NGAJI POSO : WARO' ( berhati hati )



NGAJI POSO OLAH ROSO LAN JIWO
___________________________________

Kajian   : 18 ( Delapan belas ) - 03 Juni 2018
Kitab     : Albayanil Mushthofa Fi Washiyatil Musthofa
Bab       : waro' ( Berhati hati )

☆ SINAU BARENG PGP-CKW-DS ☆
=============================

Assalamu'alaikum mas jhooon.... pripun kabare, sae sae mawon nggih... alhamdulillah kl begitu kita bisa lanjutkan lagi yg kemarin.... monggo

قال رسول الله : يا علىّ: لادين لمن لاخشية له، ولاعقل لمن لا عصمة له، ولاإيمان لمن لاورع له ولاعبادة لمن لاعلم له، ولامروءة لمن لاصدقة له، ولا أمان لمن لا سرّ له، ولاتوبة لمن لاتوفيق له، ولاسخاء لمن لاحياء له.

Nabi Muhammad Saw bersabda :

☆▷ WAHAI 'ALI
Tidak ada agama bagi orang yang tidak mempunyai rasa takut, tidak ada akal bagi orang yang tidak menjaga (larangan Allah), tidak ada iman bagi orang yang tidak wara’, tidak ada ibadah bagi orang yang tidak berilmu, tidak ada muru’ah (wibawa) bagi orang yang tidak mempunya kejujuran, tidak ada kesentosaan bagi orang yang tidak mempunyai rahasia, tidak ada taubat bagi orang yang tidak mendapatkan taufiq (dari Allah), tidak ada kebaikan bagi orang yang tidak mempunya rasa malu.
=====

يا علي: من لم يكن ورعاً عن المعاصي فبطن الأرض خير له من ظهرها، لأنه لا إيمان في قلبه.

☆▷ WAHAI 'ALI
Siapa yang tidak waro’ (menjauhi) perbuatan ma’siyat, maka perut bumi (dipendam, mati) lebih baik baginya daripada ada diluar bumi (hidup), karena dihatinya tidak ada keimanan.
=====

يا علي أضل الورع ترك الحرام وما حرّم الته ورأس الكرم في ترك المعاصي

☆▷WAHAI 'ALI
Inti dari sifat waro’ adalah meninggalkan haram dan sesuatu yang diharamkan Allah, sedangkan inti kemuliaan adalah meninggalkan ma’siyat.
=====
__________________________

قال الفقيه رحمه الله تعلي : علامة الورع أن يرى عشرة أشياء فريضة على نفسه :

( أولها ) : حفظ اللسان عن الغيبة لقوله تعالى: {وَلا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضاً} الحجرات/12

( الثاني ) : الاجتناب عن سوء الظن لقوله تعالى: {اجْتَنِبُوا كَثِيراً مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ} الحجرات/12.

( الثالث ) : الاجتناب عن السخرية لقوله تعالى: {لا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَى أَنْ يَكُونُوا خَيْراً مِنْهُمْ} الحجرات/11.

( الرابع ) : غض البصر عن المحارم لقوله تعالى: {قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ} النور/30.

( الخامس ) : صدق اللسان لقوله تعالى: {وَإِذَا قُلْتُمْ فَاعْدِلُوا} الأنعام/152.

( السادس ) : أن يعرف نعمة الله على نفسه لكيلا يعجب بنفسه لقوله تعالى: {بَلِ اللَّهُ يَمُنُّ عَلَيْكُمْ أَنْ هَدَاكُمْ لِلْإِيمَانِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ} الحجرات/17.

( السابع ) : أن ينفق ماله فى الحق ولا ينفقه فى الباطل لقوله تعالى: {وَالَّذِينَ إِذَا أَنْفَقُوا لَمْ يُسْرِفُوا وَلَمْ يَقْتُرُوا} يعنى لم ينفقوا فى المعصية ولم يمنعوا من الطاعة. {وَكَانَ بَيْنَ ذَلِكَ قَوَاماً} أى عدلاً. الفرقان/67.

( الثامن ) : ألا يطلب لنفسه العلو والكبر لقوله تعالى {تِلْكَ الدَّارُ الْآخِرَةُ نَجْعَلُهَا لِلَّذِينَ لا يُرِيدُونَ عُلُوّاً فِي الْأَرْضِ وَلا فَسَاداً} القصص/83.

( التاسع ) : المحافظة على الصلوات الخمس فى أوقاتها بركوعها وسجودها لقوله تعالى: {حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلاةِ الْوُسْطَى وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ} البقرة/238.

( العاشر ) : الاستقامة على السنة والجماعة لقوله تعالى: {وَأَنَّ هَذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيماً فَاتَّبِعُوهُ وَلا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ ذَلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ} الأنعام/153.

تنبيه الغافلين (ص: 473)

Al-Faqih dawoh : bukti adanya wira'i (wara') dalam diri seseorang adalah jika dalam diri orang tersebut telah ada sepuluh kewajiban, yaitu:

1. Memelihara lisan, tidak sampai ghibah atau menggunjing. Firman Allah swt. dalam surah al-Hujurat ayat 12 yang artinya, "Janganlah setengah di antara kamu menggunjing terhadap setengah lainnya."

2. Tidak buruk sangka. Firman Allah swt. dalam surah al-Hujurat ayat 12 yang artinya, "Hindarkanlah prasangka buruk, karena setengahnya adalah dosa."

Dalam hadits Nabi saw. dijelaskan yang artinya, "Hati-hatilah kamu dari prasangka buruk, karena hal itu adalah perkataan paling bohong."

3. Tidak menghina (merendahkan) orang lain. Firman Allah swt. dalam surah al-Hujurat ayat 11 yang artinya, "Janganlah suatu kaum menghina kaum lainnya, boleh jadi kaum yang dihina itu adalah lebih baik dari pada kaum yang menghina."

4. Memelihara pandangan mata dari yang haram. Firman Allah swt. dalam surah Nur ayat 30 yang artinya, "Katakanlah, ada orang-orang mukmin agar memejamkan pandangan matanya dari yang haram."

5. Berbicara benar. Firman Allah swt. dalam surah al-An'am ayat 152 yang artinya, "Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil."

6. Mengingat nikmat Allah swt. yang telah diberikan kepadanya agar tidak sombong. Firman Allah swt. dalam surah al-Hujurat ayat 17 yang artinya, "Bahkan Allah-lah yang memberi karunia kepadamu ketika kau diberi petunjuk, sehingga kau beriman. Jika kau benar-benar beriman."

7. Menggunakan hartanya dalam jalan kebenaran, bukan pada kebatilan. Firman Allah swt. dalam surah al-Furqan ayat 67 yang artinya, "Orang-orang yang membelanjakan hartanya tiada berlebihan dan tiada kikir, mereka tengah-tengah (berlaku sedang) dalam hal itu."

8. Tidak ambisi kedudukan dan tidak pula berlaku sombong. Firman Allah swt. dalam surah al-Qashash ayat 83 yang artinya, "Negeri akhirat sengaja Kami sediakan bagi mereka yang tidak ambisi kedudukan dunia dan tidak pula suka merusak."

9. Memelihara (waktu) sholat dan menyempurnakan ruku dan sujudnya. Firman Allah swt. dalam surah al-Baqarah ayat 238 yang artinya, "Peliharalah (waktu-waktu) sholat, terutama sholat pertengahan, tegakkanlah dengan khusyu', diam bermunajat."

10. Istiqomah mengikuti sunnah Rasul dan jamaah umat Islam. Firman Allah swt. dalam surah al-An'am ayat 153 yang artinya, "Inilah ajaran yang menuju kepada keridhoan-Ku (jalan lurus-benar), lalu ikutilah, jangan mengikuti jalan-jalan lain, (jika demikian), pasti menyimpang jauh dari jalan Allah. Demikianlah pesan Dia kepadamu agar kamu bertakwa."

( Wallohua'lam )

SEMOGA BERMANFAAT

BERSAMBUNG
_________________________________________
_________L_I_K_E__&__S_H_A_R_E_________

#ayo_poso
#ayo_golek_roso_ojo_golek_rondo

0 Response to "NGAJI POSO : WARO' ( berhati hati )"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP