195. TA'ADUD JUM'AT ( MENDIRIKAN JUM'AT LEBIH DARI SATU )

PERTANYAAN : 

ابو الازكى > ‎CAFFEBY KISWAH

Assalamu alaikum.
Masih blum menemukan jawaban yg sreg.
Ketika ilat d perbolehkannya ta'addul jum'at sudah hilang pa masih boleh melaksanakn ta'addul jum'at.
padahal maajid baru sudah terlanjur d bangun dg indah.
N tentunya org yg sudah telanjur mendirikan masjid baru nggan jum'atan d masjid yg lama

JAWAB :



Ahmada Subhana

Tidak boleh ta'adduf jum'at ktika illatnya ta'ddud udah hilang (masyarakat bisa dikumpulkan dlm satu tempat).


تحفة المحتاج 2 ص 426


وأن ضابط العسر أن يكون فيه مشقة لا تحتمل عادة (في مكان) واحد منها، ولو غير مسجد فتجوز الزيادة بحسب الحاجة لا غير
_____

الشرواني

(قوله: ولو في غير مسجد) أي مع وجود مسجد فلو كان في البلد مسجدان وكان أهل البلد إذا صلوا فيهما وسعاهم مع التعدد وكان هناك محل متسع كزريبة مثلا إذا صلوا فيه لا يحصل التعدد هل يتعين عليهم فعلها فيه فيه نظر والأقرب نعم حرصا على عدم التعدد ع ش أقول ولا موقع لهذا التردد فإن كلام الشارح والنهاية والمغني هنا صريح في تعين نحو الزريبة فيما ذكر (قوله: فتجوز الزيادة إلخ) أي لأن الشافعي دخل بغداد وأهلها يقيمون بها جمعتين وقيل ثلاثا ولم ينكر عليهم فحمله الأكثر على عسر الاجتماع نهاية ومغني (قوله: بحسب الحاجة) ومع ذلك يسن لمن صلى جمعة مع التعدد بحسب الحاجة ولم يعلم سبق جمعته أن يعيدها ظهرا خروجا من خلاف من منع التعدد، ولو لحاجة شيخنا وسم ويأتي عن المغني والنهاية وشرح بافضل مثله

فتاوي الرملي 1 ص 278



(سئل) عما إذا جاز تعدد الجمعة لوجود مقتضيه ثم زال هل يفتقر أو لا؟
(فأجاب) بأنه لا يجوز تعدد الجمعة لعدم الحاجة إليه حينئذ.

Nafiel Muhammad

berkoment:

pencegahan jum’atan lebih dari satu adalah karena kekhawatiran tertentu dan hal itu sudah hilang. 

Kebolehan Jum’atan lebih dari satu itu juga berdasarkan hukum asal tentang pelaksanaan shalat Jum’at. 

Beliau berkata:
“Inilah maksud (Nabi Saw.) pembawa syari’ah.
” Beliau berargumen, bahwa bila pendirian shalat Jum’at lebih dari satu itu dilarang secara dzatnya, niscaya akan terdapat hadits yang menerangkannya, meskipunhanya satu. Sementara tidakada satupun hadits yang menyatakan begitu. Maka hal itu menunjukkan bahwa diamnya Nabi Saw. Itu bertujuan memberi kelonggaran kepada umatnya.”




0 Response to "195. TA'ADUD JUM'AT ( MENDIRIKAN JUM'AT LEBIH DARI SATU )"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP