NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (13)
★ NGAJI POSO ★
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔
KITAB : Mabadi Awwaliyyah karya al-Ustadz Abdul Hamid Hakim
BAGIAN KE-TIGA BELAS (13)
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔
Assalamu'alaikum mas jhooon.. sambi nunggu buka monggo di simak pembahasan selanjutnya, semoga mboten ngantok ⇩
Bagian kedua dari kitab Mabadi Awwaliyah ini mengenai kaidah fiqih. Menurut Wahbah Zuhaily dalam kitab Al-Qawaid Al-Fiqhiyah wa Tathbiqatuha fi Madzahib Al-Arba’ah kaedah fiqih digunakan oleh faqih (ahli fiqih), mufti, dan muta’allim untuk mengetahui hukum yang ada di masalah furu’, dan juga dapat dijadikan pedoman tanpa melihat pada bab fikih yang berbagai macam.
Kaedah fiqih ini ada berbagai macam dan diantara madzhab berbeda-beda, namun kaedah yang disepakati oleh empat madzhab hanya ada 5 yang kemudian dikenal dengan ‘Qawaid Asasiyah’ (kaidah dasar). Kaedah dasar tersebut memiliki cabang atau suatu kaedah yang lahir berdasarkan kaedah asasiyah tersebut. Penjelasan lebih lanjut akan dibahas secara berangsur-angsur.
Kaedah “Asasiyah” yang pertama adalah
القاعدة الاولى الامور بمقاصدها
Segala perkara itu bergantung pada maksud tujuannya.
Kaedah ini muncul berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh imam Bukhari:
قال صلى الله عليه وسلم: إنما الاعمال بالنيات وإنما لكل امرئ ما نوى. رواه البخاري
Rasul bersabda: Amal itu hanya bergantung pada niatnya, dan bagi setiap orang tergantung pada apa yang ia niatkan. (HR. Bukhari)
Sebagain contoh peng-aplikasian (tathbiq) dari kaedah ini adalah:
a) Dalam hal wudu’, mandi, shalat dan puasa maka harus membutuhkan niat.
b) Apabila seseorang melakukan sesuatu yang mubah baginya tetapi ia meyakini bahwa itu tidak halal, seperti orang yang bersenggama dengan istinya yang ia yakini bahwa ia adalah wanita lain, dan ia berzina dengannya, padahal ia adalah istrinya. Maka itu haram hukumnya.
c) Makan dan minum bila di niatkan untuk taqwa dalam beribadah maka makan dan minumnya bernilai pahala, jika tidak diniatkan maka tidak mendapat pahala.
d) Seseorang yang memeras anggur bermaksud untuk dijadikan cuka dan dijadikan khomr tentu akan beda hukumnya.
e) Mendiamkan tidak menyapa di atas 3 hari jika dimaksudkan untuk tidak menyapa maka haram. Jika tidak diniatkan tidak menyapa maka tidak haram.
f) Tidak mengenakan wewangian dan perhiasan diatas 3 hari karena ditinggal mati selain suami maka itu haram jika dimaksudkan ihdad (berkabung atas kematian suami). Jika tidak diniatkan ihdad maka tidak haram.
g) Jika seorang yang memberi hutang mengambil harta orang yang berhutang dengan maksud mengambil uangnya (nyaur:jawa) maka tidak dihukum potong tangan. Jika diniatkan mencuri maka dihukum potong tangan.
h) Kinayah talak dan selainnya. Dalam prinsipnya kinayah itu membutuhkan niat. Jadi apabila seorang suami berkata pada istrinya: Engkau tidak terikat/bebas. Jika dimaksdukan itu talak maka istri teralak, jika tidak diniatkan talak maka tidak terjadi talak.
القسم الثاني في القواعد الفقهية
قال صلى الله عليه وسلم: إنما الاعمال بالنيات وإنما لكل امرئ ما نوى. رواه البخاري
القاعدة الاولى الامور بمقاصدها
الامثلة:
منها: الوضوء لا بد فيه من القصد {النية} وكذلك الغسل والصلاة والصوم.
منها: ما لو تعاطى فعل شيئ مباح له وهو يعتقد عدم حله كمن وطئ امرأة يعتقد انها اجنبية وانه زان بها فاذا هي حليلته فهوا حرام.
منها: الاكل والشرب ادا قصد بهما التقوي علي العبادة فهو يثاب عليه والا فلا.
منها: من عصر العناب بقصد الخلية او الخمرية.
منها: الهجر فوق ثلاثة ايام فانه حرام ان قصد الهجر وإلا فلا.
منها: ترك الطيب والزينة فوق ثلاثة ايام في الموتي غير الزوج فانه حرام ان كان بقصد الاحداد وإلا فلا.
منها: اذا اخذ الدائن مال المدين بقصد الاستيفاء او السرقة فلا يقضع في الاول ويقطع في الثاني.
منها: كناية الطلاق وغيره. قال الزوج: انت خالية ان قصد به الطلاق طلقت وإلا فلا.
“Sesuatu yang disyaratkan di dalamnya ta’yin (menentukan) maka salah (menentukan) dalam hal tersebut itu dapat membatalkan”.
Kaedah tersebut merupakan cabang dari kaidah asasiyah pertama yaitu “al-Umuru bi Maqasidih" Contoh pengaplikasian kaedah tersebut adalah:
a) Salah dalam menentukan shalat dzuhur menjadi shalat ashar atau sebaliknya dalam niat shalat, itu membuat ketidak absahan shalat.
b) Salah dalam kafarat dzihar menjadi kafarat pembunuhan.
c) Salah dalam niat shalat rawatib dzuhur menjadi rawatib ashar.
d) Salah dalam niat shalat id (hari raya) fitri menjadi shalat id adha atau sebaliknya.
e) Salah dalam menentukan 2 rakaat ihram menjadi 2 rakaat thawaf atau sebaliknya.
f) Salah dalam menentukan puasa ‘Arafah menjadi puasa ‘Asyura atau sebaliknya.
القاعدة الثانية.
ما يشترط فيه التعيين فالخطاء فيه مبطل.
الأمثلة.
منها: الخطاء من الصلاة الظهر الي العصر او عكسه, فلو صلى الظهر ناويا العصر لم يصح.
منها: الخطاء من كفارة الظهار الي كفارة القتل.
منها: الخطاء من رواتب الظهر الي رواتب العصر.
منها: الخطاء من صلاة العيد الفطر الي عيد الأضحي وعكسه.
منها: الخطاء من ركعتي الاحرام الى ركعتي الطواف وعكسه.
منها: الخطاء من صوم عرفة الي صوم عاشوراء وعكسه.
☆ SEKIAN & SEMOGA BERMANFAAT ☆
Saya tutup dengan kata°° bijak dari tukang tambal ban ⇩
Hormatilah wanita jika kau inginkan kehormatannya
0 Response to "NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (13)"
Post a Comment
Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang
⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧
⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩