NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (21)


★ NGAJI POSO ★
▔▔▔▔▔▔▔▔▔
KITAB : Mabadi Awwaliyyah karya al-Ustadz Abdul Hamid Hakim

BAGIAN KE-DUA PULUH SATU (21)
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Assalamu'alaikum mas jhooon.. langsung saja nggih lanjut pembahasannya ⇩

◆▷ Kaedah ke 16

ما ابيح للضرورات يقدر بقدرها

“Sesuatu yang diperbolehkan karena darurat, diperkirakan sesuai dengan kadar darurat”.

Kaedah ini merupakan cabang dari kaedan asasiyah “Ad-Dararu Yuzalu”. Adapun contoh pengaplikasiannya adalah sebagi berikut:

a. Bagi orang yang dalam keadaan darurat, tidak boleh memakan makanan yang diharamkan kecuali hanya untuk sekedar menyambung hidup.

b. Orang yang bermusyarah dalam hal khitbah, ketika sudah cukup mengatakan tidak secara terang-terangan pada orang yang akan melamar, seperti ucapan “Tidak patut bagimu”, maka tidak boleh baginya menjelaskan secara terang-terangan. Begitu juga ketika sudah cukup dengan satu orang maka tidak boleh dua orang dan seterusnya.

c. Jika seorang laki-laki ajnabi bermaksud pada wanita, maka wajib baginya menutupi lengan bagian bawahnya, dan tidak boleh membukanya kecuali sesuatu yang tidak bisa tidak harus dibuka karena ada tujuan.

d. Jika kita katakana jamaah jum’ah dalam satu desa boleh sulitnya berkumpul dalam satu tempat, maka tidak boleh mengadakan jamaah lain kecuali seukuran yang dapat menolak kesulitan tersebut. Jika sudah cukup tertangani dengan dua jamaah jumat, tidak boleh mengadakan jamaa yang ketiga.

القاعدة السادسة عشرة
ما ابيح للضرورات يقدر بقدرها
الامثلة
منها: لا يجوز اكل إلا اكل قدر سد الرمق
منها: من استشير في خاطب واكتفي بالتعريض كقوله لم يصلح لك لم يجز له العدول الي التصريح وكذلك اذا اكتفى بالواحد لم يعدل الى الإثنين وهلم جرا.
منها: لو قصد اجنبي امرأة وجب ان يستر جميع ساعدها ولا يكشف إلا ما لا بد منه للقصد.
منها: لا يجوز تزويج المجنون اكثر من واحد لاندفاع الحاجة بها.
منها: إذا قلنا يجوز تعدد الجمعة لعسر الاجتماع في مكان واحد لم يجز الا بقدر ما يندفع فلو اندفع بجمعتين لم يجز بالثالث.

◆▷Kaedah ke 17

الحاجة تنزل منزلة الضرورة

“Hajat menduduki kedudukan darurat”
Kaedah ini merupakan cabang dari kaedan asasiyah “Ad-Dararu Yuzalu”.

Adapun contoh pengaplikasiannya adalah sebagi berikut:

a. Disyariatkannya jualah (sayembara) hiwalah (peralihan) yang bertentangan dengan qiyas, karena di dalam jualah terdapat ketidaktauhan, dan di dalam hiwalah ada menjual hutang dengan hutang, diperbolehkan karena keumuman hajat pada transaksi jualah dan hiwalah.

b. Boleh melihat wanita ajnabi dalam rangka muamalah dan khitbah.

c. Boleh melaksanakan transaki muzaraah (kerjasama benih dari pemilik, upahnya dari hasil) mukhabarah (kerjasama benih dari pekerja) karena dalam perekonomian membutuhkan hal itu.

d. Boleh menjual yang tidak nampak di dalam tanah seperti bawang putih, bawang merah karena terdapat kemaslahatan yang umum yang tidak dapat dihindari oleh manusia, jika disyaratkan dalam menjual yang terpendam dalam tanah dikeluarkan terlebih dahulu sekali saja, maka akan terdapat kesulitan dan rusaknya harta yang tidak diperbolehkan syara’. Jika dalam jual beli harus disyaratka satu persatu, setiapdikeluarkan baru dijual, maka akan menimbulkan kesulitan dan mentiadakan kemaslahatan bagi pemilik harta tersebut dan kemaslahatan bagi pembeli terhadap sesuatu yang tidak samar. Kesulitan dan tidak adanya kemaslahatan itu tidaklah ditetapkan oleh syara’, dan kemaslahatan manusia pasti tidak akan terlaksana dengan hal itu.

القاعدة السابعة عشرة
الحاجة تنزل منزلة الضرورة
الامثلة
منها: شرعت الجعالة والحوالة علي خلاف القياس لما في الجعالة من الجهالة وما في الحوالة من يبيع الدين بالدين لعموم الحاجة الى ذلك.
منها: يباح النظر الي الاجنبية للمعاملة والخطبة.
منها: قول بعضهم يجوز المزارعة والمخابرة للحاجة اليهما في المعيشة.
منها: يجوز بيع المغيبات في الارض عند بعضهم كاللفت والفجل والبصل للمصلحة العامة التي لابد للناس فلو شرط لبيعه اخرجه دفعة واحدة كان في ذلك من المشقة وفساد اموال ما لا يأتي به شرع وان منع بيعه إلا شيئا فشيئا كلما اخرج شيئا باعه ففي ذلك من الحرج والمشقة وتعطيل مصالح ارباب تلك الاموال ومصالح المشتري ما لا يخفي وذلك مما لا يوجب

0 Response to "NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (21)"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP