NGAJI POSO : SHOLAT TARAWIH BAG 1



NGAJI POSO NGOLAH ROSO LAN JIWO

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔
Kajian   :   5 ( Lima )
Kitab     :   Hujjah Ahlussunah Wal Jama'ah
Bab        : Solat Tarawih bag 1

☆ SINAU BARENG PGP-CKW-DS ☆
=============================

Assalamu'alaikum mas jhooon...kuat ngempet syahwate to mas jhooon... masak setengah hari saja gak kuat sedang jomblo bertahun tahun saja kuat..hihi.. pun langsung saja kita lanjutkan

              Shalat tarawih juga masih diperdebatkan di kalangan ulama. Kondisi ini sebaiknya tidak sampai menimbulkan pertengkaran antar sesama saudara muslim.

Menurut kami, selaku pengikut madzhab syafi’iy, dan bahkan dalam madzhab ahlussunnah wal jamaah, shalat tarawih adalah dua puluh rekaat. Shalat tarawih hukumnya sunnah ‘ain yang muakkad bagi kaum lelaki dan perempuan, menurut pendapat ulama hanafiyyah, syafi’iyyah, hanabilah dan malikiyyah.

- Shalat tarawih Sunnah a’indilakukan secara berjamaah, menurut ulama syafi’iyyah dan hanabilah.
 - Ulama Malikiyyah memandangnya mandub (dianjurkan) dilakukan secara berjamaah.
- Sementara ulama hanafiyyah memandang tarawih secara berjamaah sebagai sunnah kifayah bagi penduduk kampung. Jika sebagian penduduk sudah ada yang melakukannya, maka yang selebihnya gugur kesunnahan berjamaah.[1]

▷ Kesunnahan shalat tarawih ditetapkan oleh para imam madzhab berdasarkan perbuatan Rasulullah SAW. Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan hadis yang menyatakan, bahwa :

" Rasulullah SAW pernah keluar rumah di tengah malam pada beberapa malam di bulan ramadhan, tepatnya selama tiga malam secara terpisah-pisah, yakni pada malam tanggal 23, 25 dan 27 Ramadhan. Beliau SAW shalat di masjid dan orang-orang pun ikut shalat seperti shalat beliau pada malam-malam tersebut.

Beliau SAW shalat bersama mereka delapan rekaat (yakni dengan empat kali salam, sebagaimana yang dijelaskan nanti). Mereka kemudian meneruskan rekaat selebihnya di rumah masing-masing, (dalam arti mereka menyempurnakan sampai duapuluh rekaat, sebagaimana yang akan dijelaskan nanti). Dan suara sholat mereka terdengar seperti suara lebah.[2] "

⇨ Dari sini jelaslah bahwa Rasulullah SAW  mensunnahkan mereka melakukan shalat tarawih dan dilakukan secara berjamaah. Hanya saja, beliau melakukannya bersama mereka tidak dengan bilangan dua puluh rekaat, sebagaimana yang bilangan tarawih yang sudah berjalan sejak jaman sahabat dan jaman sesudahnya sampai sekarang. Sementara tidak keluarnya beliau SAW kepada mereka (pada selain tiga malam tersebut) disebabkan khawatir kalau-kalau shalat tersebut nantinya diwajibkan kepada mereka, sebagaimana yang dijelaskan pada sebagian riwayat.

Dari cerita ini pula maka jelaslah bahwa bilangan rekaat tarawih tidak terbatas pada delapan rekaat sebagaimana yang pernah beliau saw lakukan bersama para sahabat. Dengan alasan bahwa mereka meneruskan tarawihnya (sampai dua puluh rekaat) di rumahnya masing-masing.

Dan lagi, tindakan Umar bin Khatthab ra benar-benar menjadi penjelas bahwa jumlah rekaat tarawih adalah dupuluh rekaat, dimana pada akhir masa pemerintahannya, Umar mengorganisir orang-orang untuk melakukan shalat tarawih duapuluh rekaat di masjid. Para sahabat pun menyetujui tindakan Umar tersebut dan tidak ada seorang pun dari khulafaur-rasyidin yang datang sesudahnya yang menentang atau memprotes tindakannya. Mereka pun meneruskan shalat tarawih secara berjamaah sebanyak duapuluh rekaat.[3]

▶ Rasulullah SAW bersabda :

عَلَيْكُمْ بِسُنَّتِيْ وَ سُنَّةِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ الْمَهْدِيِّيْنَ. عَضُّوْا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِدِ. (رواه  ابن داود)

Artinya : “Kalian harus berpegangan pada sunnah (tradisi)-ku dan sunnah (tradisi) khulafaur-rasyidin yang memperoleh petunjuk. Gigitlah sunnah tersebut dengan gigi gerahammu” (HR Abu Dawud).
_____________________________________________

[1]  Madzahib al-Arba'ah, Syaikh Abd Rahman al-Jaziri, I/324
[2] Madzahib al-Arba'ah, Syaikh Abd Rahman al-Jaziri, I/324, Hawasyai asy-Syarwani II/240, dan Bujairimi Khotib III/472
[3] Umat Islam di Masa Khalifah Utsman salat Tarawih 20 Rakaat (riwayat al-Baihaqi dalam as-Sunan al-Kubra No 4801), dan Sayidina Ali memerintahkan umat Islam salat Tarawih 20 rakaat (Mushannaf Ibnu Abi Syaibah II/285)
_____________________________________________

ان كان هنا خلاف, فهو ايضا مما ينبغي عدم تبادل الإنكار بشأنه. و هي عندنا نحن الشافعيه, بل و في مذهب اهل السنة و الجماعة عشرون ركعة. و هي سنة عين  مؤكـدة للرجال و النساء عند الحنفية و الشافعية و الحنابلة و المالكية. و تسن فيها الجماعة عينا عند الشافعية و الحنابلة. و المالكية قالوا : الجماعة فيها مندوبة. و الحنفية قالوا : الجماعة فيها سنة كـفاية لأهل الحي, فلو قام بعضهم سقط الطلب عن الباقين.
و قد اثبت سنـيتها الأئمة بفعل النـبي صلى الله عليه و سلم. فقد روى الشيخان, انه صلى الله عليه و سلم خرج من جوف الليل ليالي من رمضان. و هي ثلاث متفرقة : ليلة الثالث و الخامس و السابع و العشرين. و صلى في المسجد و صلى الناس بصلاته فيها. و كان يصلي بهم ثمان ركعات  (أي بأربع تسليمات كما سيأتي), و يكملون باقيها في  بيوتهم (أي حتى  تتم عشرون  ركعة لما يأتي). فكان يُسمَع لهم ازيز كأزيز  النحل.

و من هذا يتـبـين ان النـبي صلى الله عليه و سلم سـن لهم التراويح و الجماعة فيها, و لكـنه لم يصل بهم عشرين ركـعة, كما جرى عليه العمل من عهد الصحابة و من بعدهم الى الآن. و لم يخرج  صلى الله عليه و سلم اليهم خشـية  ان تفرض عليهم كما صرح به في بعض الروايات.
و من هذا ايضا يتبـين ان عددها ليس قاصرا على الثمان الركـعات التي صلاها بهم, بدليل انهم كانوا يـكملونها في بـيوتهم.

و قد بـيّن  فعل عمر رضي الله عنه أن عددها عشرون, حيث انه جمع الناس اخيرا على هذا العدد في المسجد, و وافقه الصحابة على ذلك, و لم يوجد مخالف ممن بعدهم من الخلفاء الراشدين ( و استمروا يصلونها جماعة عشرين ركـعة). و قد قال النـبي صلى الله عليه و سلم : عليكم بسـنتي و سنة الخلفاء الراشدين المهديّـين. عضّوا عليها بالنواجـد. (رواه  ابن داود)
_____________________________________________

( Wallohua'lam )

SEMOGA BERMANFAAT

BERSAMBUNG

_________________________________________
_________L_I_K_E__&__S_H_A_R_E_________

#ayo_poso
#ayo_golek_roso_ojo_golek_rondo

___________

Nb. Kritik, saran, koreksi kesalahan lafadz dan makna sangat kami harapkan dan kami tunggu koreksinya.

0 Response to "NGAJI POSO : SHOLAT TARAWIH BAG 1"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP