KISAH HILANGNYA CINCIN NABI SULAIMAN AS.o



♕ Kisah Hilangnya Cincin Nabi Sulaiman ♕

Disadur dr kitab Badai' al-Zuhur 152

Wahab bin Munabbah menceritakan bahwa Nabi Sulaiman memiliki cincin yang bertuliskan Asma A'dzam, beliau selalu menggunakannya siang dan malam. Setiap hendak memasuki kamar mandi beliau melepas cincin tersebut dan menitipkannya pada pelayannya yang sangat beliau percaya.

Suatu ketika beliau menitipkan pada budak pr nya, lalu datang setan yang beralih rupa menyerupai Nabi Sulaiman dan meminta cincin tersebut pada budak tersebut, dengan tanpa ragu sang budak langsung memberikannya. Setan yang berhasil mendapatkan cincin tersebut langsung pergi ke Kraton dan duduk di kursi.

Setelah itu datang para bala tentara dr golongan manusia, jin, burung sebagimana biasanya, mereka menduga jika ia benar² Nabi Sulaiman. Setelah itu Nabi Sulaimam keluar dr kamar mandi dan meminta cincin tersebut pada budaknya. Melihat Nabi Sulaiman budaknya tercengang dan bertanya:

■▷ "Siapa kamu?".

◆▷ Jawabnya: "aku Sulaiman bin Dawud".

■▷ Budak iti berkata: "Nabi Sulaiman telah mengbil cincinnya dan sekarang ia sedang duduk di kursi kerajaan".

Akhirnya nabi Sulaiman mengetahui jika setan telah menyamar dan mengambil cincinnnya.

Setelah itu nabi Sulaiman lari menuju ke tanah lapang, padang pasir. Setelah itu beliau merasa lapar dan haus. Lalu beliau meminta makan kepada masyarakat setempat dengan mengaku sebagai nabi Sulaiman, tapi para masyarakat tidak ada yang percaya. Beliaupun dalam keadaan lapar dan haus dg mengenakan pakaian tanpa tutup kepala selama 40hr.

Lalu beliau berjalan ke pinggir laut, beliau melihat segolongan nelayan pencari ikan sedang mencari ikan, akhirnya beliau ikut mencari ikan bersama mereka.

Lalu ada seseorang yang bernama Aasif bin Barkhaya memberi kabar dan berkata:

●▷ Wahai segolongan Bani Israil, cincin nabi Sulaiman telah dicuri oleh setan, ia berubah wujud menjadi nabi Sulaiman lalu mencuri cincin tersebut. Setan yang mengerti kabar itu langsung lari terbirit-birit ke laut lalu membuang cincin tersebut ke dasar laut. Cincin tersebut akhirnya dimakan oleh ikan. Kemudian nabi Sulaiman berdasarkan perintah Allah mencari ikan yang memakan cincinnya, dan membelah perutnya lalu mengambil cincin tersebut.

Akhirnya beliau meletakkan cincin tersebut ke jarinya lalu bersujud pada Allah sebagai bentuk rasa syukur.

قال وهب بن منبه كان سليمان لا يزال الخاتم معه في اصبعه دائما لا يفارقه ليلا ونهارا وكان اذا دخل الخلاء نزعه من اصبعه ووكل به احد ممن يثق به وكان علي ذلك الخاتم مكتوب الاسم الاعظم ففي مرة دخل الخلاء وكام قد نزعه واعطاه لجارية فجاء بعض الشياطين الي تلك الجارية علي صورة سليمان ولم تشك فيه الجارية فاخذ الخاتم منها ... الخ

0 Response to "KISAH HILANGNYA CINCIN NABI SULAIMAN AS.o"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP