NGAJI POSO : SIKSA QUBUR DAN NIKMAT QUBUR BAG 1



NGAJI POSO NGOLAH ROSO LAN JIWO
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔
Kajian   :   11 ( Sebelas )
Kitab     :   Hujjah Ahlussunah Wal Jama'ah
Bab       :   Siksa Qubur dan Nikmat Qubur ( bag 1 )

☆ SINAU BARENG PGP-CKW-DS ☆
=============================

Assalamu'alaikum.... monggo dilanjut sinaunya :

▷ Sekelompok orang dengan mengaku beragama Islam mengingkari adanya siksa dan nikmat kubur, dengan berbagai argumentasi yang mendukung keingkaran mereka. Dengan argumentasi tersebut justru menunjukkan kebodohan mereka terhadap agama Islam itu sendiri. Karena Al-Qur`an dan Hadis sebenarnya telah menyinggung adanya nikmat dan siksa kubur. Tiada seorang muslim pun yang berani mengingkari hal ini.

▶ Allah swt berfirman :

اَلنَّارُ يُعْرَضُوْنَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَ عَشِيًّا, وَ يَوْمَ تَقُوْمُ ُ السَّاعَةُ اَدْخِلُوْا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ (سورة المؤمنون : 46 )

Artinya: “Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Fir`aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras". (QS al-Mukmin, [40] : 46)

Ayat di atas memberitahukan kita bahwa Allah memperlihatkan neraka kepada Fir’aun dan kaumnya setiap pagi dan sore. Peristiwa ini bisa jadi terjadi di dunia, di alam kubur, atau mungkin di akhirat. Di dunia, hal ini pasti tidak mungkin tejadi. Jika terjadi di akhirat, ayat ini telah menjelaskan secara tegas tentang keadaan mereka di sana : “… dan pada hari terjadinya Kiamat.

(Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Fir`aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras" (QS Al-Mukminun : 46). Dengan demikian, peristiwanya tidak terjadi di akhirat. Jika tidak mungkin terjadi di dunia dan di akhirat, maka jelaslah, bahwa peristiwanya terjadi di alam kubur. Itulah nash Al-Qur`an tentang adanya nikmat dan siksa kubur.

▶ Selain nash Al-Qur’an diatas, tidak sedikit hadis Nabi yang menjelaskan adanya nikmat dan siksa kubur. Imam Bukhari, Muslim dan an-Nasai meriwayatkan, bahwa Rasulullah saw pernah keluar rumah (melewati makam) setelah matahari tenggelam, lantas mendengar suara (jeritan), lalu bersabda:
يَهُوْدُ تُعَذَّبُ فِيْ قَبْرِهَا

Artinya : “Orang Yahudi sedang disiksa didalam kuburnya”.
_____________________________________________

أنكر عذاب القبر و نعيمه اناس ينتسبون الى الإسلام و قد برهنوا بإنكارهم هذا على جهل فاحش بدينهم. فإن الكتاب و السنة ناطقان بما يكون فى القبر من نعيم و عذاب لا يجرؤ على انكاره مسلم. و إليك البيان :
قال ربنا عز و جل في كـتابه : النار يعرضون عليها غدوا و عشيا, و يوم تقوم  الساعة أدخلوا آل فرعون اشد العذاب.
 أفهمتنا هذه الأية أن فرعون و قومه يعرضون عليها غدوا و عشيا. و هذا العرض لا يخلو إما ان يكون فى الدنيا او فى القبر او فى الأخرة. أما فى الدنيا فلم يكن ذلك قطعا. و أما فى الأخرة فالأية تقول بصراحة تبـين  حالهم هناك:  "و يوم تقوم الساعة أدخلوا آل فرعون اشد العذاب" ,  إذن هذا العرض ليس فى الأخرة. و إذا انتفى ان يكون فى الدنيا و الأخرة تـعين ان يكون فى القبر . و هذا دليل الكتاب على ما نقول.
و أما السنة الصحيحة فورد منها شيئ كـثير يدل على ذلك المعنى. فقد روى الشيخان, البخاري و مسلم و النسائي, أن رسول الله صلى الله عليه و سلم خرج بعد ما غربت الشمس, فسمع صوتا, فقال : يهود تعذب في قبرها.
_____________________________________________

( Wallohua'lam )

SEMOGA BERMANFAAT

BERSAMBUNG

_________________________________________
_________L_I_K_E__&__S_H_A_R_E_________

#ayo_poso
#ayo_golek_roso_ojo_golek_rondo

___________

Nb. Kritik, saran, koreksi kesalahan lafadz dan makna sangat kami harapkan dan kami tunggu koreksinya.

0 Response to "NGAJI POSO : SIKSA QUBUR DAN NIKMAT QUBUR BAG 1"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP