313. NIKAH : BOLEHKAH WALI AB'AD MENIKAHKAN KETIKA WALI AQROB TIDAK BERSEDIA MENIKAHKAN.


PERTANYAAN :

✴▷ ابو الازكى > ‎CAFFEBY KISWAH

Wali aqrob tdk mau mnjdi wali.
Boleh n sah kah aqad nikah yg d walini wali ab'ad.?

JAWAB :

✴▷ البيهقي

Kalo tidak mau berarti adol. Jika wali adol dilihat alasannya; syar'i / tdk?. Jika alasannya syar'i hakim pun tdk blh menikahkan begitu jg wali giliran selanjutnya. Tp jika alasannga ghair syar'i mk wali dianggap adol dan hak perwalian pindah pd wali hakim bukan wali ab'ad.

✴▷ Insun Karo Riko

Kopas tetang'ga

Ketidakmauan wali dalam hal ini adalah sang bapak, dalm fikih disebut 'adhl (عضل). Secara istilah adhl ialah ketidakmaun wali menikahkan putrinya dengan calon yang sudah dianggap kufu (sepadan) dan kedua calon pengantin sudah sama-sama suka. Hukum melakukan adhl adalah haram disebabkan termasuk perbuatan aniaya dan memberikan dampak negative kepada puterinya. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

فَلاَ تَعْضُلُوهُنَّ أَنْ يَنْكِحْنَ أَزْوَاجَهُنَّ (البقرة : 232)

Artinya: "Jangan kalian tidak mau kepada putri-putri untuk menikahkan mereka dengan (calon) suami-suami mereka". (QS. Al-Baqarah: 232)

Tidak disebut adhl, jika sang bapak (wali) tidak mau menikahkan putrinya dengan calon suami yang tidak kufu. Adhl berlaku hanya kepada wali mujbir yakni wali yang mempunyai kekuasaan untuk menikahkan seorang perempuan dengan lelaki yang kufu tanpa persetujuaannya.

Ketika wali tidak mau menikahkan putrinya, maka akad nikah bisa dilangsungkan dengan wali hakim (pengulu), setelah si hakim memberikan ketetapan atas ketidakmauan wali. Maka dalam kasus ini, hak perwalian berada di tangan hakim, tidak berpindah kepada wali yang lebih dengan dengan sang bapak. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

فَإِنِ اشْتَجَرُوا فَالسُّلْطَانُ وَلِيُّ مَنْ لاَ وَلِيَّ لَهُ (رواه الترمذي)

Artinya: "Jika mereka (para wali) tidak mau maka, sulthan menjadi wali orang yang tidak mempunyai wali". (HR. At-Tirmidzi)

Perpindahan hak perwalian kepada hakim ini jika wali tidak melakukan adhl sampai tiga kali. Jika sudah sampai tiga kali, maka perwalian menjadi hak bagi wali yang lebih dekat. Adhl tiga kali yang dimaksud adalah melakukan adhl tiga kali meskipun dalam satu akad nikah.

Referensi:

أَوعضل) أَي الْوَلِيّ أَي منع (مكلفة) وَلَو سَفِيهَة (دعت إِلَى كُفْء) وَإِن كَانَ مَنعه لنَقص الْمهْر بِخِلَاف مَا لَو دعت إِلَى غير الْكُفْء وَلَا بُد من ثُبُوت العضل عِنْد الْحَاكِم ليزوج وَمن خطْبَة الْكُفْء لَهَا وَمن تَعْيِينهَا لَهُ وَلَو بالنوع بِأَن خطبهَا أكفاء ودعت إِلَى أحدهم وَمحل تَزْوِيج القَاضِي بالعضل إِذا لم يتَكَرَّر فَإِن تكَرر ثَلَاثًا وَلم تغلب طاعاته على مَعَاصيه فِي ذَلِك الْيَوْم عددا صَار كَبِيرَة يفسق بهَا العاضل فيزوج الْأَبْعَد وَإِلَّا فالولاية للْقَاضِي وَإِن تكَرر العضل ألف مرّة وَالْمرَاد بِالثلَاثِ الثَّلَاث بِالنِّسْبَةِ لعرض الْحَاكِم وَلَو فِي نِكَاح وَاحِد وَلَا يشْتَرط أَن تكون فِي ثَلَاثَة أنكحة (نهاية الزين ص 309)

اخْتَلَفُوا فِيمَنْ تَنْتَقِل إِلَيْهِ الْوِلاَيَةُ، فَعِنْدَ الْحَنَفِيَّةِ، وَالشَّافِعِيَّةِ وَالْمَالِكِيَّةِ - عَدَا ابْنَ الْقَاسِمِ - وَفِي رِوَايَةٍ عَنْ أَحْمَدَ أَنَّ الْوِلاَيَةَ تَنْتَقِل إِلَى السُّلْطَانِ لِقَوْل النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: فَإِنِ اشْتَجَرُوا فَالسُّلْطَانُ وَلِيُّ مَنْ لاَ وَلِيَّ لَهُ (1) ؛ وَلأِنَّ الْوَلِيَّ قَدِ امْتَنَعَ ظُلْمًا مِنْ حَقٍّ تَوَجَّهَ عَلَيْهِ فَيَقُومُ السُّلْطَانُ مَقَامَهُ لإِزَالَةِ الظُّلْمِ، كَمَا لَوْ كَانَ عَلَيْهِ دَيْنٌ وَامْتَنَعَ عَنْ قَضَائِهِ. وَرُوِيَ ذَلِكَ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ وَشُرَيْحٍ، لَكِنَّ ذَلِكَ مُقَيَّدٌ عِنْدَ الشَّافِعِيَّةِ بِمَا إِذَا كَانَ الْعَضْل دُونَ ثَلاَثِ مَرَّاتٍ (الموسوعة الفقهية الكويتية ج:30 ص 145)


Skarang beg'ini ... bapak nya sudah mati atau mash hidup?

Dr yang saya tangkap di atas.. ketika adik laki2/ atau kakanya tidak mau menikahkan adiknya yg mau menikah, , apakah juga di katakan adol? Meng'ingat adol ito sendiri menurud yg saya faham di atas hanya berlaku bg org tua / mujbir...  :-D tambah dowo nikahe pending sek.. ngenteni jawbane rampung pak ابو الازكى


Ben di Tasheh pak ابو الازكى dwe

Saya kash ibarot saja ,yg kurang yg mana.. butuh cepet katane..

مغني المحتاج

وَلَوْ غَابَ) الْوَلِيُّ (الْأَقْرَبُ) نَسَبًا أَوْ وَلَاءً (إلَى مَرْحَلَتَيْنِ) وَلَا وَكِيلَ لَهُ حَاضِرًا بِالْبَلَدِ، أَوْ دُونَ مَسَافَةِ الْقَصْرِ (زَوَّجَ السُّلْطَانُ) أَيْ سُلْطَانُ بَلَدِهَا أَوْ نَائِبُهُ لَا سُلْطَانُ غَيْرِ بَلَدِهَا وَلَا الْأَبْعَدُ عَلَى الْأَصَحِّ؛ لِأَنَّ الْغَائِبَ وَلِيٌّ وَالتَّزْوِيجُ حَقٌّ لَهُ، فَإِذَا تَعَذَّرَ اسْتِيفَاؤُهُ مِنْهُ نَابَ عَنْهُ الْحَاكِمُ، وَقِيلَ: يُزَوِّجُ الْأَبْعَدُ


Dalam mugnil muhtaj.. ketika wali aqrob ( yg berhak menikahkan) goib berperg'ian.. jauh,,, yg wewenang adlh sulton/na'ibnya.. bukan wali ab'ad menurud qoul ashoh.. muqobilnya brarti boleh...

Tp kasuse pak azka ini.. slaen wali aqrob jauh letaknya,karna brada d malaysa,,, ada juga adik laki2 di rumah yg tidak mau menjadi wali ..

Pertanya'anya.. wali semacam ini / adik laki2 yg ndak mau menikahkan ini trmasuk adol apa tidak?

Bagaimana solusnya


Sebenarnya" pengertian adol ito untk cp saja? Meng'ingat macam wali juga banyak,, ada mujbir ada juga tidak mujbir sept sodara laki2..

Ketika sodara laki2 tidak mau menikahkan adik/ kakak yg wanita menurud fiqh bagaimana? sementara yg ada hanya wali hakim dan ab'ad sept pak azka

Kalau di singkat jd semacam ito pertanya'ane pak azka


Padahal sudah di sing'gung dalam kifayatul ahyarnya.. barang siapa yg tidak meng'ikudti sesuai urudtan wali, maka hukum menikahkanya TIDAK SAH

.... ora sah nikah ne ae pak azka.. :-D di panding... ae.. bersambung muehehe


Coro aku mending taukil mas 'e sng enek neg malaysa ... msok ngunu gak entok?

Ketika mas nya aqad taukil neg pak azka.. otomatis wali yg ada di rumah ( adiknya laki2) sng bangkel gak setuju mau sudah tidak di perhitungkan..

✴▷ Ahmada Subhana

Urutan jd wali nikah

كفاية الأخيار 1 ص 358

قَالَ
(وَأولى الْوُلَاة الْأَب ثمَّ الْجد أَبُو الْأَب ثمَّ الْأَخ للْأَب وَالأُم ثمَّ الْأَخ للْأَب ثمَّ ابْن الْأَخ للْأَب وَالأُم ثمَّ ابْن الْأَخ للْأَب ثمَّ الْعم ثمَّ ابْنه على هَذَا التَّرْتِيب)

أولى الْوُلَاة الْأَب لِأَن من عداهُ يُدْلِي بِهِ ثمَّ الْجد أَي أَبُو الْأَب وَإِن علا لِأَن لَهُ ولَايَة وعصوبة فَقدم على العاصب فَقَط ثمَّ الْأَخ من الْأَبَوَيْنِ أَو من الْأَب ثمَّ ابْنه وَإِن سفل لادلائهم بِالْأَبِ ثمَّ الْعم لِأَبَوَيْنِ أَو لأَب ثمَّ ابْنه وَإِن سفل ثمَّ سَائِر الْعَصَبَات وَالتَّرْتِيب فِي التَّزْوِيج كالترتيب فِي الْإِرْث إِلَّا فِي الْجد فَإِنَّهُ يقدم على الْأَخ هُنَا بِخِلَاف الْإِرْث وَإِلَّا فِي الابْن فَإِنَّهُ لَا يُزَوّج بالبنوة وَإِن قدم فِي الْإِرْث وَوجه عدم ولَايَته فِي النِّكَاح أَنه لَا مُشَاركَة بَينه وَبَين الْأُم فِي النّسَب فَلَا يعتني بِدفع الْعَار عَنهُ فَلَو شَارك الْأُم فِي النّسَب كَابْن هُوَ ابْن ابْن عَمها فَلهُ الْولَايَة بذلك لَا بالبنوة وَكَذَا إِذا كَانَ معتقاً أَو قَاضِيا أَو ولدت قرَابَة من وَطْء الشُّبْهَة بِأَن كَانَ ابْنهَا أخاها أَو ابْن أَخِيهَا أَو ابْن عَمها وَلَا تَمنعهُ الْبُنُوَّة التَّزْوِيج بالجهة الْأُخْرَى وَالله أعلم


Jika masih ada wali aqrob , maka nikahnya TIDAK SAH diwalini wali ab'ad .

كفاية الأخيار 1 ص 359

(فرع) هَذَا التَّرْتِيب الَّذِي ذَكرْنَاهُ فِي الْأَوْلِيَاء مُعْتَبر فِي صِحَة النِّكَاح فَلَا يُزَوّج أحد وَهُنَاكَ
من هُوَ أقرب مِنْهُ لِأَنَّهُ حق مُسْتَحقّ بِالتَّعْصِيبِ فَأشبه الْإِرْث فَلَو زوج أحد مِنْهُم على خلاف التَّرْتِيب الْمَذْكُور لم يَصح النِّكَاح وَالله أعلم

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆

☆▷▷ Kalau Belum Jelas, Ada Yang Ditanyakan Atau Koreksi Kesalahan Langsung Menuju Tempat Ngopi & Cakruan Kami, Cukup Klik Disini ◁◁☆






0 Response to "313. NIKAH : BOLEHKAH WALI AB'AD MENIKAHKAN KETIKA WALI AQROB TIDAK BERSEDIA MENIKAHKAN."

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP