NGAJI POSO : ZIAROH MAKAM ROSULULLOH & WISATA RELIGI BAG 4



NGAJI POSO NGOLAH ROSO LAN JIWO
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔
Kajian   :   16 ( enambelas )
Kitab     :   Hujjah Ahlussunah Wal Jama'ah
Bab       :   Menziarahi Makam Rasulullah SAW dan Berwisata Religi ( bag 4 )

☆ SINAU BARENG PGP-CKW-DS ☆
=======================================

Assalamu'alaikum mas jhoooon... selamat berpuasa bagi yang menjalankannya... dan monggo kita lanjut saja sinau barengnya :

▷ Kita kembali kepada persoalan orang-orang yang melarang menziarahi makam Rasulullah saw. Menurut kami, Jika larangan wisata religi (ziarah) sebagaimana yang dijelaskan didalam hadis di atas adalah bersifat umum, menyangkut berbagai bentuk dan tujuan bepergian selain bepergian ke tiga masjid, maka akan melahirkan beberapa konsekwensi hukum sebagai berikut :[8]

▷ 1) Tidak boleh bepergian di muka bumi dalam rangka ber-i’tibar (belajar), memberi/mencari nasehat dan sejenisnya. Sementara Allah swt didalam kitab suci-Nya memerintahkan agar melakukan bepergian semacam ini dan menganjurkannya tidak hanya dalam satu ayat dari KitabNya.

▷ 2) Tidak boleh bepergian dalam rangka shilaturrahim (menyambung tali persaudaraan), mengunjungi saudara kita yang jauh tempat tinggalnya, sementara shilaturrahim sangat dianjurkan dan diperintahkan Allah. Allah berjanji akan menjalin hubungan pada orang yang melakukannya dan mengancam memutus jalinan pada orang yang merusakkannya.

▷ 3) Tidak boleh bepergian dalam rangka melakukan jihad fi sabilillah, berdakwah menyebarkan syariat Islam, atau menegakkan keadilan di kalangan manusia.

▷ 4) Tidak boleh bepergian dalam rangka berdagang mencari penghidupan dan menyelesaikan urusan duniawi di manapun tempat di dunia.

▷ 5) Tidak boleh bepergian dalam rangka mengunjungi Rasulullah saw semasa beliau masih hidup. Padahal, banyak orang yang sengaja datang dari pelosok negeri untuk menemui beliau sekedar terdorong oleh rasa cinta dan rindu bertemu beliau, mengunjungi dan mencari keberkahan dari pertemuan secara langsung dengan beliau saw. Sementara Beliau saw sendiri menyaksikan kenyataan ini dan membiarkannya. Bahkan beliau saw menganjurkannya disertai dengan janji pahala yang besar bagi orang yang melakukannya.

Sekarang beliau saw sudah wafat, hidup di tamannya yang mulia (alam kubur),  sama persis dalam keadaan hidupnya yang sempurna. Dengan demikian, menziarahi beliau saw pada saat ini tidak berbeda selamanya dengan menziarahi beliau pada waktu sebelum wafatnya. Rasulullah saw mengingatkan hal ini didalam sabdanya :

مَنْ حَجَّ فَزَارَ قَبْرِي بَعْدَ وَفَاتِي فَكَأَنَّمَا زَارَنِي فِي حَيَاتِي. (رواه الدارقطني في سنـنه و البيهقي و ابن عساكر و الطبراني في معجمه الكتـير و الأوسط  ).

Artinya: “Barangsiapa beribadah haji, lalu ia menziarahi makamku setelah wafatku, seolah-olah ia menziarahiku semasa hidupku”. (HR ad-Daruquthni didalam kitab Sunan-nya, Al-Baihaqi dan Ibnu ‘Asakir, serta Ath-Thabrani didalam kitab Mu’jamul Kabir dan Mu’jamus-Shaghir)[9]

6) Para ulama sejak generasi pertama Islam sampai sekarang ini tentu patut dipersalahkan, disebabkan mereka menuliskan beberapa bab dan fasal dalam kitab-kitab mereka tentang persoalan menziarahi makam beliau saw disertai dengan anjuran dan adab sopan santun dalam berziarah.

____________________

[8])     Analisa KH Ali Maksum ini sesuai dengan al-Hafidz Ibnu Hajar. Bahwa secara umum hadis ini justru melarang setiap bentuk perjalanan seperti berdagang, silaturrahim, mencari ilmu dan lain-lain. Maka yang dimaksud disini adalah larangan bepergian ke masjid untuk salat disana kecuali tiga masjid tersebut. Dengan demikian, telah jelas kesalahan fatal para ulama yang melarang melakukan perjalanan ke makam Rasulullah dan makam orang-orang soleh lainnya. (Fathul Bari Syarh Sahih al-Bukhari IV/190)
[9]) HR al-Thabrani dalam al-Mu'jam al-Kabir No 13315 dan al-Ausath No 3376. al-Haitsami berkata: di dalam sanadnya ada Hafs bin Abi Dawud al-Qari', ia dinilai terpercaya oleh Ahmad dan dinilai dlaif oleh imam yang lain
_____________________________________________

و لنعد الى الكلام مع المانعين زيارته صلى الله عليه و سلم. فنقول : لو فهمنا أنّ النهي عن شدّ الرحال فى الحديث المذكور عام في كلّ سفر, الا السفر الى هذه المساجد الثلاثة, لـلزم :

(1) أن لا يجوز لنا السفر فى الأرض للإعتبار و العظة, و قد أمرنا ربّـنا عزّ و جلّ بهذا السير في كتابه  و حرّضنا في غير آية من كتابه.

(2) و ان لا نسافر لصلة  ارحامنا إذا كانوا بجهات بعيدة, و قد أمرنا ربّـنا بهذه الصلة و شدّد علينا فيها و وعد من يقوم بها ان يصله و توعّد من أخلّ بها ان يقطعه.
(3) و ان لا نسافر للجهاد و لتبليغ الشريعة او القضاء بـين الناس بالعدل.

(4) و ان لا يجوز لنا السفر للتجارة و إلى ان و الى ما يهمّهم من شؤون الدنـيا في أيّ ناحية من نواحي الأرض.

(5) و ان لا يـشدّ الرحال اليه صلى الله عليه و سلم في حياتـه, فإنّ الوفود كانت تفيد اليه صلى الله عليه و سلم من أنحاء الأرض مسافرين لم يبعثهم على ذلك الا حبّ لقائه صلى الله عليه و سلم و زيارته و التـبرك بالوجود في حضرته الشريفة, و كان صلى الله عليه و سلم يـرى هذا و يقرّه, بل  و يحرّض عليه بما كان يـثيب به تلك الوفود من الجوائز التي كان يـمنحهم بها, و هو الآن في روضته الشريفة مثـله و هو حيّ تماما. فزيارته الآن لا تختلف ابدا عن زيارته قبل وفاته صلى الله عليه و سلم. و نـبّه هو صلى الله عليه و سلم على ذلك في قوله : " من حجّ فزار قبري بعد وفاتي فكأنّما زارني في حياتي" (رواه الدارقطني في سنـنه و البيهقي و ابن عساكر و الطبراني في معجمه الكبـير و الأوسط  ).

(6) و لزم كذلك ان يكون علماء الإسلام من اول هذه الأمة الى اليوم في خطإ عظيم حيث انهم يعقدون في كـتبهم الديـنية الأبواب و الفصول يذكرون فيها زيارته صلى الله عليه و سلم و ما يتعلّق بها من ترغيب فيها و من آداب ينـبغي ان تراعي فى القيام بها.

_____________________________________________

( Wallohua'lam )

SEMOGA BERMANFAAT

BERSAMBUNG

_________________________________________
_________L_I_K_E__&__S_H_A_R_E_________

#ayo_poso
#ayo_golek_roso_ojo_golek_rondo

___________

Nb. Kritik, saran, koreksi kesalahan lafadz dan makna sangat kami harapkan dan kami tunggu koreksinya.

0 Response to "NGAJI POSO : ZIAROH MAKAM ROSULULLOH & WISATA RELIGI BAG 4"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP