NGAJI POSO : ZIAROH QUBUR BAG 2



NGAJI POSO NGOLAH ROSO LAN JIWO
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔
Kajian   :   10 ( Sepuluh )
Kitab     :   Hujjah Ahlussunah Wal Jama'ah
Bab       :   Ziaroh Qubur ( bag 2 )

☆ SINAU BARENG PGP-CKW-DS ☆
=============================

Assalamu'alaikum mbak lan mas jhooon... lanjut sinaune nggih...

▷ Hukum berziarah kubur bagi WANITA masih diperselisihkan para ulama’.

Sekelompok ulama memakruhkanya dengan status hukum makruh tahrim atau makruh tanzih, berdasarkan hadis dari Abu Hurairah ra

أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ   لَعَنَ زَوَّارَاتِ الْقُبُوْرِ (رواه أحمد و ابن ماجه و الترمذي).

Artinya : “Sesungguhnya Rasulullah SAW melaknat para wanita yang sering berziarah kubur.” (HR Ahmad, Ibnu Majah dan at-Tirmidzi).

Sementara sebagian besar ulama membolehkan kaum wanita berziarah kubur jika aman dari fitnah. Mereka mendasarkan pendapatnya pada beberapa hadis berikut :

▶ 1).   Hadis riwayat Muslim dari Aisyah ra.  Didalam hadis ini disebutkan pertanyaan ‘Aisyah ra kepada Rasulullah SAW : “Apa yang aku ucapkan sewaktu aku berziarah kubur?”. Jawab beliau : “Ucapkan Assalamu ‘alaikum ahlad-diyaril mukminin…”

▶ 2).   Hadis riwayat Bukhari yang menjelaskan bahwa Rasulullah saw pernah melewati seorang wanita yang menangis di samping kuburan anaknya. Lantas beliau bersabda kepadanya :

 اِتَّقِيْ وَ اصْبِرِيْ

“Bertakwalah kepada Allah dan bersabarlah”. Dan beliau sendiri tidak mengingkari ziarah yang dilakukan oleh wanita tersebut.

▶ 3). Hadis riwayat al-Hakim yang menjelaskan bahwa Fathimah ra menziarahi kuburan pamannya, Hamzah bin Abdul Muthalib setiap hari jum’at.

▶ 4).   Hadis riwayat Abdullah bin Abi Mulaikah ra menjelaskan,

أَنَّ عَائِشَةَ اَقْبَلَتْ ذَاتَ يَوْمٍ إِلَى الْمَقَابِرِ فَقُلْتُ لَهَا  : يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِيْنَ مِنْ أَيْنَ أَقْبَلْتِ , فَقَالَ  مِنْ قَبْرِ أَخِيْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ.   فَقُلْتُ لَهَا : أَلَيْسَ كَانَ يَنْهَى رَسُوْلُ اللَّهِ  عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ؟   قَالَتْ نَعَمْ  كَانَ نَهَى عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ ثُمَّ أَمَرَ بِزِيَارَتِهَا

Artinya, “’Aisyah ra pada suatu hari berjalan menuju ke lokasi pemakaman, lalu ditanya oleh Abdullah : “Wahai Ummul Mukminin! Dari mana engkau?”. “Dari kuburan saudara lelakiku, Abdurrahman” jawab Aisyah ra. Tanya Abdullah, “Bukankah Rasulullah saw telah melarang ziarah kubur?”. Jawab Aisyah, “Memang benar beliau pernah melarangnya. Namun beliau lalu memerintahkannya”.

⇨ Dari sini maka terjawablah larangan dari hadis Abu Hurairah di atas. Bahwa larangan tersebut terkait dengan ziarah yang dibarengi dengan fitnah, atau dibarengi dengan melakukan perbuatan haram seperti meratapi orang yang mati dan semisalnya, atau dikaitkan dengan seringnya kaum wanita berziarah, sebagaimana yang ditunjukkan oleh shighat mubalaghah “Zawwaaraat” pada hadis tersebut. Barangkali penyebab lain dari larangan ziarah bagi wanita adalah dikhawatirkan ia menyia-nyiakan kewajibannya kepada suami, melakukan tabarruj (bersolek), dan melakukan hal-hal negatif lainnya seperti berteriak-teriak, menangis sambil menjerit-jerit dan semisalnya. Jika dampak negatif tersebut sudah hilang dan aman, kaum wanita boleh berziarah kubur, karena mereka tentu butuh untuk dzikrul maut (ingat mati), seperti kaum lelaki juga. (Dipetik secara ringkas dari kitabGhautsul ‘Ibad, tulisan Mushthafa al-Hamami dan dari kitab Fatawi,  tulisan syaikh Hasanain Muhammad Makhluf).

Didalam kitab Fatawi tersebut dijelaskan, sudah menjadi kesepakatan di kalangan ulama, bahwa ziarah kubur bagi kaum lelaki adalah sunnah, setelah sebelumnya dilarang pada masa awal munculnya Islam.

▷ Sebagian ulama syafi’iyyah mengambil bunyi lahiriyah hadis “La’ana zawwaaraatil qubuur” sebagai dalil tentang keharaman dan makruh tahrim-nya kaum wanita berziarah kubur.

⇨ Kemudian dikomentari oleh imam An-Nawawi didalam kitab Al-Majmu’, bahwa pendapat ini syadz(aneh dan langka) dikalangan madzhab syafi’iyah. Yang jelas, jumhurul ulama’ memandangnya sebagai perbuatan yang diperbolehkan disertai makruh tanzih.  Imam Nawawi juga menukil dari penyusun kitab Al-Bahr dua pendapat dikalangan ulama syafi’iyyah :
1) hukumnya makruh,sebagaimana pendapat jumhurul ulama,
 2) hukumnya tidak makruh. Juga dijelaskan, bahwa tidak makruhnya wanita berziarah, menurut saya, merupakan pendapat yang lebih khas, jika aman dari fitnah.

Memang benar, bahwa ziarah kubur terkadang menimbulkan dampak negatif. Tidak sedikit orang yang pergi berziarah kuburan sambil melakukan perbuatan-perbuatan diluar tuntunan agama. Misalnya kaum lelaki dan wanita bercampur, baik di tengah perjalanan maupun di lokasi makam. Hal ini tentu tidak dibenarkan oleh akal dan hukum agama. Di lokasi makam, mereka makan-minum, tidur, bersolek (mejeng) dan melakukan perbuatan yang memalukan. Jika kondisinya seperti ini, maka ziarah kubur tidak dibolehkan, karena dapat mendatangkan fitnah atau dampak negatif, bukan semata-mata disebabkan bahwa ziarah kubur itu dilarang.

Perlu kami tegaskan kepada orang-orang yang anti dan melarang ziarah kubur, dan kami berharap supaya kalian membaca buku tulisan ini, agar kalian menyaksikan sendiri bahwa kalian sebenarnya berada di suatu jurang, sementara agama Islam berada di jurang yang lain. Jika kalian sudah mengetahui hal ini, kalian diharapkan membuang jauh-jauh sikap antipati seperti sikap anti ziarah, memandang sinis kepada orang yang membolehkan dan orang yang melakukannya, dan menjulukinya sebagai “Ahli Kubur” (penduduk kuburan). La haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim.

Sikap kalian tersebut menunjukkan kekerdilan dan ketololan kalian terhadap seluruh ajaranmadzhab dalam Islam, yang kesemuanya membolehkan berziarah kubur dan menjelaskan adab sopan santunnya bagi peziarah. Sekaligus menunjukkan kebodohan kalian terhadap sunnah Nabi(perilaku Nabi), karena beliau saw telah melakukan sendiri ziarah kubur dan mengajarkan kepada para sahabat tentang bagaimana tatacara berziarah, sebagaimana yang kalian ketahui dan diikuti oleh seluruh umat Islam sejak jaman sahabat sampai jaman sekarang. Kitab-kitab susunan para ulama, baik dari kalangan hanafiyah, malikiyyah, syafi’iyyah, hanabilah, maupun lainnya, terdapat penjelasan tentang bolehnya berziarah.. Demikian pula kitab-kitab hadis dipenuhi dengan penjelasan tentang kebolehan, anjuran dan tata cara ber-ziarah kubur. Siapa saja yang sudah mengetahui hal ini, lalu mengingkarinya, tidak ada daya bagi kami dalam hal ini selain menyerahkannya kepada Allah. Walloohu A’lam
_____________________________________________

و اختلف في زيارة النساء للقبور. فقال جماعة من اهل العلم بكـراهيتها كراهة تحريم او تنزيه, لحديث أبي هريرة, أن رسول الله صلى الله عليه و سلم لعن زوّارات القبور (رواه أحمد و ابن ماجه و الترمذي).
و ذهب الأكـثرون الى الجواز أذا أُمنت الفـتنة و استدلوا بما رواه مسلم عن عائشة, قالت : كيف أقول يا رسول الله إذا زرت القبور؟ قال : قولي السلام عليكم أهل الديار المؤمنين -  الحديث-. و بما أخرجه البخاري, أنّ  النـبيّ مـرّ بامرأة تبكي عند قبر صـبيّ لها, فقال : اتّقي الله و اصبري-  الحديث-. و لم ينكر عليها الزيارة. و بما رواه الحاكم , أنّ فاطمة كانت تزور قبر عمّها حمزة كل  جمعة. و بحديث عبد الله بن ابي مليكة, أنّ عائشة أقبلت ذات يوم الى المقابر, فقلت لها : يا أمّ المؤمنين, من أين أقبلتِ؟ فقالت : من قبر أخي عبد الرحمن. فقلت لها : أليس كان ينهى  رسول الله صلى الله عليه و سلم عن زيارة القبور؟. قالت : نعم, كان نهى عن زيارة القبور, ثمّ أمر بزيارتها.
و من هنا يعلم الجواب عن ابي هريرة و يجاب عنه ايضا بأنه محمول على الزيارة التي تقـترن بها فتنة او محرّم كالندب و نحوه, او بحمله على المكـثرات من الزيارة لما تقتضيه الصيغة (الزوّارات) من المبالغة, و لعلّ السبب ما يفضي ذلك من تضيـيع حقّ الزوج و التـبرّج و ما ينشأ عنه من الصياح و نحو ذلك. فإذا أمن ذلك , فلا بأس من زيارتهن لاحتياجهن الى تذكـر الموت كالرجال. اه. (منقولا باختصار و تصرّف عن غوث العباد لمصطفى الحمامي و فتاوي الشيخ حسنين محمد مخلوف)

و فى الفتاوى المذكورة, انعقد الإجماع على أن من السنة زيارة الرجال القبور بعد ان كان منهيّا عنها في صدر الإسلام الى ان قال : و قد أخذ بعض فقهاء الشافعية بظاهر هذا الحديث ( يـعنـي حديث لـعن زوّارات القبور ). فقالوا : إن زيارة النساء القبور حرام و مكروهة كراهة تحريم. و تعقّبه النووي فى الـمجموع بأنه قول شاذّ فى المذهب. و الذي قطع به الجمهور أنها جائزة مع الكراهة التـنزيهية. و نـقل عن صاحب البحر وجهين للشافعية : احدهما الكراهة كما قال الجمهور. و الأخر عدم الكراهة. و قال : انه الأخصّ عندي اذا أمـن الإفتـتان.
نعم, قد يكون هناك شيـئ من آفات زيارة القبور, و هو أن الناس يخرجون اليها في بعض الجهات بحالة تنافي الدين, فيختلط الرجال بالنساء فى الطرق و على المقابر اختلاطا لا يرضاه عقل و لا دين. و على المقابر يأكلون و يشربون و ينامون و يتـبرّزون و يفعلون ما يفعلون ما يستحي القلم عن تسطيره. فالزيارة التي هذا حالها لا تجوز لعارض, لا لأنها زيارات.
و بعد, فإنا نقول لأولـئك الذين يمنعون زيارة القبور : نرجوكم ان تقرؤوا هذا لـتروا بأنفسكم انكم في واد و دين الإسلام في واد أخر. و لعلكم اذا رأيتموه أقلعتم عما أنتم عليه من تحريم تلك الزيارة أشدّ التحريم و النظر الى من يجيزها او يفعلها بعـين الاحتقار و الإزدراء و تسميته قبوريّا, فلا حول و لا قوة الا بالله العلي العظيم.

فما أشد جهلكم بمذاهب المسلمين كلها, فهي تجيز تلك الزيارة و تشرح للزائر آدابها, و جهلكم بسنة رسول الله صلى الله عليه و سلم, فإنه صلى الله عليه و سلم زار القبور بنفسه و علّم اصحابه كـيف يزورونها كما علمت, و تـبعهم على ذلك كل هذه الأمة من عهدهم لليوم. و هذه كـتب العلماء خنفية و مالكية و شافعية  و حنبلية و غيرهم, بها بـيان تلك  الزيارة . و كـذلك دواوين السنة النبوية مـفعمة بـبيان جوازها و الندب اليها و كـيف تكون. و من رأى كل هذا ثمّ أنكره, فلا حيلة لنا فيه, و أمره الى ربـه. و الله أعلم.
_____________________________________________

( Wallohua'lam )

SEMOGA BERMANFAAT

BERSAMBUNG

_________________________________________
_________L_I_K_E__&__S_H_A_R_E_________

#ayo_poso
#ayo_golek_roso_ojo_golek_rondo

___________

Nb. Kritik, saran, koreksi kesalahan lafadz dan makna sangat kami harapkan dan kami tunggu koreksinya.

0 Response to "NGAJI POSO : ZIAROH QUBUR BAG 2"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP