271. ENAM KATA-KATA MUTIARA & RAHASIA KATA ILMU


Oleh : ╰•⇨Abdul Qohhar >> Diskusi Santri 


Enam kata-kata mutiara yang tidak mampu dipahami kecuali oleh akal yang bersih:

1.     Pangkal cinta adalah hadiah.

2.     Pangkal kebencian adalah peristiwa yang menyedihkan.

3.     Pangkal kedekatan adalah amanah.

4.     Pangkal berjauh-jauhan adalah khianat.

5.     Pangkal kehilangan nikmat adalah menyalahgunakan kenikmatan.

6.     Pangkal menjaga diri adalah memejamkan mata.

حاشية البجيرمي على الخطيب - قَالَ بَعْضُهُمْ : سِتُّ كَلِمَاتٍ جَوْهَرِيَّةٍ لَا يَحْوِيهَا إلَّا الْعُقُولُ الزَّكِيَّةُ : أَصْلُ الْمَحَبَّةِ الْهَدِيَّةُ وَأَصْلُ الْبُغْضَةِ الْأَسِيَّةُ وَأَصْلُ الْقُرْبِ الْأَمَانَةُ وَأَصْلُ الْبَعْدِ الْخِيَانَةُ وَأَصْلُ زَوَالِ النِّعْمَةِ الْبَطَرُ وَأَصْلُ الْعِفَّةِ غَضُّ الْبَصَرِ .

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆


Kata ilmu itu memiliki 3 huruf:

1.     Huruf ‘ain berasal dari kata al-‘uluwwu: maka huruf a’in menarik pada pemilinya ke surga ‘illiyyin dan Alloh akan memberikan pada orang alim kemuliaan (al-‘izza) dengan berkah huruf ‘ain.

2.     Huruf lam berasal dari kata al-lathofah: maka huruf lam itu akan menjadikan pemiliknya sebagai orang yang lemah lembut dan Alloh akan memberikan pada orang alim kelembutan hati (al-tathofah) dengan berkah huruf lam.

3.     Huruf mim berasal dari kata al-mulku: maka huruf mim akan menjadikan pemiliknya raja bagi banyak orang dan Alloh akan memberikan pada orang alim mahabbah dan kewibawaan (al-mahabbah dan al-mahabah) dengan berkah huruf mim.

حاشية البجيرمي على الخطيب - لَطِيفَةٌ : قَالَ فِي عُيُونِ الْمَجَالِسِ : الْعِلْمُ ثَلَاثَةُ أَحْرُفٍ : عَيْنٌ وَلَامٌ وَمِيمٌ ، الْعَيْنُ مِنْ الْعُلُوِّ ، وَاللَّامُ مِنْ اللَّطَافَةِ ، وَالْمِيمُ مِنْ الْمُلْكِ ، فَالْعَيْنُ تَجُرُّ صَاحِبَهَا إلَى عِلِّيِّينَ ، وَاللَّامُ تُصَيِّرُهُ لَطِيفًا ، وَالْمِيمُ تُصَيِّرُهُ مَلِكًا عَلَى الْعِبَادِ ، وَيُعْطِي اللَّهُ الْعَالِمَ بِبَرَكَةِ الْعَيْنِ الْعِزَّ ، وَبِبَرَكَةِ اللَّامِ اللَّطَافَةَ ، وَبِبَرَكَةِ الْمِيمِ الْمَحَبَّةَ وَالْمَهَابَةَ .

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆https://mobile.facebook.com/groups/491693717548764?view=permalink&id=541362099248592&refid=18

https://mobile.facebook.com/groups/491693717548764?view=permalink&id=541372545914214&refid=18

0 Response to "271. ENAM KATA-KATA MUTIARA & RAHASIA KATA ILMU"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP