104. MASALAH SHOLAT JAMA'AH
PERTANYAAN :
◐▷ Win Ae Wes > CAFFEBI DALWA
pas adan ashar dikiro adan duhur, pas ketinggalan 1 roka'at,akhire ma'mume niat sholat duhur, padahal imam niat asar, sah pora Lek??
JAWAB :
▣▷ Ibnu Mathori
Untuk kasus di atas :
Fiqh Alaa madzaahib Al-Arba'ah I/664
ﻭﻻ ﻳﻀﺮ ﺍﺧﺘﻼﻑ ﻧﻴﺔ ﺍﻻﻣﺎﻡ ﻭﺍﻟﻤﺂﻣﻮﻡ ﻟﻌﺪﻡ ﻓﺨﺶ ﺍﻟﻤﺨﺎﻟﻔﺔ ﻓﻴﻬﻤﺎ . ﻓﻴﺼﺢ ﺍﻗﺘﺪﺍﺀ ﺍﻟﻤﻔﺘﺮﺽ ﺑﺎﻟﻤﺘﻨﻔﻞ ﻭﺍﻟﻤﺆﺩﻯ ﺑﺎﻟﻘﺎﺿﻰ ﻭﻓﻲ ﻃﺎﻭﻳﻠﺔ ﺑﻘﺼﻴﺮﺓ ﻛﻈﻬﺮﺑﺼﺒﺢ ﻭﺑﺎﻟﻌﻜﻮﺱ ﻟﻜﻨﻪ ﻣﻜﺮﻭﻩ ﻭﻣﻊ ﺫﻟﻚ ﺗﺤﺼﻞ ﻓﻀﻴﻠﺔ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻗﺎﻝ : ﺍﻟﺴﻮﻳﻘﻰ ﻭﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ ﻻﺗﻨﻘﻰ ﺍﻟﻔﻀﻴﻠﺔ .
Dan tidak bahaya perbedaan niatnya imam dan makmum dalam shalat berjamaah karena tidak adanya kenistaan ketidaksamaan didalamnya, karenanya sah makmumnya orang shalat fardhu pada imam yang shalat sunat, makmum shalat ada’ pada imam shalat qadha dan makmum shalat panjang seperti shalat dzuhur pada imam shalat pendek seperti shalat shubuh dan sebaliknya hanya saja hukumnya makruh namun masih didapatkan fadhilah berjamaah.
Berkata as-Suwayqy “Kemakruhan tersebut tidak dapat menafikan fadhilah jamaah” Hasyiyah al-Baajury I/205, as-Syarqowi juz I/322.
______________
▣▷ Yamaha Mio
Ngeten.... ibarote kang Ibnu Mathori niko pun sae...
Tp butuh penjelasan lebh lanjud qouluhunya,biar lebh dalam lag'i jelas..
اعانة الطالبين
(ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻋﻜﺴﻪ) ﻭﻫﻮ ﺻﺤﺔ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﺑﻨﻴﺔ ﺍﻟﺄﺩﺍﺀ, ﻛﺄﻥ ﻗﺎﻝ: ﺃﺻﻠﻲ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﺃﺩﺍﺀ, ﻇﺎﻧﺎ ﺑﻘﺎﺀ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﻓﺘﺒﻴﻦ ﺧﺮﻭﺟﻪ, ﻓﺘﺼﺢ ﺻﻠﺎﺗﻪ ﻭﺗﻘﻊ ﻗﻀﺎﺀ.
Ketika ada org jama'ah/shalat sendiri menduga bhwa wakt shalat masih di waktu zhuhur,kmudian ia niat shalat dzuruh,, dan ternyata wakt yg ia kerjakan sudah habis (khuruj/di wakt ashar) maka shalatnya sah dan menjadi qodo' dg Catatan ia tidak tahu kalau sudah keluar wkt nya dan sebab udzur sept adanya mendung dan jika tidak,maka tidak sah sholate alias batal. Karna di anggap Tala'ub fil ibadah (bermain2 dg ibadah)
اعانة الطالبين
ﻭﺍﻟﺎﺻﺢ ﺻﺤﺔ ﺍﻟﺎﺩﺍﺀ ﺑﻨﻴﺔ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ, ﻭﻋﻜﺴﻪ ﺇﻥ ﻋﺬﺭ ﺑﻨﺤﻮ ﻏﻴﻢ, ﻭﺇﻟﺎ ﺑﻄﻠﺖ ﻗﻄﻌﺎ ﻟﺘﻠﺎﻋﺒﻪ,
_____________
((ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﺇﻟﺎ ﺻﺢ ﺻﺤﺔ ﺍﻟﺄﺩﺍﺀ ﺑﻨﻴﺔ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ) ﻛﺄﻥ ﻗﺎﻝ: ﻧﻮﻳﺖ ﺃﺻﻠﻲ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﻗﻀﺎﺀ, ﻇﺎﻧﺎ ﺧﺮﻭﺝ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﻣﺜﻠﺎ ﻓﺘﺒﻴﻦ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﺑﻘﺎﺅﻩ, ﻓﺘﺼﺢ ﺻﻠﺎﺗﻪ ﻭﺗﻘﻊ ﺃﺩﺍﺀ.
→
(ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻋﻜﺴﻪ) ﻭﻫﻮ ﺻﺤﺔ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﺑﻨﻴﺔ ﺍﻟﺄﺩﺍﺀ, ﻛﺄﻥ ﻗﺎﻝ: ﺃﺻﻠﻲ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﺃﺩﺍﺀ, ﻇﺎﻧﺎ ﺑﻘﺎﺀ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﻓﺘﺒﻴﻦ ﺧﺮﻭﺟﻪ, ﻓﺘﺼﺢ ﺻﻠﺎﺗﻪ ﻭﺗﻘﻊ ﻗﻀﺎﺀ.
→
(ﻗﻮﻟﻪ: ﺇﻥ ﻋﺬﺭ ﺑﻨﺤﻮ ﻏﻴﻢ) ﻛﺄﻥ ﻇﻦ ﺧﺮﻭﺝ ﻭﻗﺘﻬﺎ ﻓﻨﻮﺍﻫﺎ ﻗﻀﺎﺀ ﻓﺘﺒﻴﻦ ﺑﻘﺎﺅﻩ, ﺃﻭ ﻇﻦ ﺑﻘﺎﺀﻩ ﻓﻨﻮﺍﻫﺎ ﺃﺩﺍﺀ ﻓﺘﺒﻴﻦ ﺧﺮﻭﺟﻪ, ﻓﻌﻠﻰ ﻛﻞ ﺗﺼﺢ ﺍﻟﺼﻠﺎﺓ.
ﻭﻣﺜﻠﻪ ﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻗﺼﺪ ﺍﻟﻤﻌﻨﻰ ﺍﻟﻠﻐﻮﻱ, ﺇﺫ ﻛﻞ ﻳﻄﻠﻖ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺂﺧﺮ ﻟﻐﺔ, ﺗﻘﻮﻝ: ﻗﻀﻴﺖ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﺃﺩﻳﺘﻪ, ﺑﻤﻌﻨﻰ ﻭﺍﺣﺪ.
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: * (ﻓﺈﺫﺍ ﻗﻀﻴﺘﻢ ﻣﻨﺎﺳﻜﻜﻢ) * ﺃﻱ ﺃﺩﻳﺘﻢ ﺇﻳﺎﻫﺎ.ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺤﻔﺔ: ﻭﺃﺧﺬ ﺍﻟﺒﺎﺭﺯﻱ ﻣﻦ ﻫﺬﺍ ﺃﻥ ﻣﻦ ﻣﻜﺚ ﺑﻤﺤﻞ ﻋﺸﺮﻳﻦ ﺳﻨﺔ ﻳﺼﻠﻲ ﺍﻟﺼﺒﺢ ﻟﻈﻨﻪ ﺩﺧﻮﻝ ﻭﻗﺘﻪ ﺛﻢ ﺑﺎﻥ ﺧﻄﺆﻩ, ﻟﻢ ﻳﻠﺰﻣﻪ ﺇﻟﺎ ﻗﻀﺎﺀ ﻭﺍﺣﺪﺓ, ﻟﺄﻥ ﺻﻠﺎﺓ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ ﺗﻘﻊ ﻋﻤﺎ ﻗﺒﻠﻪ ﺇﺫ ﻟﺎ ﻳﺸﺘﺮﻁ ﻧﻴﺔ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ.
(ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﺇﻟﺎ ﺑﻄﻠﺖ) ﺃﻱ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻌﺬﺭ ﺑﻤﺎ ﺫﻛﺮ.
ﺃﻱ ﻭﻟﻢ ﻳﻘﺼﺪ ﺍﻟﻤﻌﻨﻰ ﺍﻟﻠﻐﻮﻱ, ﺑﺄﻥ ﻧﻮﻯ ﺍﻟﺄﺩﺍﺀ ﻋﻦ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﻭﻋﻜﺴﻪ ﻋﺎﻣﺪﺍ ﻋﺎﻟﻤﺎ, ﻟﻢ ﺗﺼﺢ ﺻﻠﺎﺗﻪ ﻟﺘﻠﺎﻋﺒﻪ.
0 Response to "104. MASALAH SHOLAT JAMA'AH"
Post a Comment
Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang
⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧
⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩