PASUJUDAN SUNAN BONANG


Ѡ Pasujudan Sunan Bonang Ѡ

Disadur dr kitab Ahla al-Musamarah fi Hikayatil Auliya' al-'Asyrah 34-35.

Sayyid Ibrahim bin Sayyid Rahmat menikah dengan dewi Irah anak pr dr Joko Qandar dan memiliki anak pr yg disebut Rahil. Ia (sayyud ibrahim) menjadi imam bagi penduduk Lasem dan Tuban, ia bermukim di suatu desa bernama 'Bonang' berada di wilayah Lasem.

Ia menyendiri disana untuk beribadah di atas gunung yg disebut Gading Qarib, ia sungguh-sungguh dalam riyadoh dg menyedikitkan makan, meninggalkan enaknya tidur dan memerangi nafsunya dg tidak menuruti keinginann/hawanya. Ia senantiasa melakukan ibadah wajib dan sunnah, semata-mata menjelankan ketaatan pada Allah.
Tidak henti-hentinya Sayyid Ibrahim melakukan hal itu hingga ia menjadi Waliyullah ysng kemudian dikenal dg nama Sunan Bonang.

Sebagian dr karamah Sunan Bonang yg jelas, tetapnya bekas jidat, hidung, 2 lututnya dan ujung jari kakinya di atas batu cadas, ini masih ada hingga sekarang, dikenal dengan nama 'Sujudan' atau orang menyebut biasanya 'Pasujudan Sunan Bonang'. Dan orang² banyak orang² yg bertabarruk dg batu tersebut yg berada di atas gunung.

Di dekat batu tersebut ada sebuah kuburan seorang pr wanita seorang putri raja Cina yg bernama 'Putri Cempa'. Disebutkan bahwa ia masuk Islam.. lalu melihaf Sayyid Ibrahim sholat diatas batu cadas itu. Wanita itu jatuh cinta berat pada Sunan Bonang, ia menunggu Sunan Bonang selesau sholat, tp beliau tak kunjung selesai dr shalatnya hingga si wanita itu meninggal ditempat, dan dikuburkan di tempat itu juga. Dimakam wanita tersebut dibangun Qubah yg mana dibawah tiangnya ada tulang dari tulang belakang ikan laut.

Wallahu A'lam..

ولم يزل السيد ابراهيم علي ذلك حتي صار من كبار الاوليائ الله تعالي واشتهر بسنان بوناع. ومن كرامته الظاهر بقاء اثر جبهته وانفه وركبتيه ةاطراف قدميه علي صخرة صماء الي هذا الزمان واشتهر تلك الصخرة باسم سجودان، وتبقي متبركا بها الناس الان فوق الجبل المذكور. وفي موضع قريب من تلك الصخرة قبر امرءة من بنات ملوك الصين يقال لها فوتري جمفا. قيل انها اسلمت ورات السيد ابراهيم يصلي علي الصخرة فعشقته فمكث هناك حتي ماتت ودفنت هناك وضربت علي قبرها قبة كانت تحت اعمدتها عظام من فقرات عظام ظهر سمك البحر.

0 Response to "PASUJUDAN SUNAN BONANG"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP