363. MAKRUH MINUM SEBELUM, KETIKA, DAN SESUDAH MAKAN


PERTANYAAN :

⏩ PunoKawan > ‎CAFFEBY KISWAH

Assalamu'alaikum
Saya mau tanya semoga sudi untuk menjawabnya..
Pernah membaca sebuah keterangan bahwa MAKRUH minum air sebelum makan. apakah itu benar dan apa hikmah dibalik hukum makruh itu sendiri
trimakasih...

JAWAB :

⏩ Jack Shona Al Chilmi

saya kok menemukan seperti ini to gus... mohon tanggapannya at mungkin bisa meluncur ke kitabnya :

memang dianjurkan untuk tidak minum sebelum makan atau ditengah tengah makan kecuali tersendak atau sangat haus~sab'ah kutub mufidah 145 :

(تتمة :في آداب الأكل و الشرب)يسن-إلى أن قال-و أن لا يكثر الشرب أثناء الطعام إلا إذا غص أو صدق عطشه~سبعة كتب مفيدة ١٤٥

Dalam kitab at tibh annabawy minum sebelum makan atau ditengah tengah makan dihukumi makruh entah makruh syar'i atau irsyadi (menurut kedokteran) dlm kitab yg sama juga dijelaskan bahwa yg paling utama adalah minum 1-2 jam setelah makan krn menurut ahli hikmah hal ini bisa menambah kecerdasan.

⏩البيهقي

Makruh minum itu ditengah2 dan setelah makan pas, kecuali alasan yg disebutkan oleh atasku ini. Keterangan tidak langsung minum setelah makan di Fatawa an-Nawawi kalau tidak salah sih. Pernah baca tp lupa.

Habib Lutfi konon jg demikian, abis menyantap makanan tidak langsung minum.

⏩ Rifaie Achmad

كتاب الطب النبوي لابن أيوب الدمشقي:
ويكره شرب الماء عقيب الرياضة والتعب، وعقيب الجماع وعقيب الطعام وقبله، وعقيب أكل الفاكهة وإن كان الشرب عقيب بعضها أسهل من بعض، وعقب الحمام وعند الانتباه من النوم فهذا كله مناف لحفظ الصحة ولا اعتبار بالعوائد.
_____________

Kitab yg menyatakan makruh karena faktor menjaga kesehatan adalah Tibb Nabawiy - nya Imam Ibn Ayyub Ad Dimasyqiy, fokus di "
يكره..... عقيب الطعام وقبله
Melihat redaksi عقيب seperti nya senggang waktu yang terlalu dekat antara makan dgn minum.

Selanjutnya, kitab kitab yg populer hanya mampu kami temukan konsep minum di tengah tengah makan, sama atau 11-12 dgn jawaban yg sudah masuk.

قال أبو حامد الغزالي رحمه الله :
" لا يكثر الشرب في أثناء الطعام إلا إذا غص بلقمة ، أو صدق عطشه ، فقد قيل : إن ذلك مستحب في الطب ، وإنه دباغ المعدة " انتهى .
" إحياء علوم الدين " (2/5) .

وقال ابن الجوزي رحمه الله :
" ولا يشرب الماء في أثناء الطعام ، فإنه أجود في الطب ، وينبغي أن يقال إلا أن يكون ثَمَّ عادة" انتهى . يعني : إلا أن يكون من عادته الشرب أثناء الطعام فلا بأس .
نقلا عن " الآداب الشرعية " لابن مفلح (3/178) .

وقال ابن مفلح رحمه الله :
"وتفسد الفاكهة بشرب الماء عليها ، قال بعض الأطباء : مصابرة العطش بعد جميع الفواكه نعم الدواء لها , ورأيت بعض الناس يشرب الماء بعد التوت الحلو غير الشامي وبعد التين ويقول : إنه نافع يهضمه ويحكيه عن بعض الأطباء , والمعروف عن الأطباء أنهم نهوا عن شرب الماء بعد الفواكه مطلقا ويقولون : إنه مضر , وذكر الأطباء أنه يشرب بعد التوت والتين السكنجبين وأنه يدفع ضرره " انتهى . " الآداب الشرعية " (3/214) .

وقال المرداوي رحمه الله :
"ولا يشرب في أثناء الطعام . فإنه مضر , ما لم يكن عادة" انتهى .
" الإنصاف " (8/332) .
.
Sehingga, asumsi pribadi kami sementara, sebelum dan sesudah makan dgn jarak waktu terlalu dekat di makruh kan menurut kitab Tibb Nabawiy-nya Ibn Ayyub. Sementara menurut yg lain sprt Al Ghozali dlm Ihya, Ibn Jauziy, Al Mardawi dlm Inshof, sangat diharapkan tidak minum di tengah tengah makan.

⏩ Jack Shona Al Chilmi

Pelengkap saja dari Fatwa imam nawawi :

1 - ومن آداب الأكل أن يبدأ بـ "بسم الله" ويجهر به ليذكر الكبير، ويعلم الصغير، ويبعد الشيطان عن مشاركته.
2 - وأن يأكل باليد اليمنى مخالفًا لأكل الشيطان، لأن الشيطان يأكل بشماله ويعطي بشماله ويأخذ بشماله.
3 - وأن يصغر اللقمة كما أشار المصنف، ويُجيد مضغها، ولا يتناول الثانية حتى يبلع اللقمة الأولى؛ فإن ذلك من العجلة المذمومة.
4 - وأن لا يذم الطعام، أو يمدحه، فإن الذم ازدراء للنعمة وكفران لها، والمدح دليل الحب له والتعلق به.
5 - وأن يأكل مما يليه إلا الفاكهة، أو عند تنوع الطعام.
6 - وأن لا يضع على الخبز إناءً أو كأسًا، إلا ما يأكله من أدم، ولا يمسح يده بالخبز.
7 - وإذا سقطت لقمة فليأخذها وليُمط الأذى عنها ويأكلها ولا يدعها للشيطان.
8 - ولا ينفخ في الطعام الحار؛ بل يصبر حتى يسهل أكله.
9 - وأن لا يكثر الشرب أثناء الطعام إلا إذا غص، أو صدق عطشه، وهو مستحب في الطب.
10 - وأن لا يأكل وحده لأنه دليل الشره فخير الطعام ما كثرت عليه الأيدي.
11 - وأن ينوي بأكله التقوى على طاعة الله، ليثاب على ذلك، وليحذر قصد التلذذ فحسب فهو من شأن أهل الغفلة، المفتونين بشهوة البطن.
12 - وأن لا يبتدىء بالطعام ومعه من يستحق التقديم من أستاذ ووالد، أو كِبَرِ سن.
13 - وأن لا ينظر إلى أصحابه ويراقب أكلهم فيستحون بل يغض بصره عنهم.
14 - وأن يؤثر غيره بأطايب الطعام فإن ذلك داع للمحبة والألفة.
ومن أراد الاستزادة فليرجع إلى كتاب الإحياء للإمام الغزالي. اهـ

1. Memulai makan dengan membaca basmallah secara keras agar mengingatkan orang dewasa dan mengajari anak kecil serta menjauhkan syetan dari ikut makan.
2. Makan dengan tangan kanan bertujuan utk menyelisihi syetan,karena syetan itu makan dengan tangan kiri, memberi dengan tangan kiri dan mengambil dengan tangan kiri.
3. Memperkecil suapan dan memperbagus kunyahan, serta tidak mengambil suapan kedua sebelum menelan suapan yg pertama karena ini termasuk ketergesa gesaan yang tercela.
4. Tidak mencela dan tidak memuji makanan karena mencela makanan termasuk penghinaan terhadap nikmat dan kufur nikmat, sedangkan memuji makanan menunjukkan kecintaan dan ketergantungan kepadanya.
5. Memakan yang ada di depannya saja kecuali buah2an, atau ketika makannya bermacam macam.
6. Tidak meletakkan cawan atau gelas diatas roti kecuali lauk yg dimakannya, dan tidak mengusapkan tangannya pada roti.
7. Ketika suapannya jatuh maka ambillah dan buang kotorannya, kemudian makanlah jangan ditinggalkan utk syetan.
8. Jangan meniup makanan yg panas tetapi bersabarlah hingga mudah memakannya.
9. Jangan memperbanyak minum ditengah2 makan kecuali ketika tersedak atau benar benar haus, ini dianjurkan dalam kedokteran.
10. Jangan makan sendirian karena ini menunjukkan keserakahan, sebaik2 makanan adalah yang banyak tangannya.
11. Niatnya makan adalah supaya kuat terhadap ketaatan kpd Allah agar mendapat pahala dari hal itu, berhati hatilah dari beniat meraih kenikmatan , maka cukuplah itu sebagai kelakuan orang2 yg lupa yg terfitnah oleh syahwatnya perut.
12. Jangan memulai makan terlebih dahulu ketika bersamanya ada orang lain yg berhak untuk didahulukan misalnya guru, ortu atau orang yang umurnya lebih tua.
13. Jangan melihat kepada temannya dan meneliti cara makannya karena bisa membuatnya malu, tetapi tutuplah penglihatanmu dari mereka.
14. Mengalah kepada yg lainnya dengan makanan yang baik2 karena hal itu bisa menarik rasa kecintaan dan kenyamanan.

↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓

☆▷▷ Kalau Belum Jelas, Ada Yang Ditanyakan Atau Koreksi Kesalahan Langsung Menuju Tempat Ngopi & Cakruan Kami, Cukup Klik Disini ◁◁☆

0 Response to "363. MAKRUH MINUM SEBELUM, KETIKA, DAN SESUDAH MAKAN"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP