HARI JUM'AT & KESUNAHANNYA ( KAJIAN 16 )




★ NGAJI ROMADHON ★

- KAJIAN : 16 ( KE-ENAM BELAS)
- KITAB : ACHKAMU HABLI AL-WIDAD

╰●▷HARI JUM'AT & KESUNAHANNYA◁●╮

▷▷ Guru kami ra. berkata:
Amma bad. bertakwalah dan taatlah kalian pada Allah.
▷▷ Ketahuilah bahwa hari jumaat adalah hari yang agung,
▷ hari di mana Allah memerdekakan enam ratus ribu budak dari neraka Jahannam,
▷ hari di mana api neraka Jahim tidak menyala,
▷ hari melihat Allah kelak di surga,
▷ hari di mana shalat hingga waktu istiwa tidak haram,
▷ hari jumat merupakan hari raya bagi orang mukmin,
▷ Allah khususkan bagi umat Muhammad.
▷ Hari Jumat hari yang paling utama di sisi Allah, Allah muliakan dari hari raya fitri dan adha.
▷ Di dalamnya terdapat waktu yang samar, tidaklah seorang hamba yang meminta keperluannya bertepatan dengan waktu itu kecuali Allah memberikannya.

Dan persiapkanlah dalam menyambut hari jumat sejak kamis sore, karena sesungguhnya Allah memiliki karunia selain rizki hamba, Allah tidak akan memberikan karunia itu kecuali pada seseorang yang meminta pada sore hari kamis dan hari jumaat. Persiapkanlah hari jumat dengan doa, tasbih, istighfar, membersihkan badan, pakaian, dan taubat dari dosa. Meluangkan hati dari persoalan yang menyibukkan dari berangkat pagi pada hari jumat.

Sunnah puasa pada hari jumat dengan digabung hari kamis atau sabtu, sunnah juga menggauli isterinya, memperbanyak salat pada malam harinya, hal itu terkandung dalam hadis:

▷ “Allah merahmati seseorang yang berangkat (salat jumat) lebih pagi dan mendapati awal hutbah, mandi dan menjadikan istrinya mandi (bersenggama). Ketika telah memasuki waktu pagi segera mandi, kemudian melakukan salat, itu lebih utama. Dan disunnahkan pada hari ini (jumat) bebersih, bersiwak, mencukur rambut, memakai wewangian, mencukur kumis, memakai pakaian putih, dan memotong kuku.

●▷ Sayyidina Ibn Masud ra. berkata: barangsiapa yang memotong kukunya pada hari jumat, Allah akan mengeluarkan darinya penyakit dan memasukkan ke dalamnya obat.

Manusia berada di dekat mereka ketika melihat ke Dzat Allah sesuai dengan berangkat paginya mereka pada hari jumat.

Ketika Imam keluar dari persepiannya, lembaran-lembaran telah dilipat, pena-pena telah mengering, dan malaikat telah berkumpul.

Jangan kalian meninggalkan di antara malam jumat dan harinya membaca surat Yasin dan Al-Kahfi, karena fadilahnya telah masyhur. Bila tidak mudah melakukan hal itu, maka perbanyaklah membaca surat Al-Ihlas, khususnya salawat, sedikitnya sehari semalam 300 kali.

◁◁◁BERSAMBUNG▷▷▷

SEKIAN ▷▷▷ MINGGU 11-06-2017

0 Response to "HARI JUM'AT & KESUNAHANNYA ( KAJIAN 16 )"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP