NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (22)


★ NGAJI POSO ★
▔▔▔▔▔▔▔▔
KITAB : Mabadi Awwaliyyah karya al-Ustadz Abdul Hamid Hakim

BAGIAN KE-DUA PULUH DUA(22)
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Assalamu'alaikum mas jhoooon.. langsung mawon ⇩⇩

●▷ Kaedah ke 18

اذا تعارض مفسدتان روعي اعظمها ضرار بإرتكاب اخفهما

Ketika ada dua kemaslahatan yang berbenturan, maka dijaga yang paling besar madaratnya dengan melaksanakan yang paling ringan mudaratnya.

Kaedah ini merupakan cabang dari kaedan asasiyah “Ad-Dararu Yuzalu”. Adapun contoh pengaplikasiannya adalah sebagi berikut:

a. Boleh membelah perut mayat yang di dalamnya terdapat janin anak yang ada kemungkinan hidup.

b. Tidak boleh meminum khomr dan judi karena kemudaratan dari keduanya lebih besar dari manfaatnya.

c. Disyariatkannya qisas, had dan memerangi pembegal jalan.

d. Boleh bagi orang yang terpaksa mengambil makanan orang lain secara paksa.

e. Boleh memotong pohon orang lain jika pohon tersebut daun atau rantingnya ada di udara rumah kita.

f. Jika orang dalam keadaan terpaksa dihadapkan pada memakan bangkai atau makanan orang lain yang ghaib, maka menurut qaul asoh baginya memakan bangkai, karena memakan bangkai bagi orang terpaksa diperbolehkan berdasarkan nash, sedangkan memakan makanan orang lain diperbolehkan berdasarkan ijtihad.

القاعدة الثامنة عشرة
اذا تعارض مفسدتان روعي اعظمها ضرار بإرتكاب اخفهما
الامثلة
منها: يجوز شق بطن الميت اذا كان في بطنه ولد ترجي حياته.
منها: لا يجوز شرب الخمر والميسر لان ضررهما اعظم من نفعهما.
منها: شرع في الدين القصاص والحدود وقتال قاطع الطريق.
منها: يجوز للمضطر اخذ طعام الغير قهرا.
منها: يجوز قطع شجرة الغير اذا حصل في هواء داره.
منها: لو وجد المضطر ميتة وطعام غائب فالاصح انه يأكل الميتة لانها مباحة بالنص وطعام الغير بالإجتهاد.

Kaedah ke 19

درء المفاسد مقدم علي جلب المصالح

Menolak kemafasadatan lebih didahulukan daripada mendatangkan kemaslahatan.

Kaedah ini merupakan cabang dari kaedan asasiyah “Ad-Dararu Yuzalu”. Adapun contoh pengaplikasiannya adalah sebagi berikut:

a. Berlebihan dalam berkumur dan menghirup air ke hidung itu disunnahkan, tapi hal itu makruh bagi orang puasa karena menjaga puasanya dari terbentur perkara yang dapat membatalkan puasanya.

b. Menyela-nyelai rambut itu sunnah dalam sesuci, tapi itu makruh bagi orang yang sedang ihram karena menjaga dari adanya rambut yang rontok.

c. Diperbolehkan meninggalkan sebagian kewajiban dengan kesulitan yang paling rendah, seperti berdiri dalam shalat, berbuka (mokel:jawa), taharah, tetapi tidak diperbolehkan memajukan (menghadapkan) pada perkara yang dilarang terlebih dosa besar.
Allah berfirman:

واللذين هم لفروجهم حافظون إلا على ازواجهم او ما ملكت ايمانهم فانهم غير ملومين فمن ابتغي وراء ذلك فأولئك هم العادون

Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki. Maka Sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa. Barangsiapa mencari yang di balik itu. Maka mereka Itulah orang-orang yang melampaui batas

القاعدة التاسعة عشرة
درء المفاسد مقدم علي جلب المصالح
الامثلة
منها: المبالغة في المضمضة والاستنشاق مسنونة وتكره للصائم حفظا للصوم من ان يطرق اليه المبطل.
منها: تخليل الشعر سنة في الطهارة ويكره للمحرم حفظا من سقوط شعره.
منها: سومح في ترك بعض الواجبات يأدني مشقة كالقيام في الصلاة والفطر والطهارة ولم يسامح في الإقدام علي المنهيات وخصوصا للكبائر.
قال الله تعالى: واللذين هم لفروجهم حافظون إلا على ازواجهم او ما ملكت ايمانهم فانهم غير ملومين فمن ابتغي وراء ذلك فأولئك هم العادون.

●▷ Kaedah yang ke 20

الاصل في الابضاع التحريم

Asal dari farji itu adalah haram
Contoh pengaplikasian kaedah ini adalah:

a. Ketika wanita mahram (yang haram dinikahi) itu bercampur dengan para wanita desa yang dibatasi, maka dilarang melakukan ijtihad, karena syarat daalam berijtihad mengenai sesuatu, seseuatu tersebut harus mubah, sehingga hukum asal itu menguatkan ijtihad. Boleh menikahi dalam bentuk yang tidak dibatasi, sebagai rukhsoh supaya pintu pernikahan tidak tertutup.

b. Ketika seseorang mewakilkan pada orang lain untuk membeli budak perempuan dan memberikan kriteria-kriteria budak tersebut, lalu wakil membeli budak dengan sifat yang telah disebutkan, kemudian wakil meninggal sebelum menyerahkannya pada orang yang mewakilkan. Maka tidak boleh bagi orang yang mewakilkan itu menyetubuhi budak tersebut, karena terjadi keraguan apakah si wakil itu membeli budak perempuan untuk dirinya sendiri atau untuk orang yang mewakilkan. Meskipun sifat kerakter budak yang dibeli sesuai dengan arahan orang yang mewakilkan, tetapi tetapi tetap haram bagi oran yang mewakilkan bersetubuh dengannya, sampai jelas hal yang menyebabkan kehalalan budak tersebut untuk disetubuhi.

القاعدة العشرون
الاصل في الابضاع التحريم
الامثلة:
منها: اذا اختلطت محرمة بنسوة قرية محصورات امتنع الإجتهاد لأن من شرط الاجتهاد في الشيء ان يكون اصله مباحة حتي يتأيد ذلك الاصل الاجتهاد وإنما جاز النكاح في صورة غير المحصورات رخصة لئلا ينسد باب النكاح ونفتح باب السفاح.
منها: لو وكل شخصا في شراء جارية ووصفها فاشترى الوكيل حارية بالصفة ومات قبل ان يسلمها للموكل لم يحل للموكل وطئها الاحتمال انه اشتراها لنفسه وان كان شراء الوكيل الجارية بالصفات المذكورة ظاهرا في الحل ولكن الاصل التحريم حتي يتقين سبب الحل.

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

★SEKIAN & SEMOGA BERMANFAAT★

Saya tutup dengan kata°° bijak dari tukang tambal ban ⇩

Wanita yg tidak suka kekerasan itu adalah wanita yang tidak menginginkan kehamilan. Hihi..

0 Response to "NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (22)"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP