KEMBELINGAN MBAH SULAM




☆ KEMBELINGAN MBAH SULAM ☆

Assalamu'alaikum mas jhooon... semoga masih diberi nikmat kesehaatan, dan jangan lupa juga untuk ngopi biat tambah semangat berakrifitas... bagi yang santai at yg lagi puyeng mikir bojo po mikir utang monggo sejenak dipending dan nyimak kisah dibawah ini..

Mingkin kita blm kenal kalik sosok pak sulam... amprih apikke PGP sedikit perkenalka sosok beliau, katanyaa tak kenal maka tak ambung... hehe..

KH. Sullam Syamsun Dilahirkan pada tahun 1922 di Malang. Kiai berpangkat terakhir Brigadir Jendral bintang satu ini (satu-satunya penyandang pangkat tertinggi kemiliteran dari para tokoh NU yang pernah aktif di bidang kemiliteran) Ketika di Tebuireng itu, KH. Sullam Syamsun ini mempunyai organisasi yang bernama KPIM ( Kumpulan pemuda Indonesia Merdeka), KH. Sullam Syamsun adalah ketuanya sedngkan KH. Muchit Muzadi adalah anggotanya yang paling menonjol. Karena Belanda melarang penggunaan kata-kata "Indonesia" dan "merdeka", maka kepanjangan dari KPIM diubah menjadi "Kumpulan Pemuda Islam Malang".

itu seclumit pengenalannya... dan ini PGP suguhkan kisah mbelingnya... ⇩⇩

Mbah Hasyim As'ari punya santri Namanya Pak Sulam, bapakke bumunyati sulam, dipondok itu pak sulam hutangnya banyak, lha pas liburan pak sulam kirim surat pada mbah Hasyim As'ari bunyi suratnya begini :

◇▷ Kepada Kiyai Hasyim As'ari di tebu ireng jombang, Saya bapaknya Sulam,Mohon maaf Sulam tidak bisa balik kepondok karena MATI. 

Akhirnya kalih Mbah Hasyim nggih disholati lha wong mati, setelah disholatkan mbah Hasyim ngendikan :

◈▷" yo wes do dingapuro sulam cah, wong wes mati, nek enek klirune ngapuronen, nek enek utange ikhlasno..."

semua santri serempak jawab

●▷ "Ngiiiiiiiiihhhhhhhh..... !!!"

Habis para santri jawab nggih, tiba°° pak sulam muncul sambil tertawa..hehehehe.... yo akhire di kaploki sak pondok... hhhhhh niku mbelinge santri mbiyen..

Suatu hari Pak Sulam niku dadi tentara sama Pak Munasir pendiri PKB, Nderekke Pak Abdul Haris Nasution, pas waktu itu di makam pahlawan, pak Haris tau kalau ada santrinya mbah Hasyim lalu pak Haris menyuruh berdoa :

◇▷ "Sudah.. silahkan yg berdoa pak Munasir atau pak Sulam.."

kata pak Munasir

◆▷ "kon ae lam seng ndongo .... "

◑▷ "yo tak donganane" ( jawab pak sulam ) 

Pak sulam ndongo niku duuoooooowwwooone gak umum, sampek pak Haris Nasution itu menangis karena doanya pak Sulam, sangking dowone sangking appikke, sesudah selesai pak Haris Nasution memuji pak Sulam

◇▷ "Anda doanya hebat saya suka..."

tapi setelah keluar dan tidak ada orang sama sekali pak Munasir marah dan pak Sulam di kuaplok.. plaaaaaakkkk...

◆▷ "Ngawor ae kon iku lam..lam.. nang kuburan moco dongo pencak..."

◑▷ lha kulo ilinge karek niku kie.. ( jawab pak sulam sambil mringis )

itulah santri jaman dahulu walaupun gendeng°° tapi berkah ... dan manfaat..

ex : Dilarang Ditiru

SEKIAN

Saya tutup dengan kata°° bijak dari tukang tambal ban ⇩⇩

Santri itu ibarot telur dan kiyai itu ayamnya, dan tak semua telor itu bisa menetas dan menjadi ayam walau kadang dua telur bisa jadi anak.

0 Response to "KEMBELINGAN MBAH SULAM"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP