NGAJI POSO : WUDHU DAN SHOLAT BAG 3



NGAJI POSO OLAH ROSO LAN JIWO
___________________________________

Kajian   :   5 ( Lima ) - 21 Mei 2018
Kitab     :   Albayanil Mushthofa Fi Washiyatil Musthofa
Bab       :    Wudhu dan Sholat

☆ SINAU BARENG PGP-CKW-DS ☆
=============================

Assalamu'alaikum mas lan mbak jhoooon... pripun kabar posonya... semoga berkah nggih.. untuk menbah keberkahannya monggo kita simak kelanjutannya... ojo disimak tok tapi ya kita coba terapkan dalam kehidupan kita...lanjuuuuut .... !!

, يا عَلي, إذا كبَّرت للصلاة ففرِّج أصابعك, وارفع يدك حذوَ منكبك, وإذا كبرت فضع يمينك على شِمالك تحت سُرتك, وإذا ركعت فضع يدك على رُكبتك وفرِّج أصابعك

☆▷ WAHAI 'ALI
Jika kamu hendak takbir dalam shalat, renggangkanlah jari-jarimu dan angkatlah kedua tanganmu berlempengan dengan kedua pundakmu. Dan jika kamu hendak bertakbir, letakkanlah tangan kananmu diatas tangan kirimu dibawah pusarmu. Dan jika kamu ruku’, letakkanlah kedua tanganmu diatas dengkulmu dan renggangkanlah antara jari-jarimu.
=====

. يا عَلي, أسفِر بالصبح, وصلى المغرب عند غياب الشمس بقدْر حلْب شاة؛ فإن ذلك من خصال الأنبياء عليهم السلام

☆▷ WAHAI 'ALI
Shalat shubuhlah kamu ketika remyang-remyang (terbit fajar shadiq), dan shalat maghriblah kamu ketika terbenamnya matahari dengan ukuran seperti memerah susu kambing, karena yang demikian itu termasuk perbuatan para Nabi alaihissalam.
=====

. يا عَلي, عليك بصلاة الجماعة؛ إنها عند الله كمشيك إلى الحج والعمرة, وما يحرِص على صلاة الجماعة إلا رجل مؤمن أحبه الله, وما يزهد فيها إلا منافق قد أبغضه الله.

☆▷ WAHAI 'ALI
Hendaklah kamu shalat berjamaah, karena (balasannya) disisi Allah bagaikan orang yang melakukan Ibadah Haji dan Umroh. Dan orang yang semangat berjamaah adalah hanyalah orang mu’min yang disukai oleh Allah, sedangkan orang yang enggan berjamaah adalah hanyalah orang fasiq yang dibenci oleh Allah.
=====
_____________________________________________

صلاة الرجل مع الجماعة خير من صلاة أربعين سنة في بيته منفردا

“Sholat berjamaah yang di kerjakan seseorang laki laki itu lebih baik daripada sholat sendirian di rumah selama 40 tahun. ”

أن الجماعة تفضل على  المنفرد بسبع وعشرين درجة

“Sesungguhnya Shalat jamaah lebih baik 27 derajat dibanding shalat sendirian.

وعن النبي عليه الصلاة والسلام أنه قال: إن الله تعالى يحشر مساجد الدنيا يوم القيامة كأنها بخت بيض قوائمها من العنبر وأعناقها من الزعفران ورؤوسها من المسك وآذانها من الزبرجد الأخضر والمؤذنون يقودونها والأئمة يسوقونها فيمرون في عرصات يوم القيامة كالبرق الخاطف فيقول أهل القيامة: أهؤلاء من الملائكة المقربين أم من الأنبياء والمرسلين؟ فينادى لا بل هؤلاء من أمة محمد عليه الصلاة والسلام يحفظون الصلوات بالجماعة

Dari Rasulullah saw, beliau bersabda: sesungguhnya Allah mengumpulkan masjid-masjid yang ada dunia kelak pada hari kiamat laksana unta putih, penyangganya (masjid) dari anbar,  lehernya dari za'faran, kepalanya dari misk, telinganya dari batu zamrud hijau. Muadzzin di depan memandunya, imam menjadi pengemudinya, mereka melintasi tempat perhitungan amal laksana petir yang menyambar. Mereka yang sedang mengalami qiyamat berkata: adakah mereka itu dari golongan Malaikat muqarrabin atau para Nabi yang diutus?. Muncul seruan: Bukan, tetapi mereka adalah umat Muhammad saw yang mampu senantiasa shalat jamaah.

Nb:
1. setelah ku telusuri makna yg paling dekat menurutku lafadz بخت unta.
2. Setelah ku telusuri عرصات يوم القيامة ditafsifkan يوم الحساب
--------------------
=====

يا عَلي, أحب العباد إلى الله تعالى عبدٌ ساجدٌ يقول في سجوده: ربِّ، إني ظلمت نفسي، فأغفر لي ذنبي؛ فإنه لا يغفر الذنوب إلا أنت.

☆▷ WAHAI 'ALI
Hamba yang paling utama disisi Allah adalah hamba yang ketika sujud membaca doa: “robbi innii dzolamtu nafsii faghfirlii dzanbii fainnahuu laa yaghfiru al-dzunuuba illaa anta”, artinya: wahai tuhanku, aku adalah orang yang dzalim kepada diriku, maka ampunilah dosaku, karena hanyalah engkau yang dapat mengampuni dosa-dosa.
=====

يا عَلي, عليك بصلاة الضحى في السفر والحضر؛ فإنه إذا كان يوم القيامة ينادي مناد من فوق شُرف الجنةً: أين الذين كانوا يصلون الضحى؟ ادخُلوا من باب الضحى بسلام آمنين, وما بعث الله من نبي إلا وأمره بصلاة الضحى.

☆▷ WAHAI 'ALI
Lazimkanlah shalat dhuha baik diperjalanan maupun dirumah, karena ia akan dipanggil pada hari kiamat dari arah surga: “dimana orang-orang yang selalu melaksanakan shalat dhuha? Masuklah kalian kepintu dhuha dengan selamat dan sentosa”. Dan tidaklah Allah mengutus Nabi, kecuali memerintahkan mengerjakan Shalat Dhuha.
=====
_____________________________________________

 وروى عن زيد بن أسلم قال عن ابن عمر رضي الله عنهما  قلت لأبي ذر رضى الله تعلى عنه: أوصني يا عم، قال: سألتُ رسول اللّه صلى الله عليه وسلم كما سألتني، فقال؟ "مَنْ صَلَّى الضّحَى رَكْعَتَيْنِ، لَمْ يكْتَبْ مِن الغَافِلِينَ، وَمَنْ صَلًاها أربَعاً، كتِبَ مِنَ العَابِدين، ومَن صَلَّاها سِتّاً، لَمْ يَلْحَقْةُ ذَلِكَ اليَوْمَ ذَنْبٌ، وَمَنْ صَلَّاها ثَمانِياَ، كُتِبَ مِنَ القَانِتِينَ، ومَنْ صَلَّاها اثنتي عَشْرةا ركعة بنى لَهُ بَيْت في الجَنَّة".

Diriwayatkan dari Zaid bin Aslam, dia berkata, ibnu Umar bertanya kepada Abu Dzar: “Berwasiatlah kepadaku wahai pamanku!” Abu Dzar menjawab, “Aku pernah meminta kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam seperti apa yang kamu minta kepadaku.” Lalu dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
Barangsiapa yang menunaikan shalat dhuha sebanyak dua rakaat, dia tidak ditulis termasuk golongan orang-orang yang lalai. Barangsiapa yang menunaikan empat rakaat dia dicatat termasuk golongan ahli ibadah. Barangsiapa menunaikan enam rakaat, maka dia tidak menemukan dosa pada hari itu. Barangsiapa yang menunaikan delapan rakaat, dia ditulis sebagai orang-orang yang tunduk kepada Allah. Dan, barangsiapa yang menunaikannya Dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan sebuah rumah baginya di surga.
_________________________
=====

يا عَلي, مِن كرامة المؤمن زوجةٌ موافقة تسره, والصلاة جماعة, وجيران يحبونه،

☆▷ WAHAI 'ALI
Termasuk kemuliaan seorang mu’min adalah istri yang patuh pada suami, shalat berjamaah dan tetangga yang menyukainya.

( Wallohua'lam )

SEMOGA BERMANFAAT

BERSAMBUNG
_________________________________________
_________L_I_K_E__&__S_H_A_R_E_________

#ayo_poso
#ayo_golek_roso_ojo_golek_rondo

0 Response to "NGAJI POSO : WUDHU DAN SHOLAT BAG 3"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP