307. HUKUM SHOLAT KAFAROH ( BARO'AH )


PERTANYAAN : 

Jack Shona Al Chilmi > ‎CAFFEBY KISWAH

MOHON PENCERAHANNYA GUS TENTANG SHOLAT KAFAROT yang sudah menyebar di via WA,
monggo tanggapannya .....

JAWAB :

╰•⇨ الليهقي

Poinnya:

¤ Hadis yang dijadikan sandaran shalat kafarat itu maudu'. Jelas mardud.

¤ Masih pada tataran khilaf: bolehkan mengqada' shalat yg sdh keluar waktunya tanpa ada sebab? Bukankah justru akan menimbulkan peremehan oleh org awan terhadap shalat? Pihak yg melarang berdiri atas dalih ini. Sementara pihak yg membolehkan menggunakan dalih "kebolehan mengqada' shalat disertai keraguan" yg dikemukakan oleh Qadi Husain, Al-Ghazi, dan Al-Ghazali.

¤ Perselisihan hanya berkutat pada bolehkan meyakini shalat lima waktu yg dilakukan pd akhir ramadan dapat mengqada' sejumlah sholat yg tidak sempat dilakukan dalam setahun itu? Tentu jawabannya tidak boleh. Lalu bolehkan melakukan shalat lima waktu pd hari tersebut? Menurut sy pribadi, silahkan saja ikut shalat dg niat qada', dan membebaskan hati dr keyakinan bisa mengqada' semua shalat yg tertinggal, dengan sepenuhnya itba' pada Syeh Abu Bakar bin Salim.

والله اعلم ..
السؤال: ماقولكم في صلاة الخمسة الفروض التي تصلى آخر الجمعة من رمضان هل هي جائزة شرعاً أم لا ؟ وهل أحد نص عليها من العلماء في فعلها غير الشيخ أبي بكر بن سالم وأولاده ؟ أفيدونا .
📕 الجواب: الحمد لله ، صلاة الخمسة الفروض آخر الجمعة قضاء فوائت ليس على يقين منها وتسمى صلاة البراءة ، اختلف العلماء فيها فقال بتحريمها جماعة كالشيخ ابن حجر وبامخرمة وغيرهما وقال بجوازها كثير من علماء اليمن وكانت تصلى بجامع زبيد كما قال الناشري ، قال: ولايتركها إلا القليل انتهى .وهي محط رجال العلم وأئمة الفتوى ، وقد صلاها جماعة من الأئمة الورعين البارعين في علمي الظاهر والباطن كالفخر الشيخ أبي بكر بن سالم والإمام العلامة أحمد بن زين الحبشي والإمام الحبيب عمر بن زين بن سميط والحبيب العلامة أحمد بن محمد المحضار والعلامة الحبيب أحمد بن حسن العطاس والحبيب العلامة سالم بن حفيظ ابن الشيخ أبي بكر بن سالم والحبيب العلامة عبدالله بن عبدالرحمن ابن الشيخ أبي بكر بن سالم وغيرهم من علماء اليمن وحضرموت فقد أقامها كل من المذكورين في جهاتهم وبلدانهم وأمر بها وأقرها الإمام الحجة الحبيب عبدالرحمن بن عبدالله بلفقيه وهو الذي كان يلقبه القطب الإمام الحبيب عبدالله الحداد بعلامة الدنيا ويقول فيه : والله ما في الأكوان مثل عبدالرحمن ، وكفى بهذا الإمام وبمن تقدم ذكرهم من أئمة الدين والعلماء الورعين حجة في جواز هذه الصلاة وإذا لم تقم بهم وبأمثالهم الحجة وهم أهل الاهتداء والاقتداء وحجج الله في أرضه فبمن تقوم الحجة ؟ . وقد قال بجواز القضاء مع الشك القاضي حسين والغزي كما في ((الجمل على المنهج)) والإمام الغزالي في ((الإحياء)) وفي ذلك أعظم دليل وأقوى حجة لما قاله وعمله هؤلاء الأئمة بل لو لم يقل بجواز هذه الصلاة وبفعلها إلا الشيخ أبوبكر بن سالم لكان قوله وفعله كافي في الحجة فإنه من كبار العلماء وأئمة الدين وإذا كان سيدنا الإمام القطب الحبيب عبدالله الحداد ادعى الاجتهاد كما قال ذلك الإمام الحبيب علوي بن سقاف الجفري في كتابه((النهر المتدفق)) فبالحري أن يكون الفخر الشيخ أبوبكر كذلك أو أكبر من ذلك ومن جمع بين العلم الظاهر والباطن والورع الحاجز لايقال في حقه : من أين أتى بهذا ؟ نسأل الله أن يرزقنا محبتهم والأدب معهم ويعرفنا حقهم ويوفقنا لسلوك طريقهم ويحفظنا من الزيغ والزلل وتخطيئَتِهِم والوقيعة فيهم وفي أمثالهم من أئمة العلم والدين آمين ومن أراد الزيادة على ماذكرناه فعليه برسالتنا ((دفع الاعتراض المنقوض في مسألة الخمسة الفروض)) والله أعلم بالصواب.
وكتبه الحقير سالم بن سعيد بكير

╰•⇨ Rifaie Achmad

Dari penelusuran googling saya setelah sahur (bedakan antara jawaban setelah sahur atau menanti berbuka puasa 😂) istilah KAFFAROT ini masih ada beberapa sisi pandang antik para Ulama :
.
Kafarot bermakna : menjadi pelebur kekurangan dalam sholat, artinya tidak sampai menjadi ganti qodho, melainkan sebagai pelengkap "bolong - bolong" pahala sholat yg kurang sempurna. Taruhlah bahasa mudahnya TAMBAL BAN xoxoxo
.
Kafarot dalam arti Qodlo, artinya bila ada sholat yg tak dilakukan secara sah dan atau tidak melakukan sama sekali maka bisa terpenuhi qodlo nya dgn Sholat tsb.
.
Dr dua opsi makna ini, konsep boleh tidak akan "munyer - munyer" antara latar belakang fuqoha' VS background shufiyyin (apakah fuqoha' bukan shufi? Saya tidak mengatakan demikian, fuqoha dulu itu shufi, begitu juga shufiyyin dahulu itu faqih).
.
So.. . Sahabat saya yg budiman, mengacu pada yg memperbolehkan, silahkan dan monggo di "makan" namun bukan untuk dipublikasikan, atur model niat dan keyakinannya tntg makna Kafarot agar bisa "khuruj min khilafi Man harromaha" (toleransi terhadap dua kubu).
.
Sprt keterangan berikut ini
.
Habib Abu Bakar Assegaf (seperti yang dituturkan oleh Kyai Ma'ruf Khozin, Wakil Katib Syuriah PCNU Pasuruan) pernah ditanya soal sholat di hari Jumat akhir Ramadlan :

عفوا يا سيدي هل عرفتم بصلاة الكفارة في آخر الجمعة من رمضان؟ أفتوني مأجورين إن شاء الله

"Maaf Sayid Abu Bakar, apakah Anda pernah tahu tentang sholat Kaffaroh di hari Jumat terakhir di bulan Ramadlan? Berilah fatwa pada saya, insyaallah Anda mendapatkan pahala".

Habib Abu Bakar Assegaf menjawab :

ليست صلاة الكفارة، بل صلاة القضاء. هذه من عمل سيدي الشيخ أبي بكر بن سالم المدفون في عينات حضرموت من أكا بر أولياء السادة في زمانه. لكن لا ينوي بها لجبر صلاة الدهر كما حرموا ذلك الفقهاء. إنما السادة عملوا ذلك وجعلها دأبا في كل آخر جمعة من رمضان إقتداءا به وعلقوا نيتهم على نية الشيخ أبي بكر بن سالم الملقب بفخر الوجود. كان الحبيب حسين بن طاهر (مؤلف سلم التوفيق) سأله أهل حضرموت عن ذلك لما أشكلوه فقال سلمنا لأهل الله ونوينا على مانواه الشيخ أبوبكر بن سالم

"Ini bukan sholat kaffaroh, namun sholat qodlo'. Ini adalah amalan Sayyid Syaikh Abu Bakar bin Salim yang dimakamkan di 'Inat, Hadlramaut (Yaman). Beliau adalah pembesar wali para sayyid di masanya. Namun sholat tersebut tidak boleh diniati sebagai pengganti sholat selama setahun, sebagaimana diharamkan oleh Ulama fiqh. Para Sayid (Habaib) hanya mengamalkannya dan menjadikannya sebagai kebiasaan di akhir Jum'at bulan Ramadlan, karena mengikuti Beliau. Mereka menyesuaikan niat mereka dengan niat Sayid Abu Bakar bin Salim yang bergelar Fakhr al-Wujud. Pengarang kitab Sullamut Taufiq, Al-Habib Husain bin Thahir ditanya oleh penduduk Hadlramaut tentang hal ini, Beliau menjawab : "Kita taslim (menerima) terhadap amalan Wali Allah. Dan kita niatkan seperti niat Sayyid Abu Bakar bin Salim".

لكن الحبائب منعوا دعوة الناس لفعل هذه الصلاة في المساجد مثلا وفعلوها مع أسرتهم في بيوتهم
خوفا من الإشكالات من بعض الناس

"Tetapi para Habaib melarang mengajak orang-orang melakukan sholat ini di masjid, misalnya. Beliau-beliau mengamalkannya bersama keluarga di kediaman masing-masing, khawatir ada kejanggalan dari sebagian orang".

IBAROT YG MENGHARAMKAN tidak perlu saya sampaikan, karena "wes tumpukan sak taprok" xoxoxo

╰•⇨ Ibnu Mathori

Jawaban Habib Abu Bakar as-Segaf Tentang Shalat Kafarah

Pada Ramadhan 2015 lalu, saya membuat tulisan singkat tentang suatu shalat yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya, yaitu Shalat Kafarah. Bahkan, mendengar namanya saja sudah sangat asing. Tapi, berkat pertanyaan dari seorang teman, saya lalu tergerak untuk melacak dan mengkaji beberapa referensi. Dan, hasilnya bisa dibaca dalam postingan saya berjudul Shalat Kafarah pada Jum'at Terakhir Bulan Ramadhan.
https://babarusyda.blogspot.co.id/2015/08/shalat-kafarah-pada-jumat-terakhir.html?m=1

Menjelang Jum’at terakhir bulan Ramadhan, tema ini kembali mencuat. Didukung dengan keberadaan bermacam media sosial, segala hal bisa teramat cepat menjadi viral. Semua orang yang dulunya tidak pernah tahu sesuatu, sekarang hanya dalam hitungan detik, cukup dengan sekali klik, menjadi serbatahu. Termasuk tentang Shalat Kafarah ini, mereka yang dulunya tidak tahu, sekarang menjadi tahu.

Nah, berkat informasi secara viral dari media sosial, saya menemukan catatan penting tentang shalat ini yang perlu saya dokumentasikan. Catatan ini ditulis oleh Kiai Ma’ruf Khozin dalam status facebook-nya. Berikut catatan beliau.

***

Jawaban Habib Abu Bakar As-Segaf Soal Salat Di Hari Jumat Akhir Ramadlan
Saya, alfaqir Ma'ruf Khozin bertanya kepada Habib Abu Bakar As-Segaf, Wakil Rais Syuriah PCNU Pasuruan:

عفوا يا سيدي هل عرفتم بصلاة الكفارة في اخر الجمعة من رمضان. افتوني مأجورين ان شاء اللّٰه

Maaf Sayid Abu Bakar, apakah Anda pernah tahu tentang salat Kaffarat di hari Jumat terakhir di bulan Ramadlan? Berilah fatwa pada saya, in syaa Allah Anda mendapatkan pahala.

Habib Abu Bakar As-Segaf menjawab:

ليست صلاة الكفارة. بل صلاة القضاء. هذه من عمل سيدي الشيخ أبي بكر بن سالم المدفون في عينات حضرموت. من أكا بر أولياء السادة في زمانه. لكن لا ينوي بها لجبر صلاة الدهر. كما حرموا ذلك الفقهاء. إنما السادة عملوا ذلك وجعلها دأبا في كل آخر جمعة من رمضان. إقتداءا به وعلقوا نيتهم على نية الشيخ أبي بكر بن سالم الملقب بفخر الوجود . كان الحبيب حسين بن طاهر (مؤلف سلم التوفيق) سأله أهل حضرموت عن ذلك لما أشكلوه. فقال سلمنا لأهل الله ونوينا على مانواه الشيخ أبوبكر بن سالم

Ini bukan Salat Kaffarat, namun Salat Qadla'. Ini adalah amalan Sayid Syaikh Abu Bakar bin Salim yang dimakamkan di 'Inat, Hadlramaut (Yaman). Beliau adalah pembesar wali dan sayid di masanya. Namun salat tersebut tidak boleh diniati sebagai pengganti salat selama setahun, sebagaimana diharamkan oleh ulama Fikih. Para Sayid (Habaib) hanya mengamalkannya dan menjadikannya sebagai kebiasaan di akhir Jumat bulan Ramadlan karena untuk mengikuti beliau. Mereka menyesuaikan niat mereka dengan niat Sayid Abu Bakar bin Salim yang bergelar Fakhr al-Wujud.

Pengarang kitab Sullamut Taufiq, Habib Husain bin Thahir ditanya oleh penduduk Hadlramaut tentang hal ini, beliau menjawab: "Kita taslim (menerima) terhadap amalan wali Allah. Dan kita niatkan seperti niat Sayid Abu Bakar bin Salim.

لكن الحبائب منعوا دعوة الناس لفعل هذه الصلاة في المساجد مثلا. وفعلوها مع أسرتهم في بيوتهم. خوفا من الإشكالات من بعض الناس.

Tetapi para Habaib melarang mengajak orang-orang melakukan salat ini di masjid, misalnya. Beliau-beliau mengamalkannya bersama keluarga di kediaman masing-masing. Khawatir ada kejanggalan dari sebagian orang.

***

Wallahu a’lam

Link Asal:
https://babarusyda.blogspot.co.id/2016/06/jawaban-habib-abu-bakar-as-segaf.html?m=1

╰•⇨ Nurhartani Banjari   

ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ - ﺍﻟﺒﻜﺮﻱ ﺍﻟﺪﻣﻴﺎﻃﻲ - ﺝ ١ - ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٣١٢ :ﻗﻮﻟﻪ: ﻓﺎﺋﺪﺓ: ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻓﺔ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﻟﺮﻏﺎﺋﺐ ﺇﻟﺦ. ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﺆﻟﻒ ﻓﻲ ﺇﺭﺷﺎﺩ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩ: ﻭﻣﻦ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﺍﻟﻤﺬﻣﻮﻣﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﻳﺄﺛﻢ ﻓﺎﻋﻠﻬﺎ ﻭﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ ﻭﻻﺓ ﺍﻻﻣﺮ ﻣﻨﻊ ﻓﺎﻋﻠﻬﺎ: ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺮﻏﺎﺋﺐ ﺍﺛﻨﺘﺎ ﻋﺸﺮﺓ ﺭﻛﻌﺔ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻌﺸﺎﺀﻳﻦ ﻟﻴﻠﺔ ﺃﻭﻝ ﺟﻤﻌﺔ ﻣﻦ ﺭﺟﺐ. ﻭﺻﻼﺓ ﻟﻴﻠﺔ ﻧﺼﻒ ﺷﻌﺒﺎﻥ ﻣﺎﺋﺔ ﺭﻛﻌﺔ، ﻭﺻﻼﺓ ﺁﺧﺮ ﺟﻤﻌﺔ ﻣﻦ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺳﺒﻌﺔ ﻋﺸﺮ ﺭﻛﻌﺔ، ﺑﻨﻴﺔ ﻗﻀﺎﺀ ﺍﻟﺼﻠﻮﺍﺕ ﺍﻟﺨﻤﺲ ﺍﻟﺘﻲ ﻟﻢ ﻳﻘﻀﻬﺎ. ﻭﺻﻼﺓ ﻳﻮﻡ ﻋﺎﺷﻮﺭﺍﺀ ﺃﺭﺑﻊ ﺭﻛﻌﺎﺕ ﺃﻭ ﺃﻛﺜﺮ. ﻭﺻﻼﺓ ﺍﻷﺳﺒﻮﻉ، ﺃﻣﺎ ﺃﺣﺎﺩﻳﺜﻬﺎ ﻓﻤﻮﺿﻮﻋﺔ ﺑﺎﻃﻠﺔ، ﻭﻻ ﺗﻐﺘﺮ ﺑﻤﻦ ﺫﻛﺮﻫﺎ. ﺍﻫ.
====================================

disana dijelaskan bahwa sholat baroah adalah bid'ah madzmumah , dan berdosa jika dikerjakan , dan bagi pihak yg berwenang wajib untuk melarang melakukan praktek nya didalam kitab Fatawa Fiqhiyyah Al kubro tergolong dari pekerjaan yg termasuk kategori " MUHARROMAH SYADIDAATU AT-TAHRIM " sebab praktek semacam ini pada akhirnya ada yg meremehkan sholat
 ===========================

هل تَجُوزُ صَلَاةُ الرَّغَائِب وَالْبَرَاءَةِ جَمَاعَةً أَمْ لَا فَأَجَابَ بِقَوْلِهِ أَمَّا صَلَاةُ الرَّغَائِب فَإِنَّهَا كَالصَّلَاةِ الْمَعْرُوفَةِ لَيْلَةَ النِّصْفِ من شَعْبَانُ بِدْعَتَانِ قَبِيحَتَانِ مَذْمُومَتَانِ وَحَدِيثهمَا مَوْضُوعٌ فَيُكْرَهُ فِعْلُهُمَا فُرَادَى وَجَمَاعَةً وَأَمَّا صَلَاةُ الْبَرَاءَة فَإِنْ أُرِيدَ بها ما يُنْقَلُ عن كَثِيرٍ من أَهْلِ الْيَمَنِ من صَلَاةِ الْمَكْتُوبَاتِ الْخَمْسِ بَعْد آخِرِ جُمُعَةٍ في رَمَضَانَ مُعْتَقِدِينَ أنها تُكَفِّرُ ما وَقَعَ في جُمْلَةِ السَّنَةِ من التَّهَاوُن في صَلَاتِهَا فَهِيَ مُحَرَّمَةٌ شَدِيدَةُ التَّحْرِيم يَجِبُ مَنْعُهُمْ منها لِأُمُورٍ منها أَنَّهُ تَحْرُمُ إعَادَةُ الصَّلَاةِ بَعْدَ خُرُوجِ وَقْتِهَا وَلَوْ في جَمَاعَةٍ وَكَذَا في وَقْتِهَا بِلَا جَمَاعَةٍ وَلَا سَبَبٍ يَقْتَضِي ذلك وَمِنْهَا أَنَّ ذلك صَارَ سَبَبًا لِتَهَاوُنِ الْعَامَّةِ في أَدَاءِ الْفَرَائِض لِاعْتِقَادِهِمْ أَنَّ فِعْلَهَا على تِلْكَ الْكَيْفِيَّةِ يُكَفِّرُ عَنْهُمْ ذلك وَاَللَّهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ
==============================

artinya kaga boleh ...

Shaikh zainuddin Al malibary yg juga tentunya dari kalangan Ulama As-syafi'iiyah mengkategorikan hadits nya maudhu' ..coba simak lagi ibarat yg ada di i'anah diatas , dan fokus pada ibarat ini
 ======
ﺃﻣﺎ ﺃﺣﺎﺩﻳﺜﻬﺎ ﻓﻤﻮﺿﻮﻋﺔ ﺑﺎﻃﻠﺔ، ﻭﻻ ﺗﻐﺘﺮ ﺑﻤﻦ ﺫﻛﺮﻫﺎ.

2. Sunde Pati  

sholat baro'ah yg dilakukan dihari jum'at terakhir dibulan romadlon yg mana dipercaya bisa melebur sholat 1 tahun yg telah lewat maka hukumnya h   aram bahkan sangat haram

الفتاوى الفقهية الكبرى (1/ 217)وَأَمَّا صَلَاةُ الْبَرَاءَة فَإِنْ أُرِيدَ بها ما يُنْقَلُ عن كَثِيرٍ من أَهْلِ الْيَمَنِ من صَلَاةِ الْمَكْتُوبَاتِ الْخَمْسِ بَعْد آخِرِ جُمُعَةٍ في رَمَضَانَ مُعْتَقِدِينَ أنها تُكَفِّرُ ما وَقَعَ في جُمْلَةِ السَّنَةِ من التَّهَاوُن في صَلَاتِهَا فَهِيَ مُحَرَّمَةٌ شَدِيدَةُ التَّحْرِيم يَجِبُ مَنْعُهُمْ منها لِأُمُورٍ منها أَنَّهُ تَحْرُمُ إعَادَةُ الصَّلَاةِ بَعْدَ خُرُوجِ وَقْتِهَا وَلَوْ في جَمَاعَةٍ وَكَذَا في وَقْتِهَا بِلَا جَمَاعَةٍ وَلَا سَبَبٍ يَقْتَضِي ذلك وَمِنْهَا أَنَّ ذلك صَارَ سَبَبًا لِتَهَاوُنِ الْعَامَّةِ في أَدَاءِ الْفَرَائِض لِاعْتِقَادِهِمْ أَنَّ فِعْلَهَا على تِلْكَ الْكَيْفِيَّةِ يُكَفِّرُ عَنْهُمْ ذلك وَاَللَّهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ

kesimpulannya sholat kafaroh itu bid'ah yg tercela dan hadisnya adalah palsu

إعانة الطالبين (1/ 270) ( قوله فائدة أما الصلاة المعروفة ليلة الرغائب إلخ ) قال المؤلف في إرشاد العباد ومن البدع المذمومة التي يأثم فاعلها ويجب على ولاة الأمر منع فاعلها صلاة الرغائب اثنتا عشرة ركعة بين العشاءين ليلة أول جمعة من رجب وصلاة ليلة نصف شعبان مائة ركعة وصلاة آخر جمعة من رمضان سبعة عشر ركعة بنية قضاء الصلوات الخمس التي لم يقضها وصلاة يوم عاشوراء أربع ركعات أو أكثر وصلاة الأسبوع أما أحاديثها فموضوعة باطلة ولا تغتر بمن ذكرها

 ibaroh pendukung

السؤال:

ما صحة الحديث الذى ورد فى فضل الصلاة فى آخر جمعة من شهر رمضان؟ حيث ورد فيه: "لمن فاته صلاة فى حياته عليه أن يصلى 4 ركعات بتشهد واحد، وأن يقرأ فاتحة الكتاب وسورة الكوثر والقدر 15 مرة فى كل ركعة، على أن تكون نيته كفارة لما فاته من صلوات، وعن فضلها: أنها مكفرة لـ 400 سنة، وقال الإمام على -رضى الله عنه وأرضاه-: إنها مكفرة لـ 1000 سنة".

الإجابة:الحمدُ للهِ، والصلاةُ والسلامُ على رسولِ اللهِ، وعلى آلِهِ وصحبِهِ ومن والاهُ، أمَّا بعدُ:فإن ما ذكره السائل، ليس حديثًا؛ فلا أصل له في كتب السنة، وعلامات الوضع ظاهرة عليه، وقد ذكر الشوكاني رحمه الله: حديثًا بهذا المعنى في كتابه "الفوائد المجموعة في الأحاديث الموضوعة" (ص 54)، ونصه: "من صلى في آخر جمعة من رمضان الخمس الصلوات المفروضة في اليوم والليلة، قضت عنه ما أخل به من صلاة سنته".ثم قال رحمه الله: "هذا موضوع لا إشكال فيه، ولم أجده في شيء من الكتب التي جمع مصنفوها فيها الأحاديث الموضوعة، ولكنه اشتهر عند جماعة من المتفقهة بمدينة صنعاء، في عصرنا هذا، وصار كثير منهم يفعلون ذلك، ولا أدري من وضعه لهم؛ فقبح الله الكذابين". انتهى.وراجع فتوى: "حكم العمل بالحديث الضعيف والموضوع".ثم إن من فاتته صلوات لم يصلها لعذر، لا يكفرِّها إلا قضاؤها، فكيف بالصلاة المتروكة عمدًا والتي لا يكفرها إلا التوبة إلى الله - عز وجل - توبة نصوحًا؟"؛ وراجع: "حكم تارك الصلاة"، "حكم قضاء الصلاة التي تُركت عمدًا"،، والله أعلم.

http://ar.islamway.net/fatwa/38673

http://www.piss-ktb.com/2013/08/2656-hukum-sholat-kafaroh-baroah.html?m=0


☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆

☆▷▷ Kalau Belum Jelas, Ada Yang Ditanyakan Atau Koreksi Kesalahan Langsung Menuju Tempat Ngopi & Cakruan Kami, Cukup Klik Disini ◁◁☆





0 Response to "307. HUKUM SHOLAT KAFAROH ( BARO'AH )"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP