KHODAM KIYAI KHOLIL BANGKALAN




KHODAM KIYAI KHOLIL BANGKALAN

Assalamu'alaikum mas jhooon... selamat siang & selamat menunggu hujan yang sebentar lagi akan jatuh ( hujan aja ada yg nunggu, masak kamu ngak ? ) hihi..

pernah dengar kisah Syech abdul qodir ketika santrinya ditanyai dalam kubur.. kl belum ubek2 PGP postingan lawas pasti ada, kl gak ada mungkin lagi bersembunyi dianya.. kisahnya hampir sama cuma beda generasi saja... monggo kita simak..

Bagi santri khususnya santri dalem yang biasa disebut khodam (yang membantu kiyai) biasanya sangat ta'dzim pada kiyainya, itu bukan mergo MEnuhankan, nanti lagek ngono ae diarani MEnuhankan, Lebay kok yo kebacutmen.. itu adalah rasa hormat kepada guru karena manfaatnya ilmu itu salah satunya memulyakan guru ataupun ta'dzim pada guru.

Tak ubahnya khodam kiyai kholil bangkalan Dalam satu kesempatan, Kiai Kholil Bangkalan meminta "agar KODAMNYA tidak menjawab pertanyaan siapapun. Kiai Kholil menyuruhnya agar langsung menanyakan pada dirinya."

Saat pengajian tengah berlangsung, tiba-tiba Kiai Kholil tertawa. Para santri terheran-heran. Salah seorang di antaranya memberanikan diri bertanya,

●▷ “Ada apa kiai?”

Kiai Kholil yang dikenal waliyullah itu menjawab,

■▷ Pembantunya yang saat itu telah meninggal sedang ditanya Malaikat Munkar dan Nakir, >> “Man rabbuka?”

Pembantunya menjawab,

◆▷ “Tanya Kiai Kholil!”
________________________

*) Dikisahkan oleh sesepuh Buntet Pesantren KH Nahduddin Royandi Abbas

SEKIAN

Saya tutup dengan kata°° bijak dari tukang tambal ban ⬇

tawadlu' itu Rendah diri, Rendah diri itu bukan berarti kita harus berada dibawah terus kadang kala pindah diatas juga biar istri kita bahahia.

________________________________

☆▷▷ Kalau Belum Jelas, Ada Yang Ditanyakan Atau Koreksi Kesalahan Langsung Menuju Tempat Ngopi & Cakruan Kami, Cukup Klik Disini ◁◁☆

2 Responses to "KHODAM KIYAI KHOLIL BANGKALAN "

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP