MBAH YAI MA'RUF IRSYAD



★ MBAH YAI MA'RUF IRSYAD ★

Assalamu'alaikum mas lan mbak jhooon.. terkait dengan ngaji fi fisbuki yang diselenggarakan oleh pihak PGP dan diseponsori pihak CKW.. wwwwwwkk.. tak ada salahnya kita kenalan riyen kalih beliau mbah ma'ruf irsyad monggo lah langsung disimak mawon..
__________
Nama dan Nasab Syeh Al-Allamah Al-Imam Muhammad Ma’ruf bin Muhammad Irsyad bin Kartanadi bin Ahmad Yasir bin Syariban bin Zakirin. Nasabnya bersambung hingga Pangeran Kadilangu, Demak.
●▷ KELAHIRAN BELIAU :
Syeh Muhammad Ma’ruf Irsyad (semoga Allah merahmatinya) dilahirkan di Kudus, kota kecil di Jawa Tengah, salah satu propinsi Negara Indonesia. Ia dilahirkan tepat pada ahad Pon, 27 Muharram 1358H, bertepatan dengan 19 Maret Tahun 1939M.
●▷ ORANG TUA BELIAU :
Syeh Muhammad Irsyad Al-Demawi lalu Al-Qudsy
Syeh Muhammad Irsyad di Desa Balung Kenda-Balirejo-Dempet- Kota Demak Jawa Tengah, kurang lebih pada tahun 1880H. Kemudian beliau hijrah dari Demak menuju Kudus dan mendirikan pondok pesantren yang ia beri nama Rawdah Al-Muta’allimin. Pondok tersebut mengalami perkembangan pesat hingga banyak para santri berdatangan untuk menimba ilmu.


Syeh Muhammad Irsyad (semoga Allah merahmatiya) wafat pada masa penjajahan Jepang 1942M, sedangkan puteranya Syeh Muhammad Ma’ruf baru berumur 3 Tahun. Jasad yang mulia dimakamkan di Pemakaman Sadio Luhur Krapyak Kudus. Semoga Allah menganugerahkan rahmat yang luas padanya.
Karya tulis beliau yang terlacak hanya dua dalam permasalahan akidah, yakni:
1. Al-Dur Al-Nafis fi ‘Aqaid Asl Al-Tawhid. Kitab tersebut beliau tulis dengan bahasa Arab menggunakan metode Tanya-jawab, isinya sampai mencapai 60 permasalahan. Kitab ini selesai beliau tulis pada akhir waktu ‘Isya pada hari ke sebelas bulan Muharram malam senin, Tahun 1357 dari hijrahnya Nabi, kemudian di cetak oleh Pesantren Rawdah Al-Muta’allimin pada Tahun 1428H dengan volume 90 halaman.
2. Durrah Al-Faridah Al-S}aghirah fi ‘Ilm Tawhid. Kitab ini beliau tulis dengan bahasa Jawa, dicetak di percetakan Menara Kudus.
Ustad Hanafi–keluarga Syeh Muhammad Irsyad- telah mengabarkan padaku dari Syeh Salamah Salih al-Hadi putera Syeh Ma’ruf, bahwasanya beliau berkata:


◆▷ “Syeh Muhammad Irsyad memiliki karya dalam fan Tauhid yang berbau tasawwuf”. Tetapi aku tidak mengetahui apakah kitab yang dimaksud tersebut kitab Durrah Al-Faridah Al-S}aghirah fi ‘Ilm Tawhid atau bukan.

●▷ GURU BELIAU
Syeh Muhammad Ma’ruf (semoga Allah merahmatinya) menimba ilmu pada beberapa ulama besar Kudus, antar lain; Mertuanya Sayyidi Syeh ‘Allamah Ma’ruf Asnawi, Syeh Al-Allamah Al-Falaki Turayhan Ajhuri, Syeh Allamah Al-Muqri’ Al-‘Arif billah Muhammad Arwani Amin, Syeh Allamah Hanbali, Syeh Allamah Ma’mun Siraj, Syeh Al-Allamah Sirajuddin, Syeh Allamah Al-Mufassir Al-Muqri’ Muhammad Sya’rani Ahmadi. Semoga Allah merahmati mereka yang telah wafat dan menjaga mereka yang masih hidup.
Penimbaan ilmu Syeh Muhammad Ma’ruf diketahui hanya di Kudus, kendati demikian beliau menjadi pemimpin (pemuka agama) yang teguh, dan ulama yang menjadi rujukan dalam berdiskusi pada masanya



●▷ AKTIFITAS ILMIAH
Syeh Muhammad Ma’ruf (semoga Allah meridoinya) mendedikasikan hidupnya untuk mensyiarkan agama Allah dan mengajarkannya pada manusia. Beliau membagi aktivitas kesehariannya untuk mengajar di beberapa pendidikan agama yang berada di dekatnya, yaitu; Qudsiyyah, Tasywiq Al-Thullab Salafiyyah, Banat, Mu’allimat, Mu’awanah Al-Muslimin, Diniyah Kradinan. Ini merupakan aktivitas tambahan beliau selain mengajar di pesantren Rawdhatul Muta’allimin yang diasuhnya. Kitab yang beliau ajarkan pada murid-muridnya antara lain:
1. Tafsir Jalalyn karya Jalaluddin Al-Mahalli dan Jalaluddin Al-Suyuthi, dibaca di masjid Kujon.
2. Sahih Imam Bukhari, dibaca setiap hari Jum’at antara pukul 07.00-09.00 pagi masjid Kujon.
3. Riyadh Al-Salihin karya Imam Nawawi dalam fan hadis, dibaca setiap malam Jum’at antara maghrib dan Isyak di Masjid Kalugawen.
4. Mukhtasar Imam Abi Jamrah dalam fan hadis.
5. Tanqih Al-Qawl Al-Hatsits karya Syeh Nawawi Al-Bantani.
6. Al-Majalis Al-Sunniyah.
7. Sullam Al-Tawfiq karya Sayyid Abdullah bin Husayn Ba’alawi.
8. Kasifah Al-Saja Syarah Safinah Naja dalam hal fiqh karya Syeh Nawawi al-Bantani.
9. Fathul Mu’in syarah Qurrah Al-‘Ain dalam hal fiqh.
10. Al-Minhaj Al-Qawim syarah ‘ala Muqaddimah Hadramiyah karya Imam Ibn Hajar al-Haytami
11. Al-Dur al-Nafis dalam hal Aqidah karya orang tua orang tuanya Syeh Muhammad Irsyad.
12. Tijad Darari syarah Risalah Imam Bajuri dalam hal Aqidah karya Syeh Muhammad Nawawi Al-Bantani.
13. Hasyiyah Imam Bajuri ‘ala Jauharah dalam hal akidah
14. Ihya’ ulumuddin dalam hal tasawwuf karya Hujjatul Islam Al-Ghazali
15. Kifayat Al-Atqiya’ syarah Hidayah Al-Azkiya’ karya Sayyid Abi Bakar Syata’ al-Makiy dalam hal tasawwuf, dibaca setiap malam selasa antara maghrib dan isya’ di masjid Al-Aqsa menara kudus.

16. Qami’ Thughyan Syarah Syuabul Iman karya Syeh Muhammad Nawawi Al-Bantani
17. Nasoihul Ibad dalam hal tasawwuf karya Syeh Muhammad Nawawi Al-Bantani
18. Durrah Al-Nasihin fi Fadoil A’mal karya Syeh Utsman bin Hasan Al-Khuwayri
19. Ahadis Al-‘Usfuriyah fi Fadoil A’mal karya Syeh Muhammad bin Abi Bakar Al-‘Usfuri.
Sepengetahuanku, beliau tidak menulis kitab kecuali tulisan hutbah-hutbah saat beliau menjadi khatib, dan kitab tersebut ada dihadapan kita.

●▷ MANHAJ
Kami mengetahui dari sela-sela pengajaran beliau dan penjelasan beliau dari kitab-kitab imam madzhab saat mengajar di depan santri-santrinya, beliau mengikuti Abu Hasan Al-‘Asy’ari dalam hal akidah, mengikuti madzhab syafi’i (dalam hal fiqh), dan sufi al-masyrab (banyak menimba ilmu dari sufi atau mungkin kecenderungan sufi).
Aku sering mendengar dari beliau agar waspada terhadap seseorang yang tidak beramal berdasarkan pendapat empat madzhab dan mengajak pada madzhab baru yang tidak tsiqqah (tidak kredibil), seperti halnya beliau sering mewanti-wanti santrinya untuk tidak menghukumi sebuah persoalan dengan rasio semata tanpa pertimbangan syara’ (dalil-dalil syara’).
Aku menetapkan manhaj beliau dalam kitab ini berdasarkan salah satu catatan hutbahnya yang berjudul; Al-Nujum Al-Tis’ah li Ahl Al-Sunnah wa Al-Jama’ah, di dalam catatan tersebut kamu akan menemukan penjelasan terkait manhaj beliau.



●▷ WAFAT BELIAU
Guru kami Syeh Muhammad Ma’ruf Irsyad meninggal di Kudus pada hari kamis 10 Sya’ban 1431H/22 Juli 2010 pada jam 10.30 pagi, tepat pada umur 73H/71M. Pada malam Rabu sebelum hari wafatnya beliau mendirikan majlis tepat 70 tahun setelah wafat ayahandanya, Syeh Muhammad Irsyad. Pada majlis tersebut –juga pada sekian banyak majlis- sebelum beliau wafat sering memberikan isyarat kedekatan ajalnya. Beliau berkata:

◆▷ “Ayahandaku Syeh Muhammad Irsyad wafat diusia 63 tahun, Saudara iparku Syeh Rif’an wafat diusinya 63 tahun, Saudaraku Syeh Mas’ud pada usia 57 tahun, Saudaraku Syeh Salamah Salih Al-Hadi wafat di saat usianya kurang dari 60 tahun. Sementara usiaku telah melampaui 70 tahun melebihi mereka semua. Sesungguhnya ajal telah dekat”. Semoga Allah memberi beliau rahmat yang luas.
Jenazah beliau diiring dalam kerumunan besar kira-kira mencapai puluhan ribu manusia, dishalatkan di masjid Al-Aqsa Menara Kudus, dan dimakamkan di pekuburan Sadio Luhur Krapyak, Kudus. Tepat disamping makam ayahandanya Syeh Muhammad Irsyad.

Semoga Allah menyempurnakan rahmat-Nya yang luas terhadap beliau, menempatkannya bersama para nabi, orang sidiq, salih, di surga-Nya. Semoga Allah memberinya balasan sebaik-baiknya orang yang berilmu yang mampu mengamalkan ilmunya karena agama dan umat-Nya.
LAHUMUL FATIHAH



0 Response to "MBAH YAI MA'RUF IRSYAD"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP