118. MASALAH WIRO'I & ZUHUD
PERTANYAAN :
Mohamed Elhafidz > CAFFEBI DALWA
ما الفرق بين الزهد و الوراع ؟؟؟
JAWAB :
البيهقي
Wara' meninggalkan perkara syubhat (tidak jelas halal haramnya). menurut Ibrahim ibn Adham tidak cukup itu melainkan juga musti meninggalkan perkara yang tidak ada gunanya.
Abu Bakar ra berkata: aku meninggalkan 70 pintu kehalalan, karena aku takut jatuh pada 1 pintu keharaman.
Sulaiman Ad-Darani berkata: wara' itu merupakan awal zuhud seperti halnya qana'ah yang merupakan sisi dr ridho.
al-Athor pernah berkata: Suatu saat aku melintasi Bashrah di sebagian jalan besar, kemudian aku melihat para syaikh sedang duduk, dan para anak kecil bermain-main. Lalu aku bertanya pada anak kecil itu: "Apakah kalian tidak malu dg para syaikh itu? Salah seorang dr anak kecil menjawab: "Para syaikh itu sedikit wara'nya maka sedikit pula haibahnya".
قال الأستاذ الإمام رضي الله عنه: أما الورع فإنه ترك الشبهات كذلك قال إبراهيم بن أدهم الورع ترك كل شهبة وترك مالا يعنيك هو ترك الفضلات وقال أبو بكر الصديق رضى الله عنه: كنا ندع سبعين بابا من الحلال مخافة أن نقع في باب من الحرام.
وقال أبو سليمان الداراني: الورع أول الزهد كما أن القناعة طرف من الرضا
وقال على العطار.
مررت بالبصرة في بعض الشوارع فإذا مشايخ قعود وصبيان يلعبون فقلت: أما تستحون من هؤلاء المشايخ؟ فقال صبي من بينهم: هؤلاء المشايخ قل ورعهم فقلت هيبتهم.
Zuhud diambil dr firman Allah (supaya mereka tidak putus asa atas apa yg telah hilang dr kalian dan mereka tidak bahagia atas apa yg datang pada kalian) Maka zuhud adalah tidak bahagia dg adanya dunia dan bersedih atas hilangnya duniawi.
Ulama' salaf berbeda pendapat dlm mengartikan zuhud.
→Sufyan al-Tsauri, Ahmad bin Hanbal wa Isa bin Yunus : Zuhud di dunia adl pendek angan²
→ Syaqiq al-Bulkhi, Yusuf a-Asbath percaya pada Allah, dan cinta kefakiran
→ Abdul Wahid : meninggalkan dinar dan dirham.
→ Sulaiman al-Darani: meninggalkan sesuatu yg menyibukkannya dr Allah.
→ Ahmad bin Hanbal: Zuhud ada tiga segi:
- zuhud orang awam: meninggalkan perkara haram.
- zuhud orang khowas: meninggalkan berlebihan dlm perkara halal.
- zuhud orang arif billah: meninggalkan sesuatu yg menyibukkan seorang hamba dr Allah.
الزهد من قوله سبحانه وتعالى: {لكيلا تأسوا على ما فاتكم ولا تفرحوا بما آتاكم}
[ الحديد: 23]
لا يفرح بموجود من الدنيا ولا يتأسف على مفقود منها.
وقد اختلف السلف في الزهد فقال سفيان الثوري وأحمد بن حنبل وعيسى بن يونس وغيرهم: الزهد في الدنيا إنما هو قصر الأمل، وهذا الذي قالوه يحمل على أنه من أمارات الزهد والأسباب الباعثة عليه والمعاني الموجبة له، وقال عبد الله بن المبارك: الزهد هو الثقة بالله تعالى مع حب الفقر وبه قال شقيق البلخي ويوسف بن أسباط، وهذا أيضا من أمارات الزهد فإنه لا يقوى العبد على الزهد إلا بالثقة بالله تعالى.
وقال عبد الواحد بن زيد: الزهد ترك الدينار والدرهم.
وقال أبو سليمان الداراني: الزهد ترك ما يشغل عن الله تعالى.
وقال أحمد بن حنبل: الزهد على ثلاثة أوجه ترك الحرام وهو زهد العوام والثاني ترك الفضول من الحلال وهو زهد الخواص والثالث ترك ما يشغل العبد عن الله تعالى وهو زهد العارفين.
(Sumber: Risalah al-Qusyairiyah)
Wallahu A'lam..
▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Kiswah - CKW ◁◁
0 Response to "118. MASALAH WIRO'I & ZUHUD"
Post a Comment
Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang
⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧
⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩