177. ULUK SALAM NON MUSLIM ( KONTEKS PEPERANGAN)


PERTANYAAN :

البيهقي > ‎CAFFEBI DALWA

Mengucapkan salam pada non muslim tidak boleh hanya dalam konteks perang saja
_______________________________

◐▷Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi bersabda:
"Janganlah kalian mendahului orang-orang Yahudi dan Nasrani memberi
salam. Apabila kalian berpapasan dengan salah seorang di antara
mereka di jalan, maka desaklah dia ke jalan yang paling sempit. (HR. Muslim
Nomor 2167)

◐▷ Imam Bukhari
dalam Kitab Adab al-Mufrad bahwaRasulullah hendak pergi berperangdengan menaiki kendaraannya ke tempat perkampungan Yahudi dan mengatakan jangan memulai salam kepada mereka. Tentu saja mauperang kok pakai mengucapkan salam. Tidak mungkin kan! Dan dalamsuasana mau berangkat perang, kalau
ketemu bakal musuh di jalan, ya tentukita harus tunjukkan kebesarandengan menguasai jalan hingga mereka terdesak ke pinggir. Jadi, konteksnya adalah suasana perang, bukan suasana normal sehari-hari. Itu sebabnya para ulama seperti Ibn Abbas, Imam al-Thabari, Sufyan bin Uyainah, Abu Umamah, Ibn Abi
Syaibah, Imam Malik dan Imam Abu Hanifah tidak melarang kita memulaiucapan salam kepada pihak non Muslim.
_______________________________

1. Bagaimana istinbath hukumnya, sudah sesuai?
2. Bagaimana korelasinya dengan kaeda ushul
العبرة بعموم اللفظ لا بخصوص السبب؟
3. Adakah yang menentang / tidak setunu dg kaedah pd nomor 3?

JAWAB :

ابو الازكى

jawabane yo tetep sesuai mnurut madzhab mereka.n qt madzhab syafi'iy mau istimbatul hukmi dg cara madzhab qt pa madzhab hanafiy atw malikiy.ngotn to mbh hehe

وقاعدة مذهب الشّافعي رحمه الله أنّ النّهي عن الشّيء إن كان لعينه أو لوصفه اللازم له اقتضى الفساد - وثبت التّحريم - وأمّا إن كان الأمر لخارج عنه ينفكّ عنه في بعض موارده لم يقتض فساداً. سواء في ذلك العبادات أو العقود أو الإيقاعات.

الأصل في النهي التحريم حتى تأتي قرينة تصرفه إلى الكراهة.مثلاً: الشرب قائماً، ورد النهي عنه، لكن صرف هذا التحريم إلى الكراهة؛ لفعل النبي صلى الله عليه وسلم.وبعض العلماء يمثل لذلك بقول النبي صلى الله عليه وسلم: )لا يمس أحدكم ذكره بيمينه( فالأصل في النهي التحريم.وأجيب بأنه: للكراهة، لقول النبي صلى الله عليه وسلم: )إنما هو بضعة منك(.والصحيح الراجح: أن هذا القول يحتاج إلى دليل؛ لأن قوله: )إنما هو بضعة منك( يمكن أن نقيده باليسار، وعلى ذلك لا يكون على العموم، إلا أن يأتينا أحد بنص صريح عن النبي صلى الله عليه وسلم كما ورد في السؤال: أيتوضأ أحدنا من مس ذكره؟ وهذه الرواية الصحيحة: )من مس ذكره فليتوضأ( ليس فيها زيادة يمين، فمن أتانا بهذه اللفظة، وكانت صحيحة عن النبي صلى اللهعليه وسلم قلنا هي صارفة، ولكن نبقي النهي هنا للتحريم، فمن مس ذكره بيمينه فهذا محرم.وأيضاً: ممكن أن يأتي النهي للإرشاد لا للكراهة، كقول النبي صلى الله عليه وسلملـمعاذ : )يا معاذ ! إني أحبك - وقال:- لا تدعن أن تقول دبر كل صلاة: اللهم أعني على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك(؛ فهذا النهي: )لا تدعن( للإرشاد وليس للتحريم أو الكراهة، فهو يرشده للخير، ويحثه على أن يقول دبر كل صلاةاللهم أعني على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك(.النهي المطلق للفور والدوام

وَاخْتَلَفَ الْعُلَمَاءُ فِي رَدِّ السَّلَامِ عَلَى الْكُفَّارِ وَابْتِدَائِهِمْ بِهِ فَمَذْهَبُنَا تَحْرِيمُ ابْتِدَائِهِمْ بِهِ وَوُجُوبُ رَدِّهِ عَلَيْهِمْ بِأَنْ يَقُولَ وَعَلَيْكُمْ أَوْ عَلَيْكُمْ فَقَطْ وَدَلِيلُنَا فِي الِابْتِدَاءِ قوله صلى الله عليه وسلم لاتبدأوا اليهود ولاالنصارى بِالسَّلَامِ وَفِي الرَّدِّ قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُولُوا وَعَلَيْكُمْ وَبِهَذَا الَّذِي ذَكَرْنَاهُ عَنْ مَذْهَبِنَا قَالَ أَكْثَرُ الْعُلَمَاءِ وَعَامَّةُ السَّلَفِ وَذَهَبَتْ طَائِفَةٌ إِلَى جَوَازِ ابْتِدَائِنَا لَهُمْ بِالسَّلَامِ رُوِيَ ذلك عن بن عباس وأبي أمامة وبن أَبِي مُحَيْرِيزٍ وَهُوَ وَجْهٌ لِبَعْضِ أَصْحَابِنَا حَكَاهُ الماوردى لكنه قال يقول السلام عليك ولايقول عَلَيْكُمْ بِالْجَمْعِ وَاحْتَجَّ هَؤُلَاءِ بِعُمُومِ الْأَحَادِيثِ وَبِإِفْشَاءِ السَّلَامِ وَهِيَ حُجَّةٌ بَاطِلَةٌ لِأَنَّهُ عَامٌّ مَخْصُوصٌ بحديث لاتبدأو اليهود ولاالنصارى بِالسَّلَامِ وَقَالَ بَعْضُ أَصْحَابِنَا يُكْرَهُ ابْتِدَاؤُهُمْ بِالسَّلَامِ ولايحرم وَهَذَا ضَعِيفٌ أَيْضًا لِأَنَّ النَّهْيَ لِلتَّحْرِيمِ فَالصَّوَابُ تَحْرِيمُ ابْتِدَائِهِمْ وَحَكَى الْقَاضِي عَنْ جَمَاعَةٍ أَنَّهُ يَجُوزُ ابْتِدَاؤُهُمْ بِهِ لِلضَّرُورَةِ وَالْحَاجَةِ أَوْ سَبَبٍ وَهُوَ قَوْلُ عَلْقَمَةَ وَالنَّخَعِيِّ وَعَنِ الْأَوْزَاعِيِّ أَنَّهُ قَالَ إِنْ سَلَّمْتَ فَقَدْ سَلَّمَ الصَّالِحُونَ وَإِنْ تَرَكْتَ فَقَدْ تَرَكَ الصَّالِحُونَ وَقَالَتْ طَائِفَةٌ مِنَ العلماء لايرد عليهم السلام ورواه بن وَهْبٍ وَأَشْهَبُ عَنْ مَالِكٍ وَقَالَ بَعْضُ أَصْحَابِنَا يَجُوزُ أَنْ يَقُولَ فِي الرَّدِّ عَلَيْهِمْ وَعَلَيْكُمُ السلام ولكن لايقول وَرَحْمَةُ اللَّهِ حَكَاهُ الْمَاوَرْدِيُّ وَهُوَ ضَعِيفٌ مُخَالِفٌ لِلْأَحَادِيثِ وَاللَّهُ أَعْلَمُ

bgmn istinbath hukumnya?
maaf mbh klo q pribadi g tau cara istimbat hukumnya madzhab yg memperbolehkan mengucapkan salam pd org kafir.tp sbg penganut madzhab syafi'iy hukum mengucapkan salam pada orang kafir adalah haram.berdasarkan hadist لا تبتدوا الخ....... sdgkan pendapat yg membolehkan mengucapkan salam pd org kafir dg dalil hadist افشوا السلام adlh pendapat yg batil cz hadist trsebut adlh hadist العام المخصوص. n korelasi dr koidah العبرة بعموم اللفظ .....الخ tu sudah pas d terapkan pd hadist لا تبتدوا ......الخ
walpun asbabul wurud n sababnya larangan mengucapkan salam pd orang kafir tu saat perang tp yg d lihat d sini adalah lafal umumnya hadist tdk kehususan sabab munculnya hadist trsebut.sedangkan dilalah nahi pd hadist trsbt adlh haram
ref شرح النووي
وَاخْتَلَفَ الْعُلَمَاءُ فِي رَدِّ السَّلَامِ عَلَى الْكُفَّارِ وَابْتِدَائِهِمْ بِهِ فَمَذْهَبُنَا تَحْرِيمُ ابْتِدَائِهِمْ بِهِ وَوُجُوبُ رَدِّهِ عَلَيْهِمْ بِأَنْ يَقُولَ وَعَلَيْكُمْ أَوْ عَلَيْكُمْ فَقَطْ وَدَلِيلُنَا فِي الِابْتِدَاءِ قوله صلى الله عليه وسلم لاتبدأوا اليهود ولاالنصارى بِالسَّلَامِ وَفِي الرَّدِّ قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُولُوا وَعَلَيْكُمْ وَبِهَذَا الَّذِي ذَكَرْنَاهُ عَنْ مَذْهَبِنَا قَالَ أَكْثَرُ الْعُلَمَاءِ وَعَامَّةُ السَّلَفِ وَذَهَبَتْ طَائِفَةٌ إِلَى جَوَازِ ابْتِدَائِنَا لَهُمْ بِالسَّلَامِ رُوِيَ ذلك عن بن عباس وأبي أمامة وبن أَبِي مُحَيْرِيزٍ وَهُوَ وَجْهٌ لِبَعْضِ أَصْحَابِنَا حَكَاهُ الماوردى لكنه قال يقول السلام عليك ولايقول عَلَيْكُمْ بِالْجَمْعِ وَاحْتَجَّ هَؤُلَاءِ بِعُمُومِ الْأَحَادِيثِ وَبِإِفْشَاءِ السَّلَامِ وَهِيَ حُجَّةٌ بَاطِلَةٌ لِأَنَّهُ عَامٌّ مَخْصُوصٌ بحديث لاتبدأو اليهود ولاالنصارى بِالسَّلَامِ وَقَالَ بَعْضُ أَصْحَابِنَا يُكْرَهُ ابْتِدَاؤُهُمْ بِالسَّلَامِ ولايحرم وَهَذَا ضَعِيفٌ أَيْضًا لِأَنَّ النَّهْيَ لِلتَّحْرِيمِ فَالصَّوَابُ تَحْرِيمُ ابْتِدَائِهِمْ

Ibnu Mathori

Cuma iso nyumbang iki thok lur....

Hukum Mengucapkan Salam Kepada Non Muslim

Dari Abu Hurairah R.A. , Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﻟَﺎ ﺗَﺒْﺪَﺀُﻭﺍ ﺍﻟْﻴَﻬُﻮﺩ ﻭَﻟَﺎ ﺍﻟﻨَّﺼَﺎﺭَﻯ ﺑِﺎﻟﺴَّﻠَﺎﻡِ ، ﻭَﺇِﺫَﺍ ﻟَﻘِﻴﺘُﻢْ ﺃَﺣَﺪﻫﻢْ ﻓِﻲ ﻃَﺮِﻳﻖ ﻓَﺎﺿْﻄَﺮُّﻭﻩُ ﺇِﻟَﻰ ﺃَﺿْﻴَﻘﻪ

“ Janganlah kalian awali megucapkan salam kepada Yahudi dan Nasrani. Apabila kalian bertemu salah seorang mereka di jalan, maka pepetlah hingga ke pinggirnya. ” (HR. al- Muslim dari Abu Hurairah)

Mengenai hadits ini Imam Nawawi berkata, “ Larangan yang disebutkan dalam hadits di atas menunjukkan keharaman, Inilah yang benar bahwa memulai mengucapkan salam pada orang kafir dinilai haram.” (Syarh Shahih Muslim, 14: 145).

Mengenai hadits ini yang dimaksud dengan salam adalah ucapan salam islam yang mendoakan keselamatan, keberkahan akhirat seperti Assalaamu’alaikum, Hayyakallah, Barakallahu fiik, dll yang bermakna doa sedangkan mengucapkan salam seperti selamat pagi, selamat siang, dll yang tidak bermakna doa itu tidak apa apa.

Dari Usamah bin Zaid -radhiallahu ‘anhu- dia berkata:

ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺭَﻛِﺐَ ﺣِﻤَﺎﺭًﺍ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺇِﻛَﺎﻑٌ ﺗَﺤْﺘَﻪُ ﻗَﻄِﻴﻔَﺔٌ ﻓَﺪَﻛِﻴَّﺔٌ , ﻭَﺃَﺭْﺩَﻑَ ﻭَﺭَﺍﺀَﻩُ ﺃُﺳَﺎﻣَﺔَ ﺑْﻦَ ﺯَﻳْﺪٍ - ﻭَﻫُﻮَ ﻳَﻌُﻮﺩُ ﺳَﻌْﺪَ ﺑْﻦَ ﻋُﺒَﺎﺩَﺓَ ﻓِﻲ ﺑَﻨِﻲ ﺍﻟْﺤَﺎﺭِﺙِ ﺑْﻦِ ﺍﻟْﺨَﺰْﺭَﺝِ - ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﻗَﺒْﻞَ ﻭَﻗْﻌَﺔِ ﺑَﺪْﺭٍ . ﺣَﺘَّﻰ ﻣَﺮَّ ﻓِﻲ ﻣَﺠْﻠِﺲٍ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺧْﻠَﺎﻁٌ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴﻦَ ﻭَﺍﻟْﻤُﺸْﺮِﻛِﻴﻦَ ﻋَﺒَﺪَﺓِ ﺍﻟْﺄَﻭْﺛَﺎﻥِ ﻭَﺍﻟْﻴَﻬُﻮﺩِ , ﻭَﻓِﻴﻬِﻢْ ﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺑْﻦُ ﺃُﺑَﻲٍّ ﺍﺑْﻦُ ﺳَﻠُﻮﻝَ ﻭَﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﺠْﻠِﺲِ ﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺑْﻦُ ﺭَﻭَﺍﺣَﺔَ . ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﻏَﺸِﻴَﺖْ ﺍﻟْﻤَﺠْﻠِﺲَ ﻋَﺠَﺎﺟَﺔُ ﺍﻟﺪَّﺍﺑَّﺔِ , ﺧَﻤَّﺮَ ﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺑْﻦُ ﺃُﺑَﻲٍّ ﺃَﻧْﻔَﻪُ ﺑِﺮِﺩَﺍﺋِﻪِ ﺛُﻢَّ ﻗَﺎﻝَ : ﻟَﺎ ﺗُﻐَﺒِّﺮُﻭﺍ ﻋَﻠَﻴْﻨَﺎ . ﻓَﺴَﻠَّﻢَ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢْ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺛُﻢَّ ﻭَﻗَﻒَ ﻓَﻨَﺰَﻝَ ﻓَﺪَﻋَﺎﻫُﻢْ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻗَﺮَﺃَ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢْ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥَ

“Bahwa Nabi -shallallahu ‘alaihi wasallam- mengendarai keledai yang di atasnya ada pelana bersulam beludru Fadaki, sementara Usamah bin Zaid membonceng di belakang beliau ketika hendak menjenguk Sa’ad bin ‘Ubadah di Bani Al Harits Al Khazraj, dan peristiwa ini terjadi sebelum perang Badar. Beliau kemudian berjalan melewati suatu majelis yang di dalam majelis tersebut bercampur antara kaum muslimin, orang-orang musyrik, para penyembah patung, dan orang-orang Yahudi. Dan di dalam majelis tersebut terdapat pula Abdullah bin Ubay bin Salul dan Abdullah bin Rawahah. Saat majlis itu dipenuhi kepulan debu hewan kendaraan, ‘Abdullah bin Ubay menutupi hidungnya dengan selendang sambil berkata, “Jangan mengepuli kami dengan debu.” Kemudian Nabi -shallallahu ‘alaihi wasallam- mengucapkan salam pada mereka lalu berhenti dan turun, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengajak mereka menuju Allah sambil membacakan Al-Qur’an kepada mereka.”
(HR. Al-Bukhari no. 6254 dan Muslim no. 1798)

Di dalam hadits ini dijelaskan bahwa mengucapkan salam kepada suatu majlis yang terdiri dari orang muslim dan non muslim itu tidak apa apa sedangkan yang tidak boleh adalah mengucapkan salam kepada orang non muslim.

Hukum Menjawab Salam Non Muslim

Kebanyakan ulama berpendapat wajib menjawab salam non muslim (salam yang benar bukan salam yang disimpangkan) tapi bukan dengan ucapan salam yang mendoakan keselamatan, keberkahan, dll yang mengandung doa melainkan dengan hanya menjawab wa’alaikum

ﺇِﺫَﺍ ﺳَﻠَّﻢَ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺃَﻫْﻞُ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏِ ﻓَﻘُﻮﻟُﻮﺍ ﻭَﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ

“ Jika seorang ahli kitab (Yahudi dan Nashrani) memberi salam pada kalian, maka balaslah dengan ucapan wa’alaikum .” (HR. Bukhari no. 6258 dan Muslim no. 2163)

Dalam hadits ini sudah jelas jika menjawab salam orang non muslim kita jawab saja dengan ucapan wa’alaikum

ﻣَﺮَّ ﻳَﻬُﻮﺩِﻯٌّ ﺑِﺮَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻞ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺍﻟﺴَّﺎﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻚَ . ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ
« ﻭَﻋَﻠَﻴْﻚَ » . ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ
« ﺃَﺗَﺪْﺭُﻭﻥَ ﻣَﺎ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﺴَّﺎﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻚَ » . ﻗَﺎﻟُﻮﺍ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺃَﻻَ ﻧَﻘْﺘُﻠُﻪُ ﻗَﺎﻝَ « ﻻَ ، ﺇِﺫَﺍ ﺳَﻠَّﻢَ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺃَﻫْﻞُ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏِ ﻓَﻘُﻮﻟُﻮﺍ ﻭَﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ »

“ Ada seorang Yahudi melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu ia mengucapkan ‘as saamu ‘alaik’ (celaka engkau).” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas membalas ‘wa ‘alaik’ (engkau yang celaka). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Apakah kalian mengetahui bahwa Yahudi tadi mengucapkan ‘assaamu ‘alaik’ (celaka engkau)?” Para sahabat lantas berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana jika kami membunuhnya saja?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan. Jika mereka mengucapkan salam pada kalian, maka ucapkanlah ‘wa ‘alaikum’ .” (HR. Bukhari no. 6926)

Berhati hatilah kalian jika mendengar seorang non muslim mengucapkan salam kepada kalian karena mungkin itu adalah salam yang disimpangkan maka jika itu adalah salam yang disimpangkan jawablah sama seperti menjawab salam yang benar yaitu jawab dengan wa’alaikum hanya saja menjawab salam yang disimpangkan menurut para ulama tidak wajib. Tapi pada saat itu kondisi peperangan maka banyak yang menyimpangkan salam tapi menurut saya kalo jaman sekarang sepertinya sudah sedikit yg seperti itu.

Nafiel Muhammad

وقد ذهب إلى جواز ذلك النخعي وابن عيينة والأوزاعي ـ وأقر القرطبي أنه هو الظاهر من النصوص القرآنية، لولا وجود حديث سهيل هذا ـ ووافقهم إسحاق بن راهويه والطبري فيما إذا كان هناك سبب يقتضي ابتداءهم بالسلام كصحبة وحاجة وجوار وسفر ونحوها من الأسباب، والراجح الجواز مطلقا لعموم الأدلة، وإنما يمنع ابتداؤهم بالسلام في حالة الحرب فقط.

فثبت أن هذا الحديث جاء في سياق قصة تكشف عن معناه، وأنه ليس على عمومه، ولا على إطلاقه، وأن سهيل اختصره فأخل فيه، أو نسيه، أو أنه هو أو أبوه اجتهد في قياس أهل الكتاب والنصارى الذين كان
يجدهم في الشام على اليهود الذين ورد فيهم الحديث أو حمل الحديث على عمومه اجتهادا منه

بينما رواه أبو
بصرة الغفاري وأبو عبد الرحمن الجهني وعبد الله بن عمر، في سياق خروج النبي صلى الله عليه وسلم لحصار بني قريضة، فنهى أصحابه عن ابتدائهم بالسلام، وأمرهم أن يقتصروا بالرد على(وعليكم)، حتى لا يكون أمانا يمنع من حربهم، كما أمرهم بالتضييق عليهم في الطريق للسبب ذاته وهو أنه جاء لحربهم.

mungkin pernyataan diatas "mau perang kok pake salam" ini dicoret saja dan cukup dg pernyataan yg dibawahnya

jika tidak perang yabqo ala umumihi, mboten nopo'o njeh yi kulo condong pada pendapat niki... salam njeh katha jenis... salam manis salam ting ting salam ......

رواه إسماعيل بن عياش عن محمد بن زياد الألهاني وشرحبيل بن مسلم عن أبي أمامة (أنه كان لا يمر بمسلم ولا يهودي ولا نصراني إلا بدأه بالسلام)وعن أبي أمامة مرفوعا(أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم أن نفشي السلام

) ابن أبي شيبة في المصنف 5/249 و5/247 ، وعنه ابن ماجه في السنن ح رقم 3693 وقال البوصيري :إسناده صحيح رجاله ثقات.وهذا إسناد صحيح فإنه من رواية إسماعيل بن عياش عن أهل بلده وثقات شيوخه كمحمد بن زياد وشرحبيل بن مسلم صحيحة يحتج بها، كما في تهذيب التهذيب 1/282 .

hadist larangan ten mriku sanes hujjah umum, tapi khusus pada peperangan saja,

وحديث الجهني واضح وصريح بأنه في قصة حصار بني قريضة فكأن مسلما يرى أن حديث سهيل أو بعض رواياته ـ كرواية وكيع عن الثوري عن سهيل ـ كحديث الجهني وأبي بصرة الغفاري سواء وليس بالضرورة أن
يوافق مسلم
الفقهاء الذين احتجوا بهذا الحديث على إطلاقه وعمومه.

ada benarnya tergantung situasi. Istinbath haram dlm perang saja atau dimana umat islam diperlukan dlm hal yg serupa dg perang haibahnya, karena hadist diatas larangan tidak bersifat umum, tapi khusus dlm situasi, klu umpama dijadikan larangan bersifat umum, akan ada kontroversi dg dalil dalil lain yg bersifat umum atas kebolehanya, .....

cubi jenengan download

الإعلام بدراسة حديث (لا تبدؤوا المشركين بالسلام) مع الجمع بينه وبين أحاديث الباب في ابتداء غير المسلمين بالسلام ورده
د.حاكم المطيري أستاذ مساعد بقسم التفسير والحديث كلية الشريعة ـ جامعة الكويت

kesimpulan kulo:
Istinbath haram, tidak umum tapi dlm perang saja juga dlm situasi tertentu dimana umat islam diperlukan kewibaan dan kebesaran nama islam,

hadist diatas larangannya sebagian ulama berpendapat tidak bersifat umum, tapi bersifat khusus dlm situasi perang,

klu umpama hadist diatas dijadikan larangan bersifat umum, pastilah ada kontroversi dg dalil dalil lain yg bersifat umum atas kebolehanya...
Afwan

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Kiswah - CKW ◁◁

0 Response to "177. ULUK SALAM NON MUSLIM ( KONTEKS PEPERANGAN)"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP