103. HUKUM TIDAK JUM'ATAN KARENA PENYAKIT MENULAR


PERTANYAAN :

Fatih > ‎CAFFEBI DALWA

Assalamualaikum
يجب منع الأبرص والمجذوم من الجماعة ومن مخالطة الناس سواء الإمام وغيره ممن قدر على ذلك لأنه من باب الأمر بالمعروف والنهي؟

1.apa maksudnya?
2.apa orang berpenyakit seperti itu tidak wajib sholat jumat?
3.apa jika orang itu hadir sholat jum'at, apa kehadirannya menjadi udur nya jum'at bagi orang lain, dikarenakan takut menular?
4.bagi orang yang punya penyakit seperti itu, gimana hukumnya berkumpul dengan orang-orang?

JAWAB :

▣▷ البيهقي

tak kawiti ben gk eyel2an

Terdapat sebuah hadis "Selamatkan oleh mu dari orang berpenyakit majdzum seperti engkau menyelamatkan diri dari singa".

Hadis ini berimplikasi sunnahnya kita menghindari orang yang berpenyakit judzam. Tujuan menghindarinya bukanlah karena memusuhi tetapi karena hal manusiawi yang berupa menularnya penyakit dg perantara saling bersentuhan, bergaul dan mencium baunya.

→orang yg berpenyakit judzam / barash itu terlarang mendekati masjid baik untuk shalat jum'ah / jamaah. Begitu pula terlarang baginya bergaul dg masyarakat. Adapun mengenai nafaqahnya diambil dari baitul mal (perbendaharaan negara).

شرح النووي

والصحيح الذي قاله الأكثرون ويتعين المصير إليه أنه لانسخ بل يجب الجمع بين الحديثين وحمل الأمر باجتنابه والفرار منه على الاستحباب والاحتياط لا للوجوب

فتح الباري

أن الأمر بالفرار من المجذوم ليس من باب العدوى في شيء بل هو لأمر طبيعي وهو انتقال الداء من جسد لجسد بواسطة الملامسة والمخالطة وشم الرائحة ولذلك يقع في كثير من الأمراض في العادة انتقال الداء من المريض إلى الصحيح بكثرة المخالطة

حاشية الجمل

فقد نقل القاضي عياض عن العلماء منع الأجذم والأبرص من المسجد، ومن اختلاطهما بالناس اهـ. ح ل

حاشية البجيرمي علي الخطيب

ومن ثم قال العلماء يمنع المجذوم والأبرص من اختلاطهما بالناس ومن المسجد والجمعة ز ي مرحومي مع زيادة.

تحفة المحتاج

ومن ثم منع نحو أبرص وأجذم من مخالطة الناس وينفق عليهم من بيت المال أي فمياسيرنا فيما يظهر

اسني المطالب

وقد نقل القاضي عياض عن العلماء أن المجذوم والأبرص يمنعان من المسجد ومن صلاة الجمعة ومن اختلاطهما بالناس
____________

tak tambahi dulu..

البيان في مذهب الشافعي

وروي: «أن رجلا جاء إلى النبي - صلى الله عليه وسلم - ليبايعه، فأخرج يده فإذا هي جذماء، فقال له النبي - صلى الله عليه وسلم -: " ضم يدك، فقد بايعتك» ، وكان من عادته - صلى الله عليه وسلم - مصافحة من بايعه، فامتنع عن مصافحته لأجل الجذام.

Diriwayatkan ada seorang lk datang pada Rasulullah supaya dibai'at, lalu ia mengeluarkan tangannya ternyata punya penyakit judzam, lalu Rasul berkata padanya: kumpulkanlah tanganmu sungguh q telah membaitmu.
Kebiasaan Rasulullah itu bersalaman dg orang yg akan dibaiat, dan kali itu Rasul tidak menyalaminya karena ia punga penyakit judzam
______________

Historisnya begini loh, ada dalil yg secara dzahir bertentangan. satu hadis mengatakan Rasul pernah makan bersama orang berpenyakit judzam tp ada hadis yg memerintahkan untuk menjauhi orang yg berpenyakit judzam. Nah Umar ra. berpendapat bahwa perintah menjauhi judzam itu sudah dihapus oleh hadis yg menyatakan bahwa Rasul makan bersama judzam. Lalu imam Nawawi menyatakan bahwa pendapay yg benar menurut Jumhur kedua hadis itu tidak bertentangan dan menasakh. Tp wajib mengumpulkan (mengkompromikan) dua hadis diatas dan mengarahkan perintah pada hadis menjauhi org judzam itu pada hukum sunnah bukan wajib.

فتاوي الفقهية الكبري
(وسئل) المجذوم والأبرص وذو الروائح الكريهة هل تسقط عنه الجمعة والجماعة ويمنع من شهودهما؟ (فأجاب) بقوله نقل ابن العماد عن بعض مشايخه أن الأبخر ومن به صنان مستحكم كمن أكل نحو الثوم بل أفحش قال ومن رائحة ثيابه كريهة كذلك وعن المالكية أن من ابتلي بجذام أو برص وهو من سكان المدارس والرباطات أزعج وأخرج لحديث «فر من المجذوم فرارك من الأسد» «وأتاه - صلى الله عليه وسلم - مجذوم ليبايعه فقال أمسك يدك فقد بايعتك» وورد أنه أكل معه. ولعله لبيان الجواز إذا علم ذلك فيمنع من به ذلك من شهود الجمعة والجماعة ومن الشرب من السقايات المسبلة ولا يمنع من الصلاة وحده خلف الصفوف وللغير منعه من الوقوف معه.
____________

tak tambahi oleh to?

حاشيتا قليوبي و عميرة

وكراهة الاقتداء به وفسقه ولو بالتهمة واشتغال بمندوب نحو مناضلة ومسابقة وسمن مفرط وخشية فتنة له أو به ووجود مؤذ له ولو بالشتم وعمى، وإن أحسن المشي بالعصا إلا إن وجد قائدا لائقا به ولو بأجرة قدر عليها بما في الفطرة وبرص وجذام ويندب للإمام منع صاحبهما من المسجد ومخالطة الناس والجمعة والجماعات.

0 Response to "103. HUKUM TIDAK JUM'ATAN KARENA PENYAKIT MENULAR"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP