SYECH SITI JENAR DALAM KITAB KARANGAN MBAH FADHOL ( kitab Ahla al-Musamarah fi Hikayatil Auliya' al-'Asyrah )


Sayyid Abdul Jalil bin Abdul Qadir ia tidak menikah pekerjaannya belajar pada Sayyid Rahmat seperti yang telah disebutkan, keinginan paling besarnya adalah tersibukkan dg ilmu tasawwuf, maka ia memperdalam ilmu tauhid dan ma'rifat hingga naik ke ilmu Mukasyah. Ia tenggelam dalam al-wahdah dan ia fana dari segala sesuatu selain Allah secara kesuluruhan. Kemudian ia meminta ijin pada Sayyid Rahmat untuk pergi dr Ampel, Sayyid Rahmat-pun mengijinkan.

Lalu ia pergi dr sisi Raden Rahmat dan berjalan hingga sampai ke suatu desa yg bernana "siti jenar". Ia mengasingkan diri disana, menyepi dengan menyibukkan diri dengan dzikir, tafakkur.. semua itu dilakukan semata-mata ingin mendapat ridho Allah. Tidak tidur siang & malam hari tidak merasakan makanan minuman keculi sedikit, tiada henti-hentinya ia memasrahkan dr alam qudsi apa yang batinnya tidak mampu menampungnya, dan hatinya tidak mampu berpegang erat padanya.

Lalu ia menampakkan sesuatu yang samar di dalam batinnya ke dzahir jisimnya , itulah yg menyebabkan halalnya dialirkan darahnya (dibunuh). Adapun Ulama yg berfatwa membunuh Sayyid Abdul Jalil berdasarkan dzohirnya ilmu adl Sayyid Ibrahim, sedangkan ilmu hakikat sesuatu yg ada di batin beliau maka dipasrahkan pada Alloh.

memperlihatkan apa yang selama ini telah ia sembunyikan itu terjadi pada saat raden fatah memanggilnya untuk datang ke demak bintaro guna persiapan perang melawan prabu brawijaya..syekh siti jenar menjawab panggilan delegasi demak dgn menjawab : abdul jalil (syekh siti jenar( tidak ada disini, yang ada disini adalah Allah..

Nb:
Menampakkan sesuatu yg ada di dalam batinnya itu maksudnya seperti ucapan "Tidak ada Abdul Jalil, yang ada hanyalah Allah".

seakan orang memahami bahwa ia mengaku Allah (Allah bersatu dg dirinya). ini secara dzahirnya ilmu. Adapun hakikat dr ucapan tersebut dimaksudkan sprt apa oleh qail itu dipasrahkan pada Allah.
Wallahu A'lam..

واما السيد عبد الجليل بن السيد عبد القادر فانه لا يتزوج وكان من امره انه يتعلم العلوم من سيد رحمة كما تقدم ذكره، وانه كان اكبر همه الاشتغال بعلم التصوف فتغلغل في علم التوحيد والمعرفة وارتقي لي علم المكاشفة وغرق في الوحدة وفني عن الاغيار بالكلية ثم انه استاذن السيد رحمة في الانصراف عن عمفيل فاذن له.

فخرج من عنده وسار حتي وصل الي قرية يقال لها سيتي جنار. فاعتزل هنام وتخلي مشتغلا بالذكر والتفكر يبغي بذلك رضا المولي. لا ينام ليلا ولا نهارا. ولا يذوق طعاما ولا شرابا الا ما كان من ذلك قدرا يسير ولم يزل يفيض من علم القدس ما لا يسعه باطنه ولا يقوي علي الاستمساك عليه جنانه.

فرشح ما اخفاه في باطنه الي ظاهر جسمه فكان ذلك سببا لاستحلال اراقة دمه وكان الذي افتي بقتله علي ظاهر العلم السيد ابراهيم. وعلم حقيقة ما في بطنه مفوض الي الخبير العليم الحكيم.

وكان ذلك عند ما دعاه رادين فتاح لقتال براويجيا ملك مجافاهيت وقال للرسول ليس عبد الحليل ههنا وانما الذي كان ههنا هو الله. والله اعلم.

احلي المسامرة في حكاية الاولياء العشرة ٤٥-٤٦

0 Response to "SYECH SITI JENAR DALAM KITAB KARANGAN MBAH FADHOL ( kitab Ahla al-Musamarah fi Hikayatil Auliya' al-'Asyrah )"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP