289. FENOMENA ULAMA KEHILANGAN KAROMAH


Oleh : ╰•⇨Abdul Qohhar >> Diskusi Santri 


1.    Hakikat fiqih adalah: ilmu yang ternamam dalam hati dan tampak pada lisan, kemudian fiqih itu mengajarkan ilmu syariah dan mendatangkan rasa takut (khosyyah) pada Alloh.

2.    Imam Nawawi berkata: “Karomah tidak bisa tampak pada ulama’ sebagaimana para ahli ibadah (ubbad) padahal ulama’ itu lebih utama darinya karena virus riya’ yang menjangkiti para ulama’.

3.    Riya’ itu kesebalikan ihlas. Maka riya’ adalah memperlihatkan amal baik pada orang lain secara langsung di depannya karena mengharapkan derajat, penghormatan, apresiasi, pujian atau imbalan duniawi. Apabila amal baik itu tidak secara langsung tapi menceritakan amal baik yang pernah dilakukan maka dinamakan sum’ah (memperdengarkan amal baik pada orang lain).

بغية المسترشدين - فائدة : حقيقة الفقه ما وقع في القلب وظهر على اللسان ، فأفاد العلم وأورث الخشية ، ولهذا قال النووي : إنما لم يظهر على العلماء كرامات كالعباد مع أنهم أفضل منهم لما يدخل عليهم من الرياء.

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆

☆▷▷ Kalau Belum Jelas, Ada Yang Ditanyakan Atau Koreksi Kesalahan Langsung Menuju Tempat Ngopi & Cakruan Kami, Cukup Klik Disini ◁◁☆

0 Response to "289. FENOMENA ULAMA KEHILANGAN KAROMAH"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP