291. HUKUM SPERMA / MANI DAN MENELANNYA


Oleh : ╰•⇨Abdul Qohhar >> Diskusi Santri 


 Hukum sperma manusia: khilaf imam-imam madzhab

1. Madzhab Imam Syafi’I: hukum sperma itu ada 3 macam:

a.      Sperma Suci: bila kepala dzakar atau farji yang menjadi saluran keluar itu suci,  karena mani itu asal penciptaan dari manusia,. Baik itu mani seorang laki-laki atau perempuan, orang yang masih hidup atau sudah meninggal dunia, muslim atau orang kafir dari setiap orang yang berkemungkinan keluar sperma.
A.          Hukum menelan: khilaf ulama’ (Kitab Majmu’):
1)          Pendapat sohih masyhur: haram karena menjijikkan (mustakhbats/khobaits).
2)          Pendapat sangat dloif: halal karena suci yang tidak membayakan. Ini pendapat Syaikh Abu Zaid Al-Marwazi.
B.         Sunah membasuh sperma yang suci : karena berdasarkan hadits shohih dan keluar dari khilaf ulama’.

b.      Sperma Mutanajjis: bila kepala dzakar atau farji yang menjadi saluran keluar itu mutanajjis seperti habis istinjak dengan batu (peper) atau didahului keluar madzi maka:
A.  Maninya mutanajjis.
B.  Haram jima’, namun kenajisan madzi dima’fu bagi seseorang yang terkena cobaan dengannya dalam hal jima’.
C.  Wajib membasuh dan haram menelan sperma yang mutanajiis.

c.       Sperma najis: sperma seorang yang belum mungkin mencapai baligh semisal anak di bawah umur 9 tahun karena cairan yang keluar itu bukan mani walaupun mengandung tanda-tanda kusus sperma.

2.    Madzhab Imam Ahmad: sperma suci

3.    Madzhab Imam Abu Hanifah: sperma najis dan wajib membasuhnya bila basah namun bila kering wajib menggosok/mengeroknya.

4.    Madzhab Imam Malik: sperma najis dan wajib membasuhnya dalam kondisi basah atau kering.

 Sperma binatang  menurut madzhab Imam Syafi’i:

1.    Suci: sperma semua binatang yang suci karena menjadi asal usul binatang yang suci tersebut.

2.    Najis: sperma binatang yang najis seperti anjing, babi dan hewan lahir dari salah satu keduanya.

(REFERENSI KITAB IANATUT THOLIBIN DAN Al-MAJMU’).

إعانة الطالبين - (ج 1 / ص 85) ( قوله أما المني فطاهر ) الأولى والمني طاهر بحذف أما والفاء لعدم ذكر المقابل  والمجمل وهو طاهر من كل حيوان ما عدا الكلب والخنزير والمتولد منهما أما مني الآدمي فلحديث عائشة رضي الله عنها أنها كانت تحك المني من ثوب رسول الله صلى الله عليه وسلم ثم يصلي فيه  وأما مني غيره فلأنه أصل حيوان طاهر فأشبه مني الأدمي  ومحل طهارة المني  إن كان رأس الذكر والفرج الذي خرج منه المني طاهرا وإلا كان متنجسا وحرم الجماع كالمستنجي بالحجر إذا خرج منه مني فإنه يكون متنجسا وكما إذا خرج منه مذي كما هو الغالب من سبقه للمني فإنه يتنجس به  نعم يعفى عمن ابتلي به بالنسبة للجماع كما صرح به البجيرمي في باب النجاسة  ( قوله خلافا للمالك ) عبارة البجيرمي وقال الإمام أبو حنيفة ومالك بنجاسة المني من الآدمي  وقال الشافعي وأحمد إنه طاهر  زاد الشافعي وكذا مني كل حيوان طاهر  وأما حكم التنزه عنه فيجب غسله عند مالك رطبا ويابسا وعند أبي حنيفة يغسل رطبا ويفرك يابسا كما ورد  اه
المجموع شرح المهذب - (ج 2 / ص 556)(فرع) هل يحل اكل المنى الطاهر فيه وجهان الصحيح المشهور أنه لا يحل لانه مستخبث قال الله تعالي (ويحرم عليهم الخبائث) والثانى يجوز وهو قول الشيخ أبي زيد المروزى لانه طاهر لا ضرر فيه

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆

☆▷▷ Kalau Belum Jelas, Ada Yang Ditanyakan Atau Koreksi Kesalahan Langsung Menuju Tempat Ngopi & Cakruan Kami, Cukup Klik Disini ◁◁☆

0 Response to "291. HUKUM SPERMA / MANI DAN MENELANNYA"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP