SILATURAHIM


Lebaran identik dg silaturrahim, ada baiknya kita mempelajarinya terlebih dahulu. Iki diwoco kalem mas Jhoon ..
____________________
SILATURRAHIM
________________
Silaturrahim lazim dilakukan oleh seseorang ketika memasuki hari raya idul fitri, meski pada pada dasarnya tidak khusus pada hari raya idul fitri.

◐▷ silaturrahim atau menyambung persaudaraan dalam agama Islam sangatlah dianjurkan, dalam suatu hadis riwayat Ahmad dg sanad yang shahih dikatakan:
من سره ان يمد له في عمره ويزاد في رزقه فليبر والديه وليصل رحمه
"Barangsiapa yang ia senang dipanjangkan umurnya, ditambah rizkinya, maka berbaktilah pada orang tuanya dan sambunglah rahimnya".

◐▷ Yang sering dipahami oleh masyarakat silaturrahmi itu mukafaah (saling membalas). Dalam arti orang akan bersilaturrahmi jika telah didatangi dulu rumahnya, tidak demikian. Dalam suatu hadis riwayat Bukhari:
ليس الواصل بالمكافئ ولكن الواصل الذي اذا قطعت رحمه وصلها.
"Tidaklah dikatakan orang yang menyambung tali silaturrahim berdasarkan balasan, tetapi orang yang menyambung tali silaturrahim adalah ia yang apabila rahimnya memutuskan, ia menyambungnya."

◐▷ Dalam hadis di atas terdapat perintah menyambung tali silaturrahmi, lantas siapa saja yang wajib disambung?
Dalam hal ini terjadi khilaf dinatara ulama, sebagian ulama mengatakan rahim yang wajib disambung adalah yang mahram muabbad saja, namun menurut ulama lain ini mencakup juga dzawil arham (kerabat jauh). [syarah an-nawawi].

◐▷ Jika demikian lantas dengan apa silaturrahim itu dapat diperoleh?
Silaturrahim memang terdapat beberapa tingkatan, paling rendahnya adalah dengan tidak mendiamkannya (jawa: nyatru) dan menyambungnya dg perkataan meskipun dg salam. Adapun cara lainnya dengan saling berkunjung, tolong menolong, Qada' hajat.

◐▷ Batasan seseorang dikatakan memutus tali silaturrahim seperti apa?.
menurut Abu Zar'ah seyogyanya memutus tali silaturrahim dikhususkan pada perbuatan buruk. Namun menurut ulama lain, tidak sebaiknya dihususkan hanya dg berbuat buruk melainkan melebar hingga tidak berbuat baikpun masuk kategori memutus tali silaturrahim.
Termasuk di dalam memutuskan, jika sudah terbiasa melakukan perbuatan baik yang disenangi oleh kerabatnya, sebisa mungkin itu dilakukan secara terus menerus jangan dihilangkan, kecuali ada udzur. Seperti orang yang sudah terbiasa saling memberi kabar, atau memberi harta jika berkunjung. Karena apabila hal itu ditiadakan dikawatirkan akan menimbulkan kegelisahan dan menyakiti hati, yang berakibat pada dosa. [az-zawajir]

◐▷ Imam nawawi dalam al-Adzkar menyebutkan bahwa sunnah muakkad berkunjung dan memulyakan orang-orang shaleh, saudara, teman dan tetangga. Namun yang perlu diperhatikan, dalam berziarah seyogyanya dg cara yang disukai oleh yang diziarahi serta pada waktu yang mereka ridhoi.
Wallahu A'lam ..


◀ الزواجر عن اقتراف الكبائر 2/126
وقد نقل القرطبي في تفسيره اتفاق الأمة على وجوب صلة الرحم وحرمة قطعها.
ثم المراد بقطيعة الرحم ماذا؟ فيه اختلاف؛ فقال أبو زرعة الولي بن العراقي: ينبغي أن يختص بالإساءة. وقال غيره: لا ينبغي اختصاصه بذلك بل ينبغي أن يتعدى إلى ترك الإحسان؛ لأن الأحاديث آمرة بالصلة ناهية عن القطيعة ولا واسطة بينهما، والصلة إيصال نوع من أنواع الإحسان لما فسرها بذلك غير واحد فالقطيعة ضدها وهي ترك الإحسان. اهـ.
الزواجر : وعلى ضبط الثاني بما ذكرته فلا فرق بين أن يكون الإحسان الذي ألفه منه قريبه مالا أو مكاتبة أو مراسلة أو زيارة أو غير ذلك، فقطع ذلك كله بعد فعله لغير عذر كبيرة.
◀ فتاوي الفقهية الكبري 4/245
والمراد بالأرحام الذين يتأكد برهم وتحرم قطيعتهم جميع الأقارب من جهة الأب، أو الأم وإن بعدوا ومن ثم قال في الأذكار يستحب استحبابا متأكدا زيارة الصالحين والإخوان والجيران والأصدقاء والأقارب وإكرامهم وبرهم وصلتهم وضبط ذلك يختلف باختلاف أحوالهم ومراتبهم وفراغهم وينبغي أن يكون زيارته لهم على وجه لا يكرهونه وفي وقت يرضونه والأحاديث والآثار في هذا كثيرة مشهورة اهـ.
وبه علم الجواب عن قول السائل فكيف كيفية صلتهم، والله سبحانه وتعالى أعلم.
◀ موسوعة الكويتية
بم الصلة؟
9 - تحصل صلة الأرحام بأمور عديدة منها:
الزيارة، والمعاونة، وقضاء الحوائج، والسلام، لقوله صلى الله عليه وسلم: بلوا أرحامكم ولو بالسلام (1) ولا يكفي مجرد السلام عند أبي الخطاب (2)
◀ شرح النووي علي مسلم
قال القاضي عياض ولا خلاف أن صلة الرحم واجبة في الجملة وقطيعتها معصية كبيرة قال والأحاديث في الباب تشهد لهذا ولكن الصلة درجات بعضها أرفع من بعض وأدناها ترك المهاجرة وصلتها بالكلام ولو بالسلام ويختلف ذلك باختلاف القدرة والحاجة فمنها واجب ومنها مستحب لووصل بعض الصلة ولم يصل غايتها لا يسمى قاطعا ولو قصر عما يقدر عليه وينبغي له لا يسمى واصلا قال واختلفوا في حد الرحم التي تجب صلتها فقيل هو كل رحم محرم بحيث لو كان أحدهما ذكرا والآخر أنثى حرمت مناكحتهما فعلى هذا لا يدخل أولاد الأعمام ولا أولاد الأخوال واحتج هذا القائل بتحريم الجمع بين المرأة وعمتها أو خالتها في النكاح ونحوه وجواز ذلك في بنات الأعمام والأخوال وقيل هو عام في كل رحم من ذوي الأرحام في الميراث

0 Response to "SILATURAHIM"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP