246. PERNIKAHAN GADIS DAN PERJAKA


Oleh : ╰•⇨Abdul Qohhar >> Diskusi Santri 


1.      Menikahi wanita gadis itu lebih utama dari pada wanita janda sebab:
a.       Wanita gadis lebih mesra dalam mula’abah (bercumbu rayu).
b.      Gadis lebih lembut tutur katanya dan lebih segar mulutnya.
c.       Lebih subur rahimnya.
d.      Lebih ridlo dengan nafkah yang sedikit atau dengan persetubuhan yang sedikit.

2.      Perkecualian  karena udzur:
a.       Keloyoan alat kelamin jantan dari membelah kegadisan (iftidlodl/izalatul bikaroh).
b.      Kebutuhan laki-laki pada wanita yang merawat keluarganya.

3.      Wanita gadis adalah wanita yang belum hilang kegadisannya. Demikian pula wanita yang telah hilang kegadisannya sebab haidl.

4.      Wanita janda adalah wanita yang telah hilang keperawanannya. Demikian pula wanita yang belum hilang keperawanannya karena sangat dalam selaput daranya (al-ghouro’) dan sudah pernah disetubuhi oleh suaminya. Wanita yang telah banyak merasakan banyak laki-laki yang berbeda-beda itu kadang-kadang kurang suka dengan kepribadian laki-laki yang tidak biasa ia rasakan.

5.      Wali lebih utama/sunah menikahkan anak wanitanya atau wanita itu sunah menikah dengan laki-laki yang:
a.      Perjaka yang belum pernah menikah sama sekali karena jiwa manusia itu cenderung merasakan kedamaian dengan seseorang yang dicintai pertama kali. Kecuali karena udzur.
b.      Tampan (jamil).
c.       Walud (subur) dst sebagaimana sifat dalam diri wanita.


حاشية البجيرمي على الخطيب - (ج 10 / ص 36)
قَوْلُهُ : ( وَيُسَنُّ أَنْ يَتَزَوَّجَ بِكْرًا ) هَذَا شُرُوعٌ فِي أَوْصَافِ الزَّوْجَةِ وَمَا تَقَدَّمَ فِي أَوْصَافِ الزَّوْجِ .وَفِي مَعْنَى الْبِكْرِ مَنْ زَالَتْ بَكَارَتُهَا بِنَحْوِ حَيْضٍ ، وَفِي مَعْنَى الثَّيِّبِ مَنْ لَمْ تُزَلْ بَكَارَتُهَا مَعَ وُجُودِ دُخُولِ الزَّوْجِ بِهَا كَالْغَوْرَاءِ .وَيُسَنُّ أَنْ لَا يُزَوِّجَ ابْنَتَهُ إلَّا مِنْ بِكْرٍ ، وَقِيَاسُهُ نَدْبُ نَظِيرِ الصِّفَاتِ الْآتِيَةِ فِي الزَّوْجِ أَيْضًا وَهُوَ ظَاهِرٌ بِأَنْ يَكُونَ دَيِّنًا جَمِيلًا وَلُودًا إلَخْ .قَوْلُهُ : ( لِخَبَرِ الصَّحِيحَيْنِ عَنْ جَابِرٍ إلَخْ ) وَلِقَوْلِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : { عَلَيْكُمْ بِالْأَبْكَارِ فَإِنَّهُنَّ أَعْذَبُ أَفْوَاهًا وَأَنْتَقُ أَرْحَامًا وَأَرْضَى بِالْيَسِيرِ } وَفِي رِوَايَةٍ : { عَلَيْكُمْ بِالْأَبْكَارِ فَإِنَّهُنَّ أَطْيَبُ أَفْوَاهًا وَأَضْيَقُ أَرْحَامًا وَأَرْضَى بِالْيَسِيرِ مِنْ الْجِمَاعِ } وَقَوْلُهُ : { أَنْتَقُ أَرْحَامًا } أَيْ أَكْثَرُ أَوْلَادًا يُقَالُ لِلْمَرْأَةِ الْكَثِيرَةِ الْأَوْلَادِ نَاتِقٌ وَفِي الْبَكَارَةِ ثَلَاثَةُ فَوَائِدَ : إحْدَاهُمَا أَنْ تُحِبَّ الزَّوْجَ الْأَوَّلَ وَتَأْلَفَهُ وَالطِّبَاعُ مَجْبُولَةٌ عَلَى الْأُنْسِ بِأَوَّلِ مَأْلُوفٍ ، وَأَمَّا الَّتِي مَارَسَتْ الرِّجَالَ فَرُبَّمَا لَا تَرْضَى بِبَعْضِ الْأَوْصَافِ الَّتِي تُخَالِفُ مَا أَلِفَتْهُ فَتَكْرَهُ الزَّوْجَ الثَّانِيَ .الْفَائِدَةُ الثَّانِيَةُ : أَنَّ ذَلِكَ أَكْمَلُ فِي مَوَدَّتِهِ لَهَا .الثَّالِثَةُ : لَا تَحِنُّ إلَّا لِلزَّوْجِ الْأَوَّلِ .وَلِبَعْضِهِمْ .نَقِّلْ فُؤَادَك حَيْثُ شِئْت مِنْ الْهَوَى مَا الْحُبُّ إلَّا لِلْحَبِيبِ الْأَوَّلِ كَمْ مَنْزِلٍ فِي الْأَرْضِ يَأْلَفُهُ الْفَتَى وَحَنِينُهُ أَبَدًا لِأَوَّلِ مَنْزِلِ ا هـ قَوْلُهُ : { هَلَّا بِكْرًا } إلَخْ هِيَ حَرْفُ تَنْدِيمٍ أَيْ إيقَاعٍ فِي النَّدَمِ إذَا دَخَلَتْ عَلَى مَاضٍ ؛ فَالْمَعْنَى هُنَا : وَقَعْت فِي النَّدَمِ يَا جَابِرُ ؛ فَإِنْ دَخَلَتْ عَلَى مُضَارِعٍ تَكُونُ لِلتَّحْضِيضِ وَهُوَ الطَّلَبُ بِحَثٍّ وَإِزْعَاجٍ .قَوْلُهُ : ( عَنْ الِافْتِضَاضِ ) بِالْفَاءِ أَوْ الْقَافِ ، وَهُوَ إزَالَةُ الْبَكَارَةِ .


☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆

☆▷▷ Kalau Belum Jelas, Ada Yang Ditanyakan Atau Koreksi Kesalahan Langsung Menuju Tempat Ngopi & Cakruan Kami, Cukup Klik Disini ◁◁☆

0 Response to "246. PERNIKAHAN GADIS DAN PERJAKA"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP