NGAJI POSO : MALU



NGAJI POSO OLAH ROSO LAN JIWO
___________________________________

Kajian  : 17 ( Tujuh belas ) - 02 Juni 2018
Kitab    : Albayanil Mushthofa Fi Washiyatil Musthofa
Bab       : Malu

☆ SINAU BARENG PGP-CKW-DS ☆
=============================

Assalamu'alaikum mas jhoooon... yuk kita lanjutkan kajiannya .....

قال عليه الصلاة و السلام : يا علىّ: الدّين كلّه فى الحياء وهو ان تحفظ الرأس وما حوى والبطن وما وعى

Kanjeng Nabi dawoh :

☆▷ WAHAI 'ALI
Pokok agama semuanya bermuara pada sifat malu, ia menjaga kepala dan yang melingkupinya, juga menjaga perut dan yang ada didalamnya.
=====
__________________________
حَدَّثَنَا الْحَاكِمُ أَبُو الْحَسَنِ، حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ، حَدَّثَنَا بَكْرٌ بْنُ مُنِيرٍ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْهَيْثَمِ، حَدَّثَنَا أَبُو عُثْمَانَ، عَنْ هِشَامٍ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ أَبَانِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنِ الصَّبَّاحِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ مُرَّةَ ،عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « اسْتَحْيُوا مِنَ اللَّهِ حَقَّ الْحَيَاءِ ». قَالَ قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّا لَنَسْتَحْيِى وَالْحَمْدُ لِلَّهِ. قَالَ « لَيْسَ ذَاكَ وَلَكِنَّ الاِسْتِحْيَاءَ مِنَ اللَّهِ حَقَّ الْحَيَاءِ أَنْ تَحْفَظَ الرَّأْسَ وَمَا وَعَى وَتَحْفَظَ الْبَطْنَ وَمَا حَوَى وَتَتَذَكَّرَ الْمَوْتَ وَالْبِلَى وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَةَ تَرَكَ زِينَةَ الدُّنْيَا فَمَنْ فَعَلَ ذَلِكَ فَقَدِ اسْتَحْيَا مِنَ اللَّهِ حَقَّ الْحَيَاءِ ».

Artinya: “Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Malulah kalian dari Allah dengan sebenar-benar malu”, kami berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami sungguhnya malu dan Alhamdulillah”, beliau bersabda: “Bukan itu, akan tetapi malu dari Allah dengan sebenar-benar malau adalah kamu menjaga kepada dan apa yang ia pikirkan dan menjaga perut dan ia inginkan dan mengingat kematian dan kehancuran, barangsiapa yang menginginkan kehidupan akhirat, niscaya ia akan meninggalkan perhiasan dunia, barangsiapa yang melakukan itu niscaya ia telah malu dari Allah dengan sebenar-benar malu.
______________

وعن الحسن عن النبي صلى الله عليه وسلم انه قال : الحياء من الإيمان ،والإيمان في الجنة ، والبذا من الجفاء ، والجفاء في النار

Kanjeng nabi dawoh : Malu adalah bagian dari keimanan dan keimanan tempatnya di surga, perkataan yang keji adalah bagian dari sifat kasar/keras dan sifat kasar itu tempatnya di neraka.
_______________

وعن عطاء انه قال مر النبي صلى الله عليه وسلم برجل يغتسل فقال يا ايها الناس ان الله حي حليم ستار ويحب الحياء والستر واذا اغتسل احدكم فليتوار عن اعين الناس

Sahabat 'atho dawoh : disatu waktu rosululloh meliat seorang lelaki yang sedang mandi lalu rosululloh bersabda : hai ingatlah para manusia sesungguhnya Alloh itu dzat yang maha hidup lagi bijaksana serta memiliki penghalang, suka pada sifat malu dan suka dengan penghalan, maka dari itu ketika salah satu dari kalian semua mandi maka jauhkan dari penglihatan manusia.
________________

عن أنس ابن ملك رضي الله عنه قال: ان النبي صلى الله عليه وسلم كان اذا أراد قضاء  الحاجة لم يرفع ثوبه حتى يدنو من الأرض

Dawuhe sahabat Annas : Bila Rasulullah SAW. mengharapkan hendak buang hajat, beliau tidak menyingkap pakaiannya hingga dekat ke tanah.

قَالَ الْفَقِيهُ رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ : الْحَيَاءُ عَلَى وَجْهَيْنِ : حَيَاءٌ فِيمَا بَيْنَكَ وَبَيْنَ النَّاسِ ، وَحَيَاءٌ فِيمَا بَيْنَكَ وَبَيْنَ اللَّهِ تَعَالَى ، أَمَّا الْحَيَاءُ الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَغُضَّ بَصَرَكَ عَمَّا لَا يَحِلُّ لَكَ ، وَأَمَّا الْحَيَاءُ الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَ اللَّهِ تَعَالَى أَنْ تَعْرِفَ نِعْمَتَهُ فَتَسْتَحِيَ أَنْ تَعْصِيَهُ.

Alfaqih awoh : Malu itu ada dua macam
1. malu antara kita dan manusia > Yakni dia akan memejamkan matanya dari hal yang tidak halal baginya.
2. Malu antara kita dan Alloh > yakni ketika kita tahu nikmat yang diberikan Alloh maka kita akan malu untuk melakukan maksiat.

( Wallohua'lam )

SEMOGA BERMANFAAT

BERSAMBUNG
_________________________________________
_________L_I_K_E__&__S_H_A_R_E_________

#ayo_poso
#ayo_golek_roso_ojo_golek_rondo

0 Response to "NGAJI POSO : MALU"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP