NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (23)
★ NGAJI POSO ★
▔▔▔▔▔▔▔▔
KITAB : Mabadi Awwaliyyah karya al-Ustadz Abdul Hamid Hakim
BAGIAN KE-DUA PULUH TIGA(23)
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔
Assalamu'alaikum mas jhoooon.. langsung mawon ⇩⇩
●▷Kaedah asasiyah yang kelima
العادة محكمة
Adat bisa dikukuhkan menjadi hukum
Kaedah tersebut menyatakan bahwa adat bisa dijadikan untuk menetapkan suatu hukum syara’ yang tidak ada nash yang menentangnya. Adapun contoh pengaplikasian kaedah ini adalah sebagai berikut:
a. Telah umum muamalah dengan jenis atau macam barang dagangan , maka ketika dimutlakkan harganya sama seperti naqd (harus sepadan, kontan).
b. Masuk ke pemandian, memakan makanan yang disuguhkan sebagai jamuan tamu tanpa adanya perkataan dari tuan rumah, maka dikembalikan pada kebiasaan. (boleh memakan atau tidaknya).
c. Umur haid, masa paling sedikitnya haid, nifas, masa suci, umumnya, masa paling banyaknya, dikembalikan pada adat.
d. Menyewa tukang jahit dan tenun, benang dan tinta wajib bagi siapa? itu dikembalikan pada adat.
Ketahuilah adat itu bisa dipertimbangkan jika memang terus menerus atau berlaku umum, jika bimbang maka tidak. Dan wajib adanya penjelasan.
القاعدة الحادية والعشرون
العادة محكمة
الامثلة:
منها: غلبت المعاملة بجنس من العروض او نوع منه انصرف الثمن اليه عند الاطلاق كالنقد.
منها: في دخول الحمام والاكل من طعام المقدم ضيافة بلا لفظ الرجوع الي العادة مجانا وعدمه.
منها: في سن الحيض واقل الحيض والنفاس والطهر وغالبها واكثرها الرجوع الي العادة.
منها: استأجر الخياطة والنسج صحح الرافعي رحمه الله في الخيط والخير الرجوع الي العادة.
واعلم انما تعتبر العادة اذا اضطردت فان اطربت فلا وجب البيان.
●▷ Kaedah yang ke 22
ما ورد به الشرع مطلقا ولا ضابط له فيه ولا في اللغة يرجع فيه الى العرف
Perkara yang kewarid dari syara’ secara mutlak dan tidak batasannya dalam syara’ maupun luhgat, maka dikembalikan pada urf.
Kaedah tersebut merupakan cabang dari kaedah asasiyah yang kelima “al-‘Adatu Muhakkamah”. Adapun contoh pengaplikasian kaedah ini adalah sebagai berikut:
a. Mencukupkan dalam niat shalat dengan muqaranah (bersamaan) secara urf sekiranya dianggap hadir dalam shalat.
b. Dalam hal pencurian, seseorang dianggap mencuri jika barang itu dianggap dalam penjagaan. Barang termasuk dalam penjagaan atau tidak itu dikembalikan pada urf.
c. Jual beli (tukar menukar barang) tanpa adanya ijab dan kabul (muathoh), tidak sah menurut syara’ dari sudut pandang tidak adanya lafadz (ijab dan kabul), maka dalam hal ini dikembalikan lagi pada adat. Ini adalah pendapat yang dipilih oleh imam Nawawi, dan mu’tamad.
القاعدة الثانية والعشرون
ما ورد به الشرع مطلقا ولا ضابط له فيه ولا في اللغة يرجع فيه الى العرف
الامثلة:
منها: الاكتفاء في نية الصلاة بالمقارنة العرفية بحيث يعد يستحضر للصلاة.
منها: الحرز في السرقة والتفرق في البيع والقبض فيه.
منها: البيع بالمعاطاة لانه لم يصح في الشرع اعتبار لفظ فوجب الرجوع الى العرف هذا ما اختار النووي رحمه الله وهو المعتمد.
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔
★SEKIAN & SEMOGA BERMANFAAT★
Saya tutup dengan kata°° bijak dari tukang tambal ban ⇩
Wanita yg tidak suka kekerasan itu adalah wanita yang tidak menginginkan kehamilan. Hihi..
0 Response to "NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (23)"
Post a Comment
Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang
⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧
⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩