77. PANDANGAN ULAMA' TENTANG PEMIMPIN WANITA

PERTANYAAN : 

Nafiel Muhammad > ‎CAFFEBY KISWAH

pertanyaan titipan:
assalamualaikum wr
Ji, kate takok pandangan ulama' tentang pemimpin dr wanita, baik memimpin negara, ibukota, ataupun daerah.. ulama' salaf dan kholaf

JAWAB : 

Putrine Umi 


dalam pandangan fiqh, perempuan menjadi pemimpin suatu negara ataupun daerah ada tiga pendapat:

1. tidak boleh, (imam syafii, hambali, malik) karena berdasarkan ketetapan hadist "tidak akan sukses suatu kaum jika menjadikan perempuan sebagai pemimpin.
pemimpin disini sifatnya umum, baik menjadi hakim lebih lebih pemimpin.


2. boleh menjadi pemimpin dlm kehakiman selain perkara tindak kriminal menurut pendapat imam hanafi.

3. boleh secara muthlaq, dinisbatkan pendapat ibnu jarir attobari.
karena siapa saja yg mampu menyelesaikan masalah boleh dijadikan pemimpin wanita atau pria,
penisbatan pendapat kepada imam ibnu jarir attobari ini adalah kebohongan belaka sebagaimana dikatakan imam abubakar ibnul arobi ra.

المرجع: فتاوى الأزهر - (ج١٠ ص ١٥ )

السؤال : ما حكم تولية المرأة للقضاء ؟

الجواب: فى تولى المرأة للقضاء ثلاثة آراء :

الرأى الأول : وهو رأى الجمهور وعليه الأئمة الثلاثة مالك والشافعى وأحمد، أنه لا يجوز، بناء على حديث رواه البخارى وغيره
"لن يفلح قوم ولوا أمرهم امرأة"

←←
illat:
لأن منعها من القضاء أولى من منعها من الولاية العامة،
――

قال ابن حجر فى " فتح البارى " :
وقد اتفقوا على اشتراط الذكورة فى القاضى

إلا عند الحنفية ، واستثنوا الحدود ،

وأطلق ابن جرير .

الرأى الثانى : جوازه مطلقا فى كل الأمور، ونسب إلى ابن جرير الطبرى ،
بحجة أن الأصل أن كل من يتأتى منه الفصل بين الناس فحكمه جائز، إلا ما خصصه الإجماع من الإمامة الكبرى،

Rodd hujah diatas:

ورد بأن شهادتها إذا كانت على النصف من شهادة الرجل بنص القرآن فهى لا تستقل بالحكم الذى هو نتيجة الشهادة ،

وعلق الماوردى فى كتابه "الأحكام السلطانية " على هذا الرأى بقوله : ولا اعتبار بقول يرده إجماع ، هذا ونص أبو بكر بن العربى على أن نسبة هذا القول إلى ابن جرير كاذبة ،
كما قال الشيخ محمد الخضر حسين,


تفسير القرطبى :
الرأى الثالث : جواز قضائها فيما تصح فيه شهادتها ، وذلك فى غير الجنايات التى فيها حدود ، وهو منسوب لأبى حنيفة .

وقال أبو بكر بن العربى : مراد أبى حنيفة ولايتها فى جزئية لا أن يصدر لها (مرسوم) بولاية القضاء العام.



▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Dalwa ◁◁

0 Response to "77. PANDANGAN ULAMA' TENTANG PEMIMPIN WANITA"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP