KOPI BUKAN MINUMAN BIASA


쇼 NGOPI YUKZ 쇼

Sak ndulit tentang kopi, disadur dari Kitab Iryasdul Ihwan fi Bayani Syurbil Qahwah wa Ad-Dukhon Syekh Ihsan Jampes (Kediri)
___________________________________________

▶Penemu Kopi◀

An-Najm al-Ghazi berkata di kitab sejarahnya dalam menjelaskan biografi Abu bakar bin Abdullah Al-Syadzili yang dikenal dengan nama Al-Aydrus berkata bahwa ialah orang yang pertama kali menjadikan kopi pada saat ia diperjalanan menemukan tanaman bun (kopi), ia menemukan hasiat dalam minum kopi yang berupa meringankan otak, membuatnya begadang dan menjadikan giat dalam beribadah.

قال النجم الغزي في تاريخه في ترجمة ابي بكر ابن عبد الله الشاذلي المعروف بالعيدروس انه اول من اتخذ القهوة لما مر في سياحة بشجر البن فوجد فيه تخفيفا للدماغ واجتلابا للسهر وتنشيط للعبادة
__________________________________________

▶Hukum Minum Kopi◀

Beberapa imam mengharamkan minum kopi karena menurut mereka kopi itu berbahaya, sedangkan menurut mayoritas ulama’ kopi hukumnya adalah mubah. Tetapi fatwa ulama yaman yaitu al-Qadhi Ahmad bin Umar lebih fleksibel lagi dalam memandang kopi ia menganggap bahwasanya kopi itu tidak merubah akal, kopi hanya menghasilkan semangat, menyenangkan hati, dan tidak menimbulkan bahaya bahkan kadang ia membantu untuk menambah dalam beramal, jika amal itu ibadah maka meminumnya merupakan ibadah dan jika amal itu mubah maka meminumnya hukumnya mubah. Ini berlaku kaedah "wasilah dihukumi seperti maksudnya", karena kopi sebagai wasilah.

حرمها ائمة كثيرة ورجحوا فعندهم مضرة والاكثرون صرحوا معتمدا من انها مباحة
رايت فتوى بعض العلماء اليمن وهو القاضي احمد بن عمر المزجد انها لا تغير العقل وانما يحصل بذلك نشاط وطيب خاطر لا ينشأ عنه ضرر بل ربما كلن معونة علي الزيادة العمل فيتجه ان لها حكمه فان كان ذلك العمل طاعة فتناوله طاعة او مباح فمباح فان للوسائل حكم المقاصد
___________________________________________

▶Manfaat & Mudarat Kopi◀

■▷ Tetaplah engkau dengan meminum kopi pada setiap saat, sebab dalam meminum kopi terdapat beberapa manfaat yaitu memberi semangat, menguatkan pencernaan, menghilangkan riyak, melegakan nafas dan membantu pada suatu tujuan

■▷ Kopi membangkitkan kekuatan otak, menyedikitkan tidur/mengantuk bagi orang yang tidak terbiasa dan menimbulkan pengaruh pada otot yang ada ditubuh seseorang (memperlancar peredaran darah) pengaruh ini juga berlaku bagi laki-laki dan perempuan.

■▷ Kopi memiliki banyak manfaat terlebih bagi orang yang sibuk dengan akal ketika ia hendak membangkitakan pemikirannya seperti penyair, pengarang, pengajar dan semisalnya, tetapi kopi dapat berbahaya bagi orang yang mudah marah atau yang mengidap penyakit bersifat ghadab atau marah (darah tinggi). Ketika kopi di minum sebelum makan ia akan meminimalisir pencernaan dan meniadakan lemak, jika diminum setelah makan menurut sebagian ulama akan menguatkan perut dan pencernaan, tepai menurut sebagian ulama lagi sebaliknya. Tetapi pendapat yang lebih sesuai adalah pendapat yang pertama. Khasiat kopi juga bermanfaat bagi anak kecil dan orang yang masih dalam masa pertumbuhan.

■▷ Tetapi khasiat yang telah disebutkan itu berbeda-beda pengaruh kuatnya tergantung pada perut sedang kosong atau sudah terisi penuh, kadar kopi yang diminum dan umur yang meminumnya. Berdasarkan perbedaan sebab itulah sebagian ulama menganggap kopi itu bermanfaat bagi kesehatan dan sebagian ulama menganggap kopi itu berbahaya. Tetapi tidak ada seorang-pun yang ingkar tentang manfaat kopi yang tak terhitung jumlahnya seperti menguatkan pencernaan dan melancarkan peredaran darah.

■▷ Jika dalam menyeduh kopi di beri gula maka pengaruh dari kopi sebagaimana disebutkan diatas itu lambat, jika hanya kopi saja akan lebih cepat dan kuat pengaruhnya.


عليك بأكل البن في كل ساعة ففي البن للأكل خمس فوائد نشاط وتهضيم وتحليل البلخام تطيب انفاس وعون لقاصد
الاول تنبيه قوي الدماغ وغيرها الثاني انها تقليل النوم في الاشخاص غير المعتادين عليها والثالث تحدث تأثيرات عصبية موضوئة في القسم المرء كل هذه الظواهر تشاهد علي السواء في كل الجنس الرجال والنساء.
ان القهوة تفيد كثيرا من اصحاب الاشغال العقلية عند ما يريدن تنبيه افكارهم كالشعراء والمؤلفين والمدرسين وامثالهم وتضر بأصحاب السود او صفراوي المزاج والمصابين بالامراض الغضبية واذا شرب قبل ا

SEMOGA BERMANFAAT

SHARE ( HALAL )

0 Response to "KOPI BUKAN MINUMAN BIASA"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP