NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (4)


★ NGAJI POSO ★
﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏

KITAB : Mabadi Awwaliyyah karya al-Ustadz Abdul Hamid Hakim

♝ BAGIAN EMPAT (4)♝
﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏

Assalamu'alaikum... kita lanjutkan lagi pembahasan kemarin monggo sami°° dipun simak, sambik leyeh°° juga boleh.. sambil nunggu buka mas jhooon..

Pada pembahasan yang kedua dalam ushul fiqih ini tentang ‪#‎an_Nahy‬ (larangan). Larangan dalam ushul fiqih diartikan sebagai sebuah tuntutan untuk meninggalkan dari yang lebih luhur kepada yang lebih rendah. Dalam pembahasan an-Nahy ini terdapat beberapa kaaedah:

●▷ 1. Asal dari sebuah larangan menunjukkan haram, kecuali ada dalil yang menunjukkan tidak haram. Allah berfirman: “dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya”.

●▷ 2. Larangan terhadap sesuatu itu merupakan perintah pada kebalikannya. Allah berfirman: “Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil”.

●▷ 3. Asal dari sebuah larangan itu menunjukan rusaknya hal yang dilarang dalam hal mu’amalah. Hal itu jika dikembalikan pada esensi akad itu sendiri. Seperti menjual kerikil. Karena Rasulullah melarang menjual krikil. {HR. Muslim}

Namun jika perkara tersebut dikembalikan pada hal yang diluar esensi akad yang tidak tetap, maka tidak rusak akadnya. Seperti transaksi jual beli saat panggilan shalat jum’ah. Allah berfirman: “apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli”. Larangan jual beli tersebut karena menghalangi melaksanakan shalat jum’ah yang merupakan suatu hal yang wajib, tetapi halangan terjadi bisa karena jual beli atau selainnya seperti makan.

المبحث الثاني في النهي
وهو الطلب الترك من الاعلى الي الادني. وفيه قواعد:
1. الاصل في النهي للتحريم إلا ما دل الدليل علي خلافه. قال تعالى: ولا تفسدوا في الارض بعد إصلاحها.
2. النهي عن الشيء امر بضده. قال تعالى: ولا تأكلوا أموالكم بينكم بالباطل.
3. الاصل في النهي يدل علي فساد المنهي عنه في المعاملات إن رجع النهي الي نفس العقد, كما في بيع الجصاة. لان النبي نهي عن بيع الحصاة. رواه المسلم.
وإن رجع الي امر خارج عن العقد غير لازم فلا كما في البيع وقت النداء الجمعة. قال تعالي: إذا نودي للصلاة من يوم الجمعة فاسعوا الي ذكر الله وذروا البيع للإخلال بالسعي الواجب الي الجمعة, والإخلال يوجد بالبيع وبغيره كالأكل.

Pembahasan yang ketiga tentang kaedah ‘Aam. ‘Aam oleh ulama ahli ushul di definisikan sesuatu yang mencakup dua hal atau lebih tanpa batas. Lafadz yang menampakkan lafadz ‘amm ada empat:

●▷ 1. Isim tunggal yang dima’rifatkan dengan alif lam. Allah berfirman: “Sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman”.

●▷ 2. Isim jamak yang dimakrifatkan dengan alif lam. Allah berfirman: “Allah mencintai orang yang berbuat baik”

●▷ 3. Laa (لا) yang masuk pada isim nakirah. Allah berfirman: “seseorang tidak dapat menggantikan seseorang lain sedikitpun”

●▷ 4. Isim Mubham seperti man (من) pada yang berakal. Allah berfirman: “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.” Dan ma (ما) bagi yang tidak berakal. Allah berfirman: “Dan Allah Maham melihat dengan apa yang kau lakukan”.
Ayyu (أي). Allah berfirman: “Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai Al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik)”.
Ayna (أين) Allah berfirman: “Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu”
Mata (متى) seperti lafad: “Kapan engkau bepergian, maka engkau tertalak”.

المبحث في العام وهو ما عم شيئين فصاعدا من غير حصر. والالفاظ الموضحة له اربعة:

1. الاسم الواحد المعرف باللام. قال الله تعالي: إن الإنسان لفي خسر إلا الذين آمنوا الآية.

2. اسم جمع المعرف باللام. قال الله تعالي: إن الله يجب المحسنين.

3. ولا في النكرات. قال الله تعالي: لا تجزي نفس عن نفس شيئا.

4. والاسماء المبهمة, كمن في من يعقل: قال تعالي:فمن يعمل مثقال ذرة خيرا يره. وما في ما لا يعقل. قال الله تعالي: والله بصير بما تعملون. واي, قال الله تعالي: أياما تدعوا فله الاسماء الحسني و أين في المكان, قال الله تعالي: اينما تكونوا يدرككم الموت. و متي في الزمان, متي سفرت فأنت طالق.

☆ SEKIAN & SEMOGA BERMANFAAT ☆

Saya tutup dengan sajak dari tukang tambal ban ⇩

▷ poso kenceng uripe bakal ......

0 Response to "NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (4)"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP