebagai alat kelamin masih tetap membatalkan wudhu, lihat Syarh sulam attawfiiq hal. 21 :
وشمل إطلاقه الذكر المبان لصدق الاسم وأما فرج المرأة المبان فحكمه كذلك إن بقي الاسم وإلا فلا يؤخذ من ذلك أن الذكر لو قطع ودق حتى خرج عن كونه يسمى ذكرا أنه لا ينقض وهو كذلك
Kemutlakan penjabaran Mushannif (pengarang kitab-tentang batalnya menyentuh alat kelamin) mencakup pada dzakar (alat kelamin jantan) yang terputus (juga dihukumi membatalkan wudhu) bila masih layak disebut dzakar, sehingga dapat disimpulkan apabila ada dzakar terputus dan tercacah hingga tidak layak untuk disebut dzakar maka tidak membatalkan wudhu begitu juga dengan farji (alat kelamin wanita). [ Nihaayah alMuhtaaj I/119-120 ].
Kalau “wulu kempungnya” masih nempel pada pemiliknya ya aurat kang, tapi kalau sudah dikemas dalam plastik ya lain lagi, kecuali kalau njenengan masih deg-deg serr nglihatnya.
القاعدة الثامنة عشرة النادر هل يلحق بجنسه أوبنفسه ؟
فيه خلات و الترجيح مختالف في الفروع :
فمنها : مس الذكر المبان فيه و جهان أصحهما أنه ينقض ؟ لأنه يسمى ذكرا
و منها : لمس العضو المبان من المرأة فيه و جهان أصحهما عدم النقض لأنه لا يسمى امرأة و النقض منوط بلمس المرأة
و منها : النظر إلى العضو المبان من الأجنبية و فيه و جهان أصحهما : التحريم
KAIDAH YANG KE 18 : HAL YANG LANGKA APA DISAMAKAN DENGAN JENIS ASLINYA ?
Di dalamnya terdapat beberapa pengecualian yang pendapat ulama yang paling di unggulkan pun berbeda-beda dalam berbagai masalah bagian agama diantaranya :
1.Terdapat dua pendapat dalam masalah memegang dzakar yang terputus pendapat yang paling shahih membatalkan wudhu karena meskipun terputus masih dinamakan dzakar
2.Terdapat dua pendapat dalam masalah menyentuh anggauta tubuh wanita ajnabiyah (bukan mahram) yang terputus pendapat yang paling shahih tidak membatalkan wudhu karena batasan 'menyentuh' yang membatalkan bila yang di sentuh seorang wanita (sedang anggauta yang terputus bukan dinamakan wanita)
3.Terdapat dua pendapat dalam masalah melihat anggauta badan wanita ajnabiyah (bukan mahram) yang terputus pendapat yang paling shahih menghukumi haram sedang pendapat tandingannya adalah tidak haram karena tidak mungkin lagi terjadi fitnah. [ Asybah wa annadhooir I/330 ].
ثُمَّ يَنْبَغِي أَنَّهُ لَا يَنْتَقِضُ وُضُوءُهُ وَوُضُوءُ غَيْرِهِ بِمَسِّهِ وَإِنْ كَانَ ظَاهِرًا مَكْشُوفًا وَلَمْ تُحِلَّهُ الْحَيَاةُ ؛ لِأَنَّ الْعُضْوَ الْمُبَانَ لَا يَنْتَقِضُ الْوُضُوءُ بِمَسِّهِ إلَّا إذَا كَانَ مِنْ الْفَرْجِ وَأَطْلَقَ عَلَيْهِ اسْمَهُ
"Semestinya hukum menyentuh anggauta yang terputus tidak membatalkan wudhu baik yang menyentuh ataupun yang di sentuh meskipun jelas dan terbuka (tanpa penghalang) keculi bila yang di sentuh adalah farji (kelamin wanita) yang terputus dan masih layak disebut farji". [ Tuhfah alMuhtaaj VI/310 ].
فرع ما لا يجوز النظر إليه متصلا كالذكر وساعد الحرة وشعر رأسها وشعر عانة الرجل وما أشبهها يحرم النظر إليه بعد الإنفصال على الأصح
وقيل لا وقال الإمام احتمالا لنفسه إن لم يتميز المبان من المرأة بصورته وشكله عما للرجل كالقلامة والشعر والجلدة لم يحرم وإن تميز حرم
FAR'UN (cabang bahasan). Menurut pendapat yang lebih shahih perkara yang tidak diperbolehkan melihatnya saat masih gandeng tidak boleh pula melihatnya saat terpisah seperti dzakar, kepala wanita, rambutnya, bulu kemaluan laki-laki dsb. Menurut pendapat lain tidak masalah. Menurut pendapat Imam 'bila anggauta terputus tersebut tidak dapat lagi terbedakan bentuknya antara anggauta pria dan wanita tidak haram bila masih dapat di bedakan haram. [ Roudhotut Thoolibiin VII/26 ].
وَإِنْ أَبَيْنَ ) أَيْ إنْ عَلِمَ أَنَّهُ مِنْ أَجْنَبِيَّةٍ فَإِنْ جَهِلَ جَازَ سم عَلَى الْمَنْهَجِ
Dan haram melihat aurat wanita (meskipun sudah terputus) dalam arti bila masih diketahui anggauta tersebut dari seorang wanita lain (bukan mahram) bila sudah tidak dapat diketahui maka boleh. [ Syarh bahjah XIV/179 ].
Anggota badan aurot yang terpotong, Termasuk aurot yang haram dilihat.
وتطلق ( العورة ) شرعا ما يحرم نظره وهو جميع بدن المرأة ولو أمة وإن انفصل كشعرها المبان فان ذلك يحرم نظره على الرجال وجميع بدن الرجل فانه يحرم نظره على النساء ويذكرون هذا في النكاح، وعلى .ما يجب ستره في الصلاة.بشرى الكريم 1/92
Dalam bab Nikah Aurat adalah sesuatu yang haram dilihat. Aurat perempuan adalah semua badan sekalipun terpisah dari tubuhnya seperti rambut wanita yang di potong, maka haram di lihat oleh orang laki-laki, dan Aurat orang laki-laki adalah semua badan, sehingga kalau ada bagian tubuh orang laki-laki terpisah maka haram dilihat oleh wanita. Sedangkan yang dimaksud Aurat dalam shalat adalah sesuatu yang wajib ditutupi. [ Busyral Karim 1/92 ]. Wallohu a'lam. [Masaji Antoro, A Nafik Halim].
Juga beberapa ibarah lain :
- Iqnaa Li assyarbiiny I/63 :
ولا ينقض العضو المبان غير الفرج ولو قطعت المرأة نصفين هل ينقض كل منهما أو لا وجهان والأقرب عدم الانتقاض قال الناشري ولو كان أحد الجزأين أعظم نقض دون غيره انتهى
- Syarh alkabiir II/31 :
وان كان الملموس عضوامبانا منها ففيه وجهان أحدهما أنه كالمتصل الا ترى ان مس الذكر المقطوع كمس الذكر المتصل على الصحيح واصحهما انه لا ينتقض لان اللمس حدث لظاهر الآية وفهم من جهة المعني اعتبار الوقوع في مظنة الشهوة وان لم يعتبر نفس الشهوة ولمس المبان ليس في مظنة الشهوة ولايقال لمن لمسه لمس امرأة بخلاف من مس الذكر المبان فانه قد مس الذكر وان لمس
- Tuhfah alMuhtaaj II/107 :
( قَوْلُهُ : الْمُتَّصِلَةِ ) خَرَجَ بِهِ الْمُنْفَصِلَةُ فَلَا نَقْضَ بِمَسِّهَا صَرَّحَ بِهِ شَرْحُ بَافَضْلٍ وَالْمُغْنِي عِبَارَةُ الثَّانِي وَمَسُّ بَعْضِ الذَّكَرِ الْمُبَانِ كَمَسِّ كُلِّهِ إلَّا مَا قُطِعَ فِي الْخِتَانِ إذْ لَا يَقَعُ عَلَيْهِ اسْمُ الذَّكَرِ قَالَهُ الْمَاوَرْدِيُّ وَأَمَّا قُبُلُ الْمَرْأَةِ وَالدُّبُرِ فَالْمُتَّجِهُ أَنَّهُ إنْ بَقِيَ اسْمُهُمَا بَعْدَ قَطْعِهِمَا نَقَضَ مَسُّهُمَا وَإِلَّا فَلَا ؛ لِأَنَّ الْحُكْمَ مَنُوطٌ بِالِاسْمِ وَيُؤْخَذُ مِنْ ذَلِكَ أَنَّ الذَّكَرَ لَوْ قُطِعَ وَدُقَّ حَتَّى
صَارَ لَا يُسَمَّى ذَكَرًا وَلَا بَعْضُهُ أَنَّهُ لَا يَنْقُضُ ، وَهُوَ كَذَلِكَ ا هـ .
- Hasyiyah bujairomi ala alkhootib II/213 :
الْحَاصِلُ : أَنَّ اللَّمْسَ يُفَارِقُ الْمَسَّ فِي أُمُورٍ سِتَّةٍ : أَحَدُهَا : أَنَّ اللَّمْسَ لَا يَخْتَصُّ بِعُضْوٍ بِخِلَافِ الْمَسِّ فَإِنَّهُ يَخْتَصُّ بِبَطْنِ الْكَفِّ .
ثَانِيهَا : أَنَّهُ لَا بُدَّ فِي اللَّمْسِ مِنْ اخْتِلَافِ الْجِنْسِ بِخِلَافِ الْمَسِّ يَحْصُلُ بِمَسِّ فَرْجِ نَفْسِهِ .
ثَالِثُهَا : أَنَّ الْفَرْجَ الْمُبَانَ يَنْقُضُ مَسُّهُ بِخِلَافِ الْعُضْوِ الْمُبَانِ .
رَابِعُهَا : أَنْ يَنْتَقِضُ وُضُوءُ اللَّامِسِ وَالْمَلْمُوسِ ، بِخِلَافِ الْمَسِّ فَإِنَّهُ إنَّمَا يَنْتَقِضُ وُضُوءُ الْمَاسِّ .
خَامِسُهَا : أَنَّهُ يَنْتَقِضُ بِمَسِّ فَرْجِ الْمَحْرَمِ وَلَا يَنْتَقِضُ بِلَمْسِهَا .
سَادِسُهَا : اشْتِرَاطُ الْكِبَرِ فِي اللَّمْسِ دُونَ الْمَسِّ .
- Hasyiyah bujairomi ala alkhootib II/228 :
وَيَنْقُضُ بَعْضُ الذَّكَرِ الْمُبَانِ كَمَسِّ كُلِّهِ إلَّا مَا قُطِعَ فِي الْخِتَانِ ، إذْ لَا يَقَعُ عَلَيْهِ اسْمُ الذَّكَرِ قَالَهُ الْمَاوَرْدِيُّ ، وَأَمَّا قُبُلُ الْمَرْأَةِ وَالدُّبُرُ ، فَالْمُتَّجَهُ أَنَّهُ إنْ بَقِيَ اسْمُهُمَا بَعْدَ قَطْعِهِمَا نَقَضَ مَسُّهُمَا ، وَإِلَّا فَلَا
- Hasyiyah bujairomi I/43 :
السادسة لمس العضو المبان من المرأة لا ينقض أي إذا كان غير الفرج ومس الذكر المبان ناقض ا هـ أطفيحي
قوله ( ظاهر الجلد ) تقدم عن الأنوار أن البشرة هنا ما عدا السن والشعر والظفر أي من الظاهر ولو نزع جلده وحشى فواضح عدم النقض به ح ل
- Hasyiyah ‘amiirih III/213 :
( ومتى حرم النظر حرم المس ) يستثنى منه طردا وعكسا فالأول العضو المبان يحرم نظره دون مسه
http://www.piss-ktb.com/2012/03/093-thoharoh-aurot-yang-terpotong.html?m=1
☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
☆▷▷ Kalau Belum Jelas, Ada Yang Ditanyakan Atau Koreksi Kesalahan Langsung Menuju Tempat Ngopi & Cakruan Kami, Cukup Klik Disini ◁◁☆
0 Response to "333. MEMEGANG KELAMIN YANG TERPOTONG APAKAH MEMBATALKAN WUDHU ?"
Post a Comment
Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang
⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧
⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩